Kelezatan si Dawet Ayu Asli Banjarnegara

Banjar Negara selain terkenal dengan Kawah Sikidangnya yang menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan yang berada dikawasana dataran tinggi dieng Kabupaten Banjarnegara, untuk melihat aktivitas kawah vulkanik secara dekat, dengan lubang kepundan yang dapat disaksikan dari bibir kawah.

Ternyata Banjarnegara juga memiliki minuman tradisional khas yang telah dikenal yaitu
Dawet Ayu Banjarnegara yang telah menjadi Ikon Wisata Kuliner Banjarnegara, minuman khas Banjarnegara ini terbuat dari bahan alami seperti tepung beras, tepung tapioka, santan kelapa dan gula aren/ jawa, sedangkan farian rasa menggunakan buah durian dan buah nangka.

Warna dawet ayu hijau segar dari daun pandan atau daun suji, sedangkan warna merah menggunakan buah naga. Tempat atau wadah khusus dawet ayu terbuat dari tanah liat (kuwali ) hal ini untuk menjaga agar cendol tetap higienis dan dingin walau tidak menggunakan es batu.

Wadah ditempatkan pada rombong/pikulan ada yang menyebut angkringan dengan tampilan khas di atas pikulan bertengger dua tokoh wayang Semar dan Gareng melambangkan penjual dan pembeli.

Mitos turun temurun yang berkembang sebagai kearifan lokal, bahwa bagi wisatawan yang minum dawet ayu di Banjarnegara, usianya akan keliatan muda 5 ( lima) tahun, hayuk ah cari Dawet Ayu biar awet muda 🙂

Sumber : Kabupaten banjar Negara Nominasi #APIawards2020

Related Posts