Destinasi Unik Terpopuler

Destinasi Unik Terpopuler 2019

1. Kilometer Nol Indonesia – Kota Sabang
Bagi wisatawan yang ingin tahu dimana titik awal wilayah Indonnesia, disinilah letaknya. Dikenal sebagai Tugu Nol Kilometer Indonesia terletak di Kota Sabang sebagai kota terujung di bagian Barat wilayah Indonesia. DI lokasi tugu yang sekarang sudah direnovasi ini, para wisatawan bisa melakukan swafoto dengan latar belakang tugu dan tulisan nol kilometer, juga pemandangan laut disekitarnya. Selama ini wisatawan domestik dan luar negeri yang berkunjung ke destinasi wisata ini akan diberikan sertifikat tanda berkunjung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang. INi merupakan nilai tambah dan sebagai kenang-kenang manis bagi para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

2. Gua Mabala – Kab. Sabu Raijua
Goa Mabala terletak di Desa Eimau Kecamatan Sabu Tengah Kabuoaten Sabu Raijua, berjarak kurang lebih 12 Kilo Meter dari pusat kota Seba. Goa Mabala mudah dicapai karena sarana jalan baik dan memadai. Lebih dikenal dengan nama Goa Mabala (Lie Mabala bahasa Sabu) karena Goa tersebut sejak dahulu kala merupakan tempat tinggal dan persembuyian Mabala Nguru ketika tentara portugis hendak memasuki dan menjajah pulau Sabu. Mabala Nguru yang dikenal memiliki kesaktian pada jaman itu melakukan perlawanan dan mampu menghalau serta mengalahkan tentara portugis. Mabala juga dikenal sakti dengan syair yang dalam bahasa Sabu disebuat Hodha  bahasa Sabu. Syair (Hodha) menurut penuturan tetua menampakan kesaktiannya  ketika Mabala menghalau musuh dan berhasil merampas senjata berupa merian dan membawa meriam tersebut dengan kekuatannya sendiri. Namun pada suatu ketika tentara portugis dapat menangkap dan menawan mabala serta dibuang ke madagaskar. Ketika berkunjung ke Goa Mabala maka disana dapat dilihat keunikan dan keeksotisan baik bagian dalam maupun bagian luar goa. Pada bagian luar goa terdapat gugusan batu besar dan kecil. Diantara gugusan batu tersebut, sebelah utara mulut goa terdapat dua (2) batu besar yang dikenal sebagai batu pemantau musuh (wowadu keteri muhu) dan batu pemantau ternak (wowadu keteri bhada). Bagian luar goa terdapat pula rimbunan berbagai jenis pohon besar dan kecil seperti beringin, angsana, pohon bidara membuat luar goa dan sekitarnya tersa indah dan sejuk

3. Danau Kaolin -Kab.  Bangka Tengah
Danau Kaolin bukanlah terbentuk secara alami, akan tetapi bisa dikatakan sebagai danau buatan. Awalnya danau ini hanyalah sebuah danau bekas pertambangan yang terlihat biasa saja dan terbengkalai seperti bekas galian tambang lainya di Kab. Bangka Tengah. Akan tetapi, walaupun disebut sebagai danau buatan, tidaklah bisa dikatakan sepenuhnya sebagai danau buatan karena
Danau Kaolin ini sangat berbeda, bentuknya berbukit-bukit, dan uniknya, bukitnya berwarna putih. Putih bersih seperti susu, sehingga apabila terpancar sinar matahari, seakan-akan sangat menyilaukan. Selain itu, keunikan yang lainnya adalah, Danau Kaolin ini airnya berwarna biru, bersih sekali, tanpa ada gulma ataupun tumbahan yang ada di dasar danau.

Destinasi Unik Terpopuler 2018

1. Meti Kei (Kabupaten Maluku Tenggara)
Meti Kei adalah fenomena pasang surut air laut yang dapat mencapai lima sampai enam kilometer. Dari yang sebelumnya harus menggunakan perahu ke pulau lain, saat fenomena ini datang, bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Meti Kei selalu jatuh pada tanggal 22 dan 23 Oktober setiap tahunnya.

2. Taman Nasional Sembilang – Kabupaten Banyuasin
Taman Nasional Sembilang memiliki panorama alam yang indah dan sejuk. Taman Nasional ini bisa dijadikan referensi alternatif bila ingin menikmati wisata alam liar yang sangat eksotis. Menempati kawasan hutan basah seluas 202.896,31 hektar, sejumlah hewan langka menempati habitatnya.

3. Alif Stone Park – Kabupaten Natuna
Selain menyuguhkan tempat wisata pantai, Alif Stone Park juga menyuguhkan pemandangan hamparan batu besar yang tersebar sepanjang pesisir pantai. Pemandangan pantai yang eksotis berpadu dengan batu-batu granit di pesisir pantai, air laut yang jernih, kekayaan biota serta berbagai hal unik yang terdapat di Alif Stone Park mampu membuat siapa saja ingin kembali lagi setelah mengunjungi tempat ini.


 

Obyek Wisata Unik Terpopuler tahun 2017
—Juara I: Gua Jomblang – Kab. Gunung Kidul
—Juara II: Pulau Gunung Api Batu Tara – Kab. Lembata
—Juara III: Lusi (Lumpur Sidoarjo) – Kab. Sidoarjo

Related Posts