Yuk Tengok Festival Pariwisata Indonesia Terpopuler

Festival Cian Cui – Kab. Kep. Meranti ; Cian Cui atau biasa dikenal dengan sebutan festival perang air merupakan tradisi perayaan tahun baru Cina di Kota Selat panjang, Riau. Festival yang dijadikan ajang pariwisata sejak 2013 ini membaurkan warga dari semua etnis di Kabupaten Meranti. Festival yang berakar pada sejarah lokal puluhan tahun silam ini menjadi pesta rakyat yang dikembangkan menjadi momen pariwisata dan diharapkan dapat menyumbangkan peningkatan ekonomi daerah setempat.

Dieng Culture Festival by liputan6-com

Dieng Culture Festival – Kab. Banjarnegara ; Dieng Culture Festival adalah sebuah acara tahunan dengan acara inti meruwat rambut gimbal anak Dieng , Sebuah tradisi warisan leluhur Dataran Tinggi Dieng yang sampai sekarang masih ada di tengah-tengah kehidupan masyarakat dieng. Dieng Culture Festival menggabungkan konsep budaya dengan wahana wisata alam. Diselenggarakan pertama kali pada tahun 2010 atas kerjasama dari Equator Sinergi Indonesia, Kelompok Sadar Wisata Dieng Pandawa dan Dieng Ecotourism. Tujuan dari kelompok sadar wisata ini adalah untuk mengenalkan pentingnya sadar wisata dan juga sebagai bentuk dukungan pengembangan pariwisata dieng serta melestarikan peninggalan budaya leluhur yang ada di sekitarnya.

Festival Dragon Jogja_Youtube pic

Dragon Fest – Kota Yogyakarta ; Karnaval budaya yang menyuguhkan berbagai kesenian tiongkok ini diadakan di Kampung Ketandan Malioboro. Festival ini setiap tahunnya ditunggu masyarakat dan menjadi salah satu magnet tersendiri bagi wisatawan keluarga untuk mengajak anak-anaknya mengenal dan mengetahui sebuah pertunjukan yang tak hanya menyuguhkan kreasi tarian khasnya, melainkan juga pertunjukan atraksi yang membuat decak kagum.

sandalwood youtube by MetroNews

Festival 1001 Kuda Sandelwood – Prov. NTT ; Festival 1001 Kuda Sandelwood menampilkan parade ribuan ekor kuda jenis Sandelwood di bukit-bukit padang savanna yang dikembangbiakkan di empat kabupaten Sumba, yakni Sumba Barat, Sumba Timur, Sumba Tengah, dan Sumba Barat Daya. Dalam rangkaian festival ini, terdapat atraksi Pasola, yaitu atraksi dimana para penunggang kuda dari dua kelompok saling melempar tombak kayu. Jika ada salah satu penunggang kuda terluka, maka darahnya dipercaya akan memberi kesuburan panen.

Festival Way Kambas – Kab. Lampung Timur ; Festival Way Kambas memiliki daya tarik utama tersendiri, yaitu atraksi gajah Sumatera, karena Taman Nasional di Lampung ini memang dikenal sebagai salah satu habitat sekaligus tempat konservasi gajah di Indonesia. Festival ini dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan seperti penampilan seni budaya daerah, olahraga dan petualangan serta tentunya atraksi gajah-gajah dari Pusat Konservasi Gajah Taman Nasional Way Kambas. Selain sebagai ajang promosi pariwisata acara ini juga menjadi wadah apresiasi dan pelestarian seni budaya daerah yang bertujuan untuk mengkampanyekan pelestarian Gajah Sumatera.