Wisata Kuliner Kota Minyak

Tidak lengkap rasanya jika kita jalan-jalan berwisata tanpa mencoba masakan khas daerah setempat. Begitupun saat kami menjelajahi Kota Dumai, banyak ragam makanan yang disajikan dan rata-rata adalah makanan khas Melayu.

Saat rasa lapar menghantui perut kami pada hari pertama di Dumai, kami langsung menuju rumah makan kepala ikan yang katanya paling enak di Kota Dumai. Tidak beberapa lama kemudian tibalah kami di rumah makan yang terlihat sederhana dengan bangunan kayu dan terletak di tepi jalan yang sangat strategis. Rumah makan tersebut bernama RM Bukit Pulai. Wah, tak sabar rasanya ingin langsung mencoba kelezatan kepala ikannya. Karena kami datang sudah lewat jam makan siang maka hanya tersisa satu saja kepala ikannya. Beruntung kami masih dapat walau hanya satu kepala ikan. Menurut informasi pelayan Bukit Pulai, para pelanggan atau pembeli biasanya mulai ramai berdatangan dari pukul 11:00 siang dan pukul 1:00 siang sudah langsung habis. Selain kepala ikan, RM. Bukit Pulai menyediakan pula beragam masakan daging, ayam dan ikan lainnya.

Setelah menghabiskan waktu makan siang bersama kepala ikan, kami langsung melanjutkan perjalanan mengelilingi Kota Dumai sampai menjelang malam. Rupanya kuliner Dumai justru lebih ramai saat menjelang malam hingga larut. Hampir separuh lebih masyarakat kota keluar saat malam mencari menu favorit sesuai selera. Pusat kuliner Kota Dumai saat malam terpusat di dua tempat yaitu di Jl. Ombak (Jl. Sultan Hasanuddin) dan Taman Lancang Kuning. Jadi bagi anda yang mengunjungi Dumai tak perlu kuatir karena banyak tersedia bermacam ragam kuliner ala Melayu sampai mancanegara.

Dengan mengendarai roda empat kami mencoba merasakan sensasi kuliner malam di Dumai. Saat menyusuri sepanjang Jl. Ombak terlihat banyak penjual makanan di sana, dari masakan kaki lima sampai masakan yang tersaji di restoran. Dari minuman ringan sampai minuman kesehatan juga tersedia di sana. Seperti biasanya kuliner di Jl. Ombak dibuka pada pukul 6 sore sampai dengan pukul 11 malam.

Setelah puas mencicipi makanan ringan sambil menikmati malam di Jl. Ombak, kami melanjutkan wisata kuliner kami ke Taman Lancang Kuning. Taman ini berlokasi di pusat kota yang berhadapat langsung dengan pusat keramaian yaitu Mall Ramayana. Bedanya dengan kuliner di Jl. Ombak, di Taman Lancang Kuning hampir semua pengunjung menjadikan taman ini bukan sekedar mencari kuliner, tetapi juga sebagai tempat hiburan serta rekreasi bersama keluarga dari sore sampai malam hari. Hal tersebut dikarenakan semua kedai menyediakan kursi-meja di taman dan banyak tersedia hiburan untuk keluarga serta arena bermain bagi anak-anak.

Jika hari libur atau hari Sabtu-Minggu, Taman Lancang Kuning sangatlah ramai dikunjungi warga dan wisatawan. Bahkan keramaiannya mulai tampak sejak pukul 5:00 sore dan tutup hingga larut malam, sehingga lokasi ini sangatlah cocok bagi anda yang ingin mengisi waktu luang di taman sambil bercengkrama bersama teman dan keluarga. Selain banyaknya kedai yang menyediakan jajanan, tidak jauh dari area taman terdapat Wisata Pasar Buah. Jadi tidak perlu kuatir juga bagi yang gemar memakan buah setiap hari, disana tersedia berbagai macam buah-buahan. Hmmm… sepertinya bisa tidur pulas kami malam ini karena kekenyangan. .

Keesokan harinya kami masih penasaran ingin menjelajah kuliner khas Dumai sebelum kembali ke Jakarta. Siang ini kami menuju ke RM. Moro Seneng yaitu rumah makan yang menyediakan masakan khas ikan bakar. Sekilas dari namanya pasti anda sudah dapat menebak bahwa sang pemilik adalah bukan asli Melayu. Wah, kami semakin penasaran, apanya yang khas dari rumah makan ini ya?

Yang khas atau special dari RM Moro Seneng adalah Ikan Bakar Senangin, ikan laut sejenis bandeng dengan tubuh yang agak bulat. Ikan senangin dilumuri adonan bumbu sebelum dibakar, sehingga saat matang bumbu dan aroma kelezatannya merasuk ke dalam ikan. Penyajian Ikan Bakar Senangin selalu dipasangkan dengan sambal yang diracik khusus dan hanya ada di Moro Seneng. Biar komplit minumnya juga khas dan segar yaitu es jeruk peras manis.

Setelah hidangan tersaji komplit di meja, kamipun mulai menyantap. Wah, benar-benar enak, gurih serta teksture daging yg sangat lembut. Inilah pengalaman pertama kalinya kami mencoba jenis ikan Senangin tersebut. Benar-benar perjalanan wisata kuliner yang tidak terlupakan bagi kami.

Berdasarkan informasi dari beberapa teman, banyak tempat makan favorit lain di Dumai, seperti Soto Padang BBC dan Mie Ayam Sari Wangi di Jl. Syarif Kasim. Dikarenakan keterbatasan waktu, tempat-tempat tersebut sayang sekali belum sempat kami kunjungi. Nah, sangat menggugah selera makan anda bukan? Kalau penasaran silahkan rasakan langsung sensasi kuliner Kota Dumai yang pasti membuat ketagihan.