Minuman Tradisional Terpopuler Indonesia

Minuman Tradisional Terpopuler 2019

1. Sirup Pedada – Kab. Tanjung Jabung Timur ; Pedada merupakan buah yang didapatkan dari tanaman mangrove. Sirup buah pedada merupakan salah satu produk olahan dari buah mangrove yang dapat meningkatkan nilai ekonomi dan ekologi hutan mangrove serta dapat meningkatkan pendapatan masyarakat yang tinggal disekitar hutan mangrove, sehingga dengan adanya berbagai olahan dari buah mangrove masyarakat terbantu secara ekonomi dan dengan sendiri ikut menjaga kelestarian hutan mangrove yang berada di sekitar mereka


 

2. Kawa Daun – Kab. Tanah Datar ; Kawa daun atau kopi daun adalah minuman dari daun kopi yang diseduh seperti teh yang berasal dari Sumatra Barat. Daun kopi lokal pilihan awalnya dikeringkan dengan cara disangrai selama 12 jam. Saat akan diminum, daun kering ini dicampur dengan air dingin, lalu diseduh dengan air mendidih. Untuk meminumnya tidak menggunakan gelas, tetapi menggunakan batok kelapa agar aroma lebih harum dan cita rasa kopi tetap terjaga.


 

3. Sirup Aren – Kab. Lebak  ; Sirup Aren merupakan hasil dari olahan produk nira atau aren. Sirup Aren adalah cairan berkadar gula tinggi hasil pemekatan nira aren. Dalam penyajiannya sirup aren cukup tinggal dicampurkan dengan air dingin atau hangat, atau bisa juga dijadikan sebagai campuran hidangan minuman lainya seperti kopi dan the.


 

Minuman Tradisional Terpopuler 2018

 

1. Air Mata Pengantin

Es Air Mata Pengantin adalah minuman khas Indonesia yang berasal dari kabupaten Indragiri Hulu Riau, resep minuman tradisional ini menjadi Juara-1 Minuman Tradisional Terpopuler 2018.

Dinamakan Es Air Mata Pengantin dikarenakan pada awalnya minuman ini selalu disajikan pada saat acara pernikahan maupun acara-acara lainnya yang mengandung unsur kebahagiaan. Sehingga seringkali orang menyebut minuman ini sebagai simbol dari air mata yang bahagia.

Minuman dingin ini memiliki cita rasa yang sangat segar dan enak. Jika dilihat dari warna warni isi minuman tersebut sudah tentu sangat menggoda untuk ingin segera mencicipinya. Minuman ini berbahan dasar agar-agar dan penuh dengan warna. Isinya sendiri sangat beragam, mulai dari biji selasih, sirup, serutan es batu, serta blewah. Biji selasih biasanya digunakan untuk pelengkap. Biji selasih bermanfaat untuk kesehatan, diantaranya adalah dapat membantu mengurangi masalah pencernaan, menghilangkan rasa sakit, menurunkan demam dan lain-lain

View this post on Instagram

[CHOP AND COOK] Es Air Mata Pengantin Minuman Unik sehat dan menyegarkan ini sangat terkenal di Provinsi Riau, Es Air Mata Pengantin didalamnya terdapat berbagai macam warna agar agar yang kenyal, biji selasih, sirup, es batu, dan buah blewah yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Yuuuummmyyy… Saksikan hanya di : Foodie Channel – First Media 349 HD & 75 SD Youtube Foodie Channel Website www.foodie.id #esairmatapengantin #minumantradisionalnusantara #anugerahpesonaindonesia #food#foodiechannel #foodchannel#tv#nomnom #hungry#foodie #delicious#jakarta #summer#eatingfortheinsta #cleaneating #television #tvchannel #firstmediaproduction #makanan#makan #menu#resep#makanan #kuliner #foodporn#kulinerindonesia #kulinerriau#instafood #enak

A post shared by FirstLifeStyle (@first_life_style) on


 

2. Aia Aka

Aia Aka yang merupakan resep asli dari Kota BukitTinggi dan dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia 2018 ini meraih sebagai Juara-2 Minuman Tradisional Terpopuler Indonesia.

Aia aka berasal dari bahasa Minang sebagai sebutan untuk minuman penyegar yang bahan utamanya terbuat dari cincau, walaupun sebenarnya banyak sebutan lain yang diberikan untuk jenis minuman penyegar ini diseluruh wilayah sumatera barat tergantung dari daerah yang bersangkutan.

Walau namanya berbeda namun wujudnya tetap sama. Yakni terbuat dari bahan dasar cincau. Cincau yang digunakan adalah terbuat dari cincau alami. Yakni cincau yang dibuat dari daun cincau secara tradisional. Itu sebabnya warna cincau ini berwarna hijau mengkilat. Berbeda dengan cincau kebanyakan yang warnanya hitam.


 

 

3. Markisa Brastagi

Satu lagi minuman yang menyegarkan asal dari Kabupaten Karo yaitu Markisa Brastagi, yang berhasil menjadi Juara ke.3 di Anugerah Pesona Indonesia 2018 sebagai Minuman Tradisional Terpopuler 2018, minuman segar yang cocok diminum pada saat cuaca panas, rasa asam-asam segar membuat sirup yang terbuat dari buah markisa ini semakin digemari, apalagi jika kita meyadari akan segudang manfaat dari buah markisa yang menjadi bahan dasar dari sirup ini.

Buah Markisa sendiri mengandung antioksidan yang cukup tinggi, vitamin A, B dan C serta serat yang tinggi. Konon buah Markisa bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit stroke, menurunkan cholestrol dan bahkan melawan sel kanker serta sejumlah penyakit lainnya.


 

 

 

Related Posts