Tiga Wisata Alam Wajib di Gowa

Ininih tiga tempat wisata alam yang wajib dikunjungi jika Anda berkunjung ke Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

Air Terjun Takapala
Air Terjun Takapala merupakan sebuah hasil ciptaan tuhan yang maha sempurna, posisi air terjun ini diapit oleh tebing-tebing batu tinggi yang sebagiannya permukaannya ditumbuhi oleh rerumputan hijau yang menghiasinya. Pancaran cahaya sinar pelangi pada lokasi air terjun ini juga menambah rasa takjub anda pada ciptaan yang maha kuasa. Lokasi air terjun ini terletak tidak jauh dari perkebunan besar Teh Malino Highland. Suara Gemuruh yang dihasilkan oleh air terjun ini sangat menakjubkan, yang lokasi ini juga dapat dimanfaatkan sebagai lokasi foto anda sebagai kenang-kenangan. Bagi yang membawa peralatan untuk mandi anda bisa mencoba untuk merasakan segarnya air yang dipancurkan, namun anda harus berhati-hati karena untuk samapai kelokasi mandi air terjun ini anda harus melewati bebatuan keras yang amat licin, dan jika telah tiba musim hujan sebaiknya anda mengurungkan niat anda untuk mandi di lokasi air terjun ini karena debit air terjunnya sangat deras.

Photo Airterjun Takala – by flickr Setiono Joko Purwanto

Danau Tanralili
Untuk menikmati santai akhir pekan Anda, anda dapat mengunjungi tempat yang bagus ini, nama lokasi wisata ini adalah Danau Tanralili. Berbagai keindahan alam hasil karya yang maha kuasa ada pada danau ini, lokasi danau ini terletak pada kaki Gunung Bawakaraeng Malino, secara administratif lokasi danau ini masuk pada Kabupaten Gowa. Lokasi wisata danau Tanralili ini mulai tenar di kalangan masyarakat sekitar maupun masyarakat diluar wilayah gowa. Untuk mencapai ke lokasi wisata Danau Tanralili, apabila anda memulai perjalanan dari Makassar maka rute tercepat yang dapat ditempuh adalah melalui daerah Malino, lalu ke Tinggi Moncong, dengan jarak kurang lebih 68 kilometer dari kota Makassar. Kondisi jalanan yang akan dilewati untuk mencapai daerah ini anda akan melewati kondisi Jalan naik turun dan berliku dan pada kondisi normal jarak tempuh dapat mencapai sekitar 2-3 jam. Setelah sampai di Kota Malino anda tinggal menuju ke Desa Lengkese.

Photo Danau Tanralili – by_ flickr Fahrul Zainuddin

Dan Kebun Gowa
Lokasi wisata kebun Gowa merupakan merupakan salah satu lokasi wisata yang tepat untuk yang sudah berkeluarga maupun yang masih jomlo. Pada lokasi wisata ini terdapat berbagai macam jenis buah-buahan yang dapat anda nikmati seperti mangga, nangka, serta berbagai jenis pepohonan yang ada dilokasi ini. Lokasi Taman Wisata ini dikelola dan ditata dengan baik sehingga nampak sangat indah dipandang. Warna-warni tanaman hias ditata secara rapi menciptakan kondisi taman yang nyaman dan bersih.

Photo Malino by journeyaroundsouthsulawesi.wordpress.com
Photo Kebun Gowa by makassarguide.com