Wisata Halal Indonesia Terpopuler

Baru-baru ini telah digelar ajang bergengsi pariwisata Indonesia oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia yaitu ajang Anugerah Pesona Indonesia 2018, dengan salah satu kategorinya adalah Wisata Halal Terpopuler, dan pada ajang tersebut terpilihlah 5 (lima) besar nominasi Wisata Halal Terpoluler, nah mana saja sih daerah atau destinasi yang terpopuler dengan wisata halalnya?, yuk kita telusuri dimulai dari urutan yang teratas ya..

Al Quran Al Akbar – Kota Palembang ; Al Quran Al-Akbar atau biasa dikenal dengan Al Quran Raksasa ini merupakan yang terbesar dan pertama di dunia dalam bentuk Al Quran 30 juz yang di buat pada media dari kayu jenis tembesu. Wisata religi yang terdapat di kota Palembang ini tidak hanya menawarkan hiburan, namun juga memberikan pengetahuan dan meningkatkan kecintaan umat muslim pada Al-Quran.

Masjid Raya Baiturrahman – Kota Banda Aceh ; Saksi sejarah era kejayaan Kesultanan Aceh yang juga menjadi saksi tragedi pembakaran oleh kolonial Belanda tahun 1873 hingga hantaman tsunami di akhir 2004 yang masih berdiri kokoh sampai saat ini ialah Masjid Raya Baiturrahman. Masjid yang didirikan oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612 (1022 Hijriah) berada di Jantung Kota Aceh dan menjadi pusat peradaban islam sampai dengan saat ini.

Gema Muharram – Kab. Indragiri Hilir ; Peringatan masuknya bulan muharram menjadi tradisi yang diperingati Kabupaten Indragiri Hilir. Tradisi ini dikemas dalam sebuah wisata religi bernama Gema Muharram. Tradisi ini terus dilestarikan, dengan tujuan untuk mengembangkan destinasi wisata religi sebagai ikon wisata Provinsi Riau. Gema Muharram menjadi kebanggaan masyarakat Indragiri Hilir dilatarbelakangi oleh potensi pengembangan kepariwisataan di Provinsi Riau, terutama dalam bidang kepariwisataan religi.

Pulau Santen Twitter by ZulfanTriadji

Pulau Santen – Kab. Banyuwangi ; Salah satu spot terbaik untuk berburu sunrise di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur adalah Pulau Santen. Menikmati pemandangan indah berupa sunrise ditemani jajaran pohon-pohon santen yang berjajar,lengkap dengan pulau Bali sebagai latar belakangnya.  Pulau Santen terletak di Desa Karangharjo saat ini menjadi wisata halal berkonsep syariah terpopuler. Menyajikan pemandangan kontras antara pasir hitam dengan air pantai yang jernih. Konsep halal tourism yang ditampilkan pada pulau ini terlihat pada sajian makanan halal, tidak ada minuman keras, berhijab bagi perempuan, dan sejumlah peraturan syariah lainnya. Sangat menarik dan unik, karena pertama kali diterapkan di Indonesia.

Kampung Halal Karang Jangkong – Mataram ; Provinsi Nusa Tenggara Barat selain dikenal dengan daerah seribu masjid, juga dikenal dengan beragam destinasi wisata dan kuliner halal. Termasuk Kampung Halal Karang Jangkong yang menawarkan konsep destinasi wisata di pusat kota yang menampilkan wisata pedesaan. Wisata kreatif yang ada di NTB ini memfasilitasi semua yang dibutuhkan sebagai destinasi kampung wisata halal sesuai syar’I dengan konsep wisata halal di tengah kota, rasa desa. Karang Jangkong terus berkembang di bawah tangan-tangan kreatif para anggota kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang ada di Nusa Tenggara Barat.