Pesona Sakura Kei & Pasir Pantai Terhalus di Dunia

Jika mendengar kata Sakura sudah pasti teringat negeri asal Doraemon, dimana bunga yang terkenal dengan keindahannya ini telah menjadi Bunga Nasional Jepang. Sakura kurang lebih berarti ‘bermekaran’ dan rupanya memiliki ratusan macam jenis dan warna yang berbeda-beda.

Rupanya di Indonesia juga punya bunga sakura, lho! Beberapa karena sudah ada yang sengaja membawa bibit sakura untuk ditanam di taman milik pribadi, maupun fasilitas taman umum. Namun yang akan kita singgung di sini ialah sakura Kei.

Khusus di Kepulauan Kei, Maluku Tenggara, pohon-pohon Sakura tumbuh liar tanpa penanaman serta perawatan khusus, beberapa bahkan ada juga yang tumbuh liar di pinggir-pinggir jalan. Rata-rata masyarakat Kepulauan Kei yang melihat tumbuhan tersebut bersikap biasa saja, bahkan banyak dari mereka tidak tahu kalau banyak orang yang pelesiran ke Jepang hanya karena ingin melihat bermekarannya bunga-bunga Sakura.

sakura kei sakura kei

Tidak hanya pesona sakura Kei saja yang dengan mudah dinikmati di Kepulauan Kei, ternyata kelembutan pasir putih Kei pun sungguh memikat. Beberapa media asing sampai ada yang menobatkannya sebagai pasir pantai terhalus di dunia. Pasir di beberapa pantai di Kepulauan Kei memiliki tekstur kelembutan yang berbeda. Dari pasir putih yang lembut sampai dengan yang sangat lembut, seperti tepung atau bahkan seperti bubuk semen, saking lembutnya hingga kontur pasir di pantai menjadi padat sehingga dapat dilalui kendaraan roda empat tanpa kesulitan ban selip atau terpelosok.

Saatnya bagi Anda yang akan memulai liburan dan belum sempat menikmati keindahan sakura, setidaknya bisa jalan-jalan ke Kepulauan Kei, menikmati keindahan pesona sakura Kei, plus bonus merasakan kelembutan pasir pantai khas Kei.

pasir kei pasir kei

Info & Tips

Pohon Sakura di Kei tidaklah tersebar di semua tempat, melainkan paling banyak berada di Kei Besar, sedangkan di Kei Kecil hanya beberapa titik jalan raya saja yang ditumbuhi oleh pohon Sakura.

Sedangkan untuk pantai berpasir putih lembut, Anda dapat menuju pantai Ngurbloat, Ohoidertawun, dan Ngurtavur. Pasir halus memang kebanyakan agak sulit dibersihkan, karena butiran-butiran pasir yang sangat kecil tersebut dengan mudah dan lengketnya menempel pada kulit-kulit kaki. Bagi Anda yang tak terbiasa dengan ini, persiapkan saja booties atau sepatu karang saat bermain-main di pantai.

How to Get There

Butuh waktu tidak sampai 1 jam dari kota Langgur, namun berhubung lokasi tiada akses kendaraan umum, sebaiknya Anda menyewa kendaraan roda empat atau roda dua.

sakura kei