Surga Tersembunyi Terpopuler 2018

1. Air Terjun Batang Kapas (Kabupaten Kampar)

 

Air Terjun spektakuler yang membuat orang yang melihatnya terpana dengan keindahannya ini memiliki ketinggian sekitar 150 meter. Air Terjun yang menawan karena ketinggianya ini berada dikawasan perbukitan yang terjal, menjadikanya terlihat sangat alami. Terletak di Desa Lubuk Bigau, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, keindahan luar biasa nampak dari berbagai sudut di air terjun.

Suasana alam di kawasan Air Terjun Batang Kapas merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi, karena lokasi air terjun tersebut masih dikelilingi hutan perawan dan berbagai macam Flora & Fauna yang bisa ditemui di sana. Disekitar air terjun adalah hutan tropis yang lebat dan tinggi, nyanyian burung murai, semilirnya angin dan bunyian percikan air serta tumpukan bebatuan berwarna hitam kecoklatan yang terhampar disepanjang sisi aliran air yang telah membentuk layaknya anak sungai yang eksotis.

2. Air Terjun Nokan Nayan (Kabupaten Sintang)

Pesaona alam Air Terjun Nokan Nayan yang eksotis memiliki ketinggian mencapai 180 Meter dan lebaranya cukup luas dengan bentuk menyerupai Air terjun Niagara. Derasanya aliran air membuat kawasan sekitarnya dipenuhi kabut dan nampa seperti asap. Jika siang hari akan muncul pelangi diantara kedua air terjun tersebut sehingga sangat indah dan mempesona. Pemandangan lainnya yang disuguhkan dari kawasan air terjun ini adalah hamparan hutan hijau dan aliran sungai yang dipenuhi bebatuan menjadikan kawasan ini sangat indah dan alami.

3. Bukit Sembinai (Kabupaten Paser)

Keindahan Bukit Sembinai tergambarkan oleh pemandangan eksotis hutan di Gunung Rambutan. Keindahan alam yang tersembunyi di Bukit Sembinai ini terdiri dari hamparan pemandangan kebun sawit yang masih asri.

4. Kelabba Madja (Kabupaten Sabu Raijua)

Kelabba Maja dengan keunikannya yang merupakan gabungan antara wisata, petualangan dan budaya yang erat kaitannya dengan kepercayaan warga setempat. Alamnya mengingatkan pada pesona Grand Canyon di Arizona, AS, dengan kontur geologis berupa ngarai besar yang dipisahkan tebing terjal.

Kelabba Maja memiliki tebing berukir indah berwarna gradasi merah marun, pink, coklat, dan kelabu. Pilar-pilar batu berjenis granit berwarna merah muda dengan komposisi puncak berbentuk seperti jamur dengan dominasi warna merah terlihat eksotis.

5. Leuwi Tonjong (Kabupaten Garut)

 

Leuwi Tonjong menyuguhkan pemandangan yang menyegarkan. Air terjun kecil dan kolam air alami dengan kedalaman yang relatif dangkal merupakan ciri khas dari Leuwi Tonjong. Leuwi Tonjong diapit oleh dua tebing batu yang tinggi, membuatnya menjadi unik dan cantik. Di musim kemarau, air menjadi lebih tenang dan bersih, namun debit air berkurang. Sedangkan di musim panas, debit air lebih besar namun air menjadi agak keruh.

6. Pulau Berhala (Kabupaten Serdang Bedagai)

Pulau seluas 2,5 km2 ini terletak di tengah birunya Selat Malaka, perbatasan Indonesia dan Malaysia. Segarnya udara pantai, pemandangan perbukitan, serta panorama pantai berbatu yang indah akan memanjakan mata. Hamparan pasir putih nan lembut, laut jernih berwarna biru toska dan penampakan sunset yang memikat, menjadikan pulau ini memiliki daya tarik tersendiri. Kondisi pulau yang masih terjaga juga menyuguhkan pemandangan alam bawah laut yang indah. Keanekaragaman hayati Pulau Berhala juga diperkaya dengan keberadaan penangkaran penyu.

7. Pulau Mahoro (Kabupaten Sitaro)

Keindahan dan keunikan Pulau Mahoro ditandai dengan pemandangan alamnya yang alami dan memanjakan mata. Terumbu karang bisa kita temui di kedalam satu meter dan hanya berjarak sekitar tiga meter dari bibir pantai. Air ombak yang begitu tenang seperti kolam membuat kita nyaman berenang. Pulau Mahoro juga masih menyimpan beragam biota laut. Begitu pulau dengan penyu yang setiap bulan purnama masih banyak yang mendarat dan bertelur di pantai.

Perbukitan Pulau Mahoro memiliki sebuah goa batu yang menjadi tempat bersarangnya burung walet yang dengan alami terbentuk. Apabila air laut sedang surut, terdapat semacam taman pasir putih buatan yang diatasnya terdapat banyak sarang walet.

8. Pulau Mengkian Panjang (Kab. Kepulauan Anambas)

Pulauan Mengkiang menjadi surga tersembunyi di ujung barat Indonesia yang memancarkan sejuta pesona. Lautnya sangat biru, bawah lautnya sangat indah. Pulau Mengkian memiliki pantai putih yang bersih, keindahan pantai di pulau ini menjadi anugerah tersendiri bagi Kabupaten Anambas. Selain keindahan alam dan pantainya, Pulau Mengkian Panjang juga masih menyimpan keajaiban alam lainnya yakni terumbu karang dan aneka ikan hias yang hanya ditemukan di daerah itu.

9. Pulau Namu (Kabupaten Konawe Selatan)

Keindahan alam wisata Pulau Namu sungguh memikat. Pemandangan alam hutan dan laut yang menjadi perpaduan tersendiri di pulau ini. Garis pantai yang panjang, air laut yang jernih, butiran pasir putih kecoklatan serta pohon kelapa yang berbaris rapi, menambah nilai eksotis lokasi wisata satu ini. Lingkungan Pulau Namu juga terjaga dengan baik dan jauh dari polusi. Destinasi wisata Pulau Namu tidak kalah bersaing dengan wisata lain, mulai dari flora, fauna, air terjun, terumbu karang, pantai, atraksi budaya tersajdi di pulau cantik ini.

10. Teluk Kelumbayan (Kabupaten Tanggamus)

Teluk Kelumbayan memiliki banyak sekali pilihan tempat wisata bahari. Lumba-lumba akan banyak ditemui di alam bebas. Topografi wilayah yang bervariasi menjadikan daerah ini kaya akan sumber daya alam sekaligus memiliki potensi wisata yang beragam. Pesona alam Teluk Kelumbayan menjadikannya destinasi yang patut dikunjungi.