Tujuan Wisata Baru Terpopuler 2018

1. Bukit Jamur (Kabupaten Gresik)

Bukit Jamur terjadi secara alami dan sempurna melalui fenomena mushroom rock, yaitu perubahan bentuk dari tanah bebatuan yang menyerupai jamur. Sekilas nampak seperti canyon, berwarna coklat seperti lumpur kering. Uniknya, payung jamur di bebatuan ini berwarna kehitaman. Menambah kesan seperti tumbuhan jamur sebenarnya.

2. Gampong Nusa (Kabupaten Aceh Besar)

Gampong Nusa ialah representatif keindahan alam Tanoh Rincong dan menjadi kampung wisata bagi turis yang ingin menikmati wisata alam di Aceh. Panorama alam yang indah dengan pemandangan hamparan sawah yang hijau membentang, dialiri air yang langsung dari bersumber dari mata air pegunungan merupakan suguhan desa wisata di pinggiran Kota Banda Aceh ini. Hijau, tenang, asri dan rapi adalah gambaran keseluruhan dari Gampong Nusa.

Keindahan gugusan Bukit Barisan berdiri tegak di sisi kiri Gampong menciptakan sebuah wahana wisata alam yang indah menambah pesona suasana alam di gampong tersebut. Melihat kampung Nusa dari ketinggian dengan lukisan alam yang tergambar dan terbungkus dengan hiasan pohon-pohon, hamparan rumut teki nan hijau akan memanjakan mata.

3. Geopark Ciletuh (Kabupaten Sukabumi)

Geopark Ciletuh smerupakan sarana edukasi, konservasi, serta perekonomian masyarakat sukabumi yang telah resmi diakui secara internasional oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Satu-satunya Geo Park di Pulau Jawa ini, memiliki lanskap yang sangat lengkap. Dalam satu area, terdapat pantai, bukit, air terjun, sawah dan sungai. Karakter pantai selatan yang beragam mulai dari yang berkarang sampai dengan yang berpasir lembut ada di Geo Park Ciletuh.

4. Kampung Terih (Kota Batam)

Konsep wisata yang ditawarkan di Kampung Terih memadukan wisata pantai dan hutan bakau. Keteduhan dedaunan mangrove berpadu dengan desiran ombak menjadi satu pemandangan yang menawan. Terih adalah perkampungan dengan pantai berombak tenang, tidak memiliki banyak pasir, dengan air yang jernih.

Pemandangan asri yang disuguhkan di Kampung Terih tidak lepas dari kehidupan nelayan di sana, perahu-perahu kecil yang berjejer di pinggir pantai menjadi pemandangan tersendiri. Panorama menarik lain di Kampung Terih ialah terlihat gugusan hutan bakau yang memberi suguhan pemandangan tersendiri.

5. Lava Bantal (Kabupaten Sleman)

Objek wisata yang terletak di Kabupaten Sleman ini sebenarnya merupakan kawasan geo heritage ada sejak jutaan tahun silam. Lava Bantal menjadi sebuah penanda akan petualangan ke masa 60 juta tahun lalu dan bisa menjadi peninggalan sejarah tentang terjadinya pulau Jawa. Lava bantal terbentuk karena lahar yang keluar dari gunung api bawah laut. Lahar panas yang berkontak langsung dengan air dingin menyebabkan mineralnya mengalami pembekuan yang membentuk geometri mirip tumpukan bantal. Lava Bantal memiliki debit air sungai maksimal menjadi buruan para penjelajah tubing Jogja.

6. Pulau Baer (Kota Tual)

Pantai dengan pasir putih, laut biru kehijauan, terumbu karang dan spot diving tentu menjadi primadona Pulau Baer yang menjadi salah satu pulau yang wajib dikunjungi di Kepulauan Kei. Pulau kecil ini dikelilingi tebing karang cantik yang ditelusuri dengan menumpangi perahu sampan. Pulau Baer yang mempesona ini memiliki laguna tersembunyi yang cantiknya luar biasa. Landskap Pulau Baer sangat memanjakan mata, terlihat laguna yang jernih beralaskan pasir dan ikan serta terumbu karang yang masih sehat.

7. Pulau Cinta (Kabupaten Boalemo)

Pulau Cinta disebut sebagai primadona pariwisata di wilayah Tilamuta. Hampir separuh pulau ini dikelilingi hutan mangrove, namun sepertiganya merupakan pantai berpasir putih yang menawan. Seperti namanya, Pulau Cinta berbentuk seperti hati. Bentuknya yang seperti hati menambah romantisme Pulo yang terletak di Teluk Tomini, Gorontalo, Sulawesi utara ini.

Luas pulau ini sekitar 9 hektar. Sebagian besar pesisir pulau ini ditumbuhi mangrove yang tebal, selain itu tumbuh pepohonan layaknya hutan darat & pohon kelapa. Perairan disekitarnya merupakan ekosistem terumbu karang, ditemukan juga komonitas lamun di pulau ini. Pasir putih pulau ini terhampar memanjang di bibir pulau.

8. Pulau Labengki (Kabupaten Konawe Utara)

Pulau Labengki tersusun dari karang-karang besar menjulang diatas samudera yang tersebar diberbagai titik. Gugusan pulau karang besar dan kecil ini dipetakan menjadi Pulau Labengki Besar dan Pulau Labengki Kecil. Tidak hanya keindahan diatas air yang disajikan oleh pulau menawan ini, keindahan bawah airnya juga sangat indah untuk dikagumi. Berbagai biota laut yang hidup disini dan masih terjaga kealamianya. Terdapat banyak titik-titik spot penyelaman yang sangat berkelas di perairan yang juga menjadi habitat Speciaes Kima atau Kerang Raksasa. Kima disini tercatat sebagai Kima terbesar kedua didunia. Sehingga disini pula sebagia tempat peneliti, konservasi dan penangkaran Kima.

Selain memiliki pantai berpasir putih, Pulau Labengki juga menyuguhkan keindahan terumbu karang yang bisa dinikmati secara langsung, berkat laut yang tenang dan jernih.

9. Teluk Jering (Kabupaten Kampar)

Teluk Jering, merupakan sebuah desa kecil yang berada di kecamatan Tambang kabupaten Kampar. Desa ini terletak dipinggir sungai kampar dan memiliki pemandangan yang sangat menarik. Hamparan rumput hijau yang luas dan bisa menyegarkan mata serta pinggiran sungai yang mempunyai pasir pantai menjadi pemandangan unik dan menarik yang memiliki keindahan tersendiri.

10. Umbul Ponggok (Kabupaten Klaten)

Umbul Ponggok merupakan wisata kolam jernih yang dikembangkan menjadi sebuah tempat wisata air yang cukup populer di Jawa Tengah. Terdapat beraneka ikan cantik berwarna-warni dari berbagai jenis ikan hias. Air kolam nampak jernih dan eksotis, sehingga cocok digunakan sebagai lokasi snorkeling menyenangkan atau sebagai lokasi diving yang mengasyikan. Diving di Umbul Ponggok memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan wisata di tempat lain, yakni lokasi-nya berada di perairan darat dan memanfaatkan sumber mata air.