Olah Raga dan Petualang Terpopuler 2018

1. Gunung Matantimali (Kabupaten Sigi)

Destinasi wisata yang tergabung dengan sebuah cabang olahraga ini dapat dinikmati di daerah Matantimali khususnya oleh para pecinta olah raga paralayang yang memacu adrenalin ini. Meskipun demikian, tidak sedikit yang pernah mencobanya dan kemudian menyukai olahraga ini.

Daerah wisata Palu yang begitu menakjubkan yang berada di ujung selatan Kota Palu, dengan jarak tempuh sekitar 45 menit.
Lokasinya terletak di sebuah desa yang berada di atas gunung yang disebut orang-orang Matantimali. Matantimali adalah lokasi yang sering digunakan untuk olahraga paralayang. Wilayah ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat, dengan jarak sekitar 30 kilometer dari arah selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Ketinggian tempat wisata Matantimali adalah 1.500 mdpl dan lokasinya yang menghadap ke lembah palu dan teluk palu memberikan banyak keuntungan bagi pecinta paralayang. Angin yang menghantam lereng gunung, menyebabkan turbulensi yang dibutuhkan untuk mendapatkan ketinggian. Hal ini membuat sejumlah atlet mancanegara menilai Pegunungan Matantimali merupakan lokasi paralayang terbaik untuk kawasan Asia Tenggara.

2. Hiking Gunung Gamalama (Kota Ternate)

Gunung Gamalama adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Ternate, Maluku Utara yang memiliki ketinggian 1.715 meter di atas permukaan air laut dan pada ketinggian 1.200 – 1.500 meter Gunung ini diselimuti oleh Hutan Montane dan Hutan Ericaceous pada ketinggian di atas 1.500 meter.

Terdapat 2 jalur pendakian yang dapat dilalui untuk mencapai puncak gunung Gamalama yaitu melalui desa Air Tege-tege dan desa Moya. Jalur desa Moya merupakan jalur umum yang banyak dipakai oleh para pendaki untuk menuju ke puncak gunung. Disepanjang jalur pendakian banyak ditumbuhi tanaman cengkeh dan pala, sehingga membuat aroma rempah ini tercium kuat selama melakukan pendakian. Selain aroma rempah yang kuat, pada sepanjang jalur pendakian wisatawan dapat melihat pemandangan kota Ternate, Pulau Maitara, dan Gunung Tidore serta hamparan laut nan biru menjadi pemandangan sangat indah yang dapat dinikmati dari ketinggian gunung ini dan lama perjalanan yang ditempuh saat melakukan pendakian gunung mulai dari pos awal sampai dengan pos 5 memakan waktu berkisar antra 4jam hingga 5 jam.

Untuk mencapai salah satu dari dua desa tersebut, dapat kita mulai dari bandara dengan menggunakan jasa angkutan berupa mobil avanza dan sejenisnya yang biasa disebut dengan Taxi atau menggunakan ojek. Perjalanan dari bandara bandara Sultan Babullah langsung menuju desa Moya atau desa Air Tege-tege menggunakan taksi sekitar 1-2 jam perjalanan.

3. Kerinci Trail Adventure (Kabupaten Kerinci)

Gunung Kerinci yang berada di provinsi Jambi, memang mempunyai segudang pesona untuk dinikmati. Keindahan gunung dan perbukitannya selalu membuat takjub saat dijelajahi. Pertimbangan inilah yang membuat komunitas offroader asal kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Jambi mengundang seluruh offroader di tanah air untuk ikut serta dalam beberapa event Kerinci Trail Adventure yang akan menyuguhkan keindahan kaki gunung kerinci yang dapat diterabas dengan sepeda motor trail.

Komunitas offroader kabupaten Kerinci juga telah menyiapkan tenaga penunjuk jalan (guide) yang akan mengantarkan sampai ke puncak gunung Kerinci jika ada offroader yang ingin mencoba melakukan hiking untuk menaklukkan gunung Kerinci,

Jalurnya yang ekstrem namun sejuk dan indah dipandang mata, itulah ungkapan dari beberapa offroader yang sangat antusias mengikuti ajang Trail Adventure di Kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci. Mereka mengatakan alamnya sangat indah, sangat hijau dan sejuk, karena indahnya pesona Kerinci , maka menjadi juara tidak terlalu penting bagi mereka, baginya datang ke Kerinci sudah merupakan hal yang dirasa sangat istimewa. Suguhan jalur khas bukit Barisan pada ketinggian 1000m diatas permukaan laut dengan pemandangan Gunung dan Danau kerinci, para pengendara akan menerabas jalur Offroad roda dua sepanjang 120 KM dan para Offroader akan dimanjakan dengan pemandangan indahnya Kota Sungai Penuh dari berbagai sudut padang dari ketinggian yang berbeda akan menjadi kenangan tersendiri.

4. Mountain Bike Bukit Sulap (Kabupaten Lubuk Linggau)

International Commisaire, Max M mengatakan bahwa lintasan track di Bukit Sulap Lubuk Linggau sangat menantang bagi para atlit Mountain Bike (MTB), disana terdapat lintasan bebatuan, tanah, akar, pohon dan lainnya. Itu alami dan sangat bagus.

Track di Bukit Sulap ini juga pernah menjadi tuan rumah untuk gelaran Pekan Olahraga Nasional tahun 2004 dan juga Kejuaraan MTB Asia. Track MTB di Bukit Sulap terletak di tengah kota dan hanya dibutuhkan waktu 10 menit bersepeda dari pusat kota untuk mencapai lokasi.

Pemerintah Kota Lubuklinggau telah membangun inclinator atau kereta berjalur miring sebagai fasilitas untuk membawa atlet dan sepedanya dari kaki bukit menuju gerbang start yang terletak di puncak bukit. Track downhill ini memiliki ukuran panjang 2,8 kilometer dengan straight line dan rock garden, sementara trek cross country memiliki panjang 4,3 kilometer.

5. Panjat Tebing Bukit Kandis (Kota Bengkulu)

Tebing Bukit Kandis merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang wajib dikunjungi, terutama bagi penggemar olahraga petualangan alam khususnya olahraga panjat tebing atau Rock Climbing. Posisi kemiringan Tebing yang hampir 90 derajat serta karakter batuannya yang keras memiliki tantangan tersendiri. Di lokasi Tebing Bukit Kandis ini banyak dijumpai para penggiat alam bebas dalam melakukan kegiatan latihan disini.

Tebing dengan struktur batu alam cadas disertai pemandangan indah di sekelilingnya ini terletak di Kabupaten Benteng yang berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari Ibukota provinsi Bengkulu atau setengah jam dari ibukota kabupaten dengan menggunakan kendaraan umum atau sepeda motor. Dari kejauhan tebing ini sekilas nampak seperti seekor singa yang sedang dudukdan terdapat hutan yang sangat hijau disekelilingnya.

6. Paralayang Gunung Panten (Kabupaten Majalengka)

Keindahan Gunung Panten tidaklah kalah dengan keunikan dan keindahan gunung-gunung yang ada di kabupaten lain, Gunung Panten, Desa Sidamukti, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat ini baru pertama kali diperkenalkan ke Dunia Wisata dengan dibukanya sarana dan prasarana olah raga Paralayang, namun tidak hanya sebagai sarana Paralayang, Gunung Panten juga menyuguhkan wisata sejarah yaitu makam/petilasan Prabu Siliwangi.

Dari gunung ini dapat terlihat dengan jelas pesona keindahan kota Majalengka, disaat berselimutkan kabut atau saat teriknya matahari dan saat yang terbaik untuk melihat pemadangan Kota Majalengka adalah sore hari pada saat musim kemarau. Objek wisata ini dirintis sejak tahun 2010. Dibukanya wisata  terutama Paralayang membuat sudah beberapa kali diselenggarakannya ajang kejuaraan nasional paralayang dan kejuaran nasional Gantolle di tempat ini. Upaya ini berdampak naik daunnya Gunung Panten sebagai sarana Paralayang di kalangan atlet nasional dan bahkan menarik minat atlet paralayang internasional.

Tidak hanya menikmati pesona Majalengka dari ketinggian, bagi yang bernyali bisa menikmati terbang tandem dengan paralayang, fasilitas terbang tandem disediakan bagi pengunjung yang ingin mencoba terbang di ketinggian dengan paralayang bersama operator paralayang yang sudah sangat berpengalaman.

7. Paralayang Modangan (Kabupaten Malang)

Sarana dan prasarana olah raga Paralayang di Pantai Modangan ini sangat strategis dikarenakan landasan pacunya yang terletak di atas tebing dan berbatasan langsung dengan bibir Pantai Modangan, sehingga membuat para atlet paralayang memberikan julukan sebagai surganya paralayang, dikarenakan pantai dengan pasir putih sepanjang 1,06 kilometer tersebut bisa menjadi pendaratan yang nyaman bagi para atlet Paralayang, pesona birunya laut pantai selatan menjadi pemandangan yang memberikan kesan tersendiri dan ditambah lagi dengan pemandangan perbukitan hijau yang membentang, hutan yang masih perawan, sampai air terjun yang terlihat jelas dari atas, sehingga memang sangat tepat jika diberikan julukan sebagai surganya atlet paralayang. Lokasi paralayang seperti Modangan merupakan satu-satunya di wilayah Jawa timur, dengan pemandangan laut pantai selatan dan pasir putihnya yang sangat luar biasa yang dapat menjadikan magnet tersendiri bagi wisata di Kabupaten Malang, khususnya wisata dirgantara.

8. Rumpit Bike Park (Kabupaten Banjarnegara)

Rumpit Bike Park Banjarnegara bisa menjadi salah satu pilihan bagi wisatawan yang ingin menikmati alam yang Indah sekaligus menguji adrenalin. Kawasan Wisata Rumpit Bike Park menyediakan track khsusus bagi pecinta sepeda gunung dengan jarak lebih kurang 5 Km yang menyusuri puncak perbukitan. Bagi komunitas pecinta sepeda gunung lokasi Bukit Rumpit sangat cocok dan memiliki tantangan tersendiri.

Dari puncak perbukitan Rumpit Bike Park juga memiliki pemandangan yang sangat indah, bebatuan dan rumah pohon dengan background alam yang indah dapat menjadi pilihan lokasi yang sangat baik untuk berswafoto atau hanya ingin sekedar bersantai untuk menikmati indahnya pemandangan dan jika sore hari para wisatawan akan disuguhi pemandangan sunset yang menawan dan memanjakan mata.

9. Trekking Bukit Tangkiling (Kota Palangkaraya)

Bukit Tangkiling memiliki ketinggian 500 mdpl dan merupakan lokasi pilihan yang tepat untuk para wisatawan yang ingin menyaksikan pesona alam Palangkaraya yang begitu indah. Untuk mencapai puncak Bukit Tangkiling dapat dilakukan dengan cara hiking santai melalui jalur telah disediakan dengan medan yang tidak terlalu sulit untuk dilalui dan membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit untuk mencapai puncak.

Dari puncak Bukit Tangkiling akan terlihat pemandangan perbukitan sekitar yang indah dan tampak juga Kota Palangkaraya dari kejauhan. Selain Bukit Tangkiling, terdapat bukit lain yang berada disekitar kawasan taman wisata ini yaitu bukit Buhis, , bukit Kalalawit, bukit Baranahu, bukit Liau, bukit Lisin, bukit Tabala dan bukit Tunggal.

10. Trekking Pulau Komodo (Kabupaten Manggarai Barat)

Pulau Komodo sudah sangat terkenal di Indonesia bahkan namanya sudah sangat dikenal di dunia dan masuk dalam 7 keajaiban alam dunia yang merupakan habitat dari hewan purba langka yang masih hidup sampai dengan saat ini, yaitu Komodo. Jika memutuskan untuk berlibur ke Pulau Komodo, maka ada baiknya untuk membaca beberapa panduan dan tips yang dapat menjadi referensi dan masukan agar liburan di pulau komodo dapat berjalan dengan aman dan menyenangkan.

Ranger adalah istilah bagi petugas penjaga hutan dan taman nasional Komodo yang juga berfungsi sebagai pemandu wisata bagi para turis yang berkunjung. Mereka paham betul dengan prilaku dan tingkah komodo serta bagaimana cara yang aman untuk dapat berdiri dari jarak dekat dengan Komodo.

Jika berwisata di Pulau Komodo, maka wisatawan akan diajak untuk melakukan Trekking guna melihat dari dekat kehidupan liar Komodo yang sangat memacu adrenalin dan sebelum melakukan trekking, biasanya Ranger akan memberikan instruksi serta arahan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat trekking berlangsung yang wajib dipatuhi oleh wisatawan utuk keamanan dan guna menjaga keselamatan wisatawan itu sendiri.