Menikmati Sashibi alias Sashimi Bitung

Kota Bitung selain terkenal sebagai pintu masuk perdagangan di Sulawesi bagian utara, dan terkenal dengan Selat Lembehnya, ternyata juga kaya akan hasil laut. Hal ini terlihat pada banyaknya pabrik industri pengolahan ikan di sepanjang pelabuhan Kota Bitung yang menghasilkan berbagai makanan olahan berbahan baku hasil laut untuk kebutuhan dalam negeri ataupun diekspor ke luar negeri. Bahkan Bitung juga menjadi penghasil ikan tuna terbesar di Indonesia, lho!

sashimi bitung

Bitung cocok bagi para pecinta kuliner hidangan laut, karena saat kami melintas tak seberapa jauh dari pelabuhan sudah banyak terdapat penjaja ikan laut segar. Kalau lihat ikan segar teringat sashimi masakan khas Jepang, yakni irisan daging ikan segar yang disantap tanpa dimasak terlebih dahulu, dan dinikmati bersama shoyu (kecap asin), wasabi, dan acar jahe.

Hmmm, jadi bertanya-tanya adakah hidangan ikan segar seperti sashimi di Bitung?

sashimi bitung

Benar kata pepatah ‘malu bertanya sesat dijalan’ ternyata bukan berlaku untuk tanya alamat saja ya, terjawab sudah kalau di Bitung juga punya kuliner khas dari ikan segar seperti ala Jepang itu, dengan nama yang pasti beda. Di Bitung biasa disebut dengan Sashibi alias Sashimi Bitung. Sashibi ini berupa irisan daging tuna segar dan disajikan bersama saus kental kehitaman yang merupakan campuran dari kacang tanah sangrai, cabai rawit, bawang merah, cengkeh, daun mint, laos, dan pala. Tak lupa tambahan kecap manis dan kecap asin. Asyiknya lagi sashibi disantap bersama pisang atau singkong rebus yang disajikan dalam kondisi hangat.

sashimi bitung

Tips & Info

Bagi Anda yang akan mencoba sashibi bisa langsung meluncur ke Aertembaha, yang tidak jauh dari pusat kota (bahkan lokasinya dilalui oleh angkutan umum (mikrolet)).