Pantai Kolbano, Pantai dengan Batu-batu yang Indah

Pulau Timor di Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki beberapa obyek wisata yang paling diminati oleh para wisatawan tak terkecuali juga oleh masyarakat lokal sendiri, hampir di setiap sudut pulau ini terdapat spot menarik untuk dikunjungi, Salah satu dari beberapa obyek wisata tersebut yakni Pantai Kolbano, Pantai yang terletak di Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano – Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Pantai Kolbano memiliki keunikan tersendiri yang lain dari pada yang lain. Biasanya sebuah pantai memiliki pasir putih atau warna lain di tepiannya, tetapi tidak begitu dengan Pantai Kolbano ini. Tepi pantai ini dihiasi kerikil-kerikil warna-warni yang lembut dengan ukuran sebesar jari kelingking hingga kepalan tangan.

Satu lagi keunikan pantai ini adalah kamu bisa melihat matahari terbit dan terbenam dari satu tempat yang sama. Sehingga tidaklah mengherankan jika tempat ini menjadi lokasi favorit para fotografer yang ingin berburu moment-moment tersebut.

Selain keindahan pantai bebatuannya, di areal wisata pantai Kolbano, wisatawan juga dapat melihat sebuah tugu bersejarah yang dibangun untuk memperingati peristiwa Perang Kolbano antara masyarakat setempat melawan penjajah Belanda yang terjadi pada tahun 1907, walau kondisinya terlihat apa adanya justru menjadi spot instagramable banget loh.

 

Info dan Tips Mengunjungi Pantai Kolbano

Banyaknya batu-batuan yang tiap kali dibawa oleh ombak ketepian pantai, menjadikan pantai ini sebagai salah satu pantai penghasil batu taman terbaik di Indonesia. Ya, batu-batuan yang indah menghiasi taman-taman dikota besar adalah sebagian besar berasal dari pantai Kolbano ini.

Di sekitar area pantai atau 4-5.KM sebalum pantai belum terdapat bangunan ATM, sehingga bagi wisatawan di ingatkan jangan sampai terlupa membawa uang cash.

Untuk menikmati keindahan dari ketinggian kamu bisa menaiki bukit batu yang ada tepat di area masuk pantai, atau juga dapat melalui perbukitan yang ada diluar pantai Kolbano.

 

Cara Menuju Pantai Kolbano

Untuk mencapai pantai Kolbano ini dari Kota Kupang butuh waktu tidak sampai 3 jam. Namun jangan khawatir, rasa lelah akan terbayarkan jika kamu telah tiba di pantai tersebut. Disarankan untuk berangkat pagi dari Kota Kupang karena dalam perjalanan kamu dapat singgah beberapa obyek wisata Kupang lainnya, seperti : Rumah Adat Sasando, dan beberapa pantai termasuk pantai berpasir Oetune.

Dari Kota Kupang kamu dapat menggunakan kendaran pribadi (sewa) menuju Kolbano, karena untuk menggunakan kendaraan umum butuh waktu lama dan perlu beberapakali transit serta pindah kendaraan.