Pantai Toran Fakfak

Dalam Bahasa Daerah Fakfak, Toran berarti Batu Duduk, terletak pada 132°46’ BT dan 3° 38’ LS di Distrik Karas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Dengan panjang garis pantai ± 4. 200 M.
Terbentang oleh pulau-pulau bebatuan Kars dengan mayoritas tumbuhan anggrek di atasnya dan pada garis pantai terhampar pasir putih. Lepas Pantai Toran terdapat atol-atol dengan kondisi perairan yang jernih dengan kisaran jarak pandang dalam air berkisar ± 25 M yang menjadikan perairan ini baik untuk pertumbuhan ekosistem karang dan habitat berbagai jenis biota laut lainnya. Memiliki laguna yang cukup luas ± 1 Ha, terdapat sistem aliran goa berair yang bermuara ke laguna.

Pantai Toran juga merupakan kawasan migrasi beberapa jenis burung. Potensi ikan laut juga cukup besar sehingga wisata fhising juga bisa di nikmati. Keunikan dan ciri khas Pantai toran ini membuat pantai toran layak di sebut sebagai surga yang tersembunyi. Jarak tempuh dari kota Fakfak Ke Toran Beach ± 50 menit menggunakan Speed Both dan ± 2 jam menggunakan longboth dengan 1 (satu) mesin 40 PK.

Related Posts