Minuman Tradisional Terpopuler 2018

1. Aia Aka (Kota Bukittinggi)

Aia aka berasal dari bahasa Minang sebagai sebutan untuk minuman penyegar yang bahan utamanya terbuat dari cincau, walaupun sebenarnya banyak sebutan lain yang diberikan untuk jenis minuman penyegar ini diseluruh wilayah sumatera barat tergantung dari daerah yang bersangkutan.

Walau namanya berbeda namun wujudnya tetap sama. Yakni terbuat dari bahan dasar cincau. Cincau yang digunakan adalah terbuat dari cincau alami. Yakni cincau yang dibuat dari daun cincau secara tradisional. Itu sebabnya warna cincau ini berwarna hijau mengkilat. Berbeda dengan cincau kebanyakan yang warnanya hitam.

Rasanya cukup unik, karena terbuat dari daun cincau alami sehingga menjadikan rasanya agak berbeda dengan rasa cincau yang berwarna hitam yang rasanya agak mencolok

Sensasi rasa yang unik dan menyegarkan akan terasa ketika menikmati satu porsi aia aka yang disiram dengan campuran gula merah yang dicairkan dan santan yang sudah dimasak. Satu porsi aia aka terdiri dari cincau yang langsung dicampur dengan rebusan gula merah dan santan. Cincau langsung ditelan dengan kuahnya yang manis. Ketika sampai di tenggorokan akan terasa sangat menyegarkan.

2. Air Mata Pengantin (Kab. Indragiri Hulu)

Es Air Mata Pengantin adalah minuman khas Indonesia yang berasal dari kabupaten Indragiri Hulu Riau. Dinamakan Es Air Mata Pengantin dikarenakan pada awalnya minuman ini selalu disajikan pada saat acara pernikahan maupun acara-acara lainnya yang mengandung unsur kebahagiaan. Sehingga seringkali orang menyebut minuman ini sebagai simbol dari air mata yang bahagia.

Minuman dingin ini memiliki cita rasa yang sangat segar dan enak. Jika dilihat dari warna warni isi minuman tersebut sudah tentu sangat menggoda untuk ingin segera mencicipinya. Minuman ini berbahan dasar agar-agar dan penuh dengan warna. Isinya sendiri sangat beragam, mulai dari biji selasih, sirup, serutan es batu, serta blewah. Biji selasih biasanya digunakan untuk pelengkap. Biji selasih bermanfaat untuk kesehatan, diantaranya adalah dapat membantu mengurangi masalah pencernaan, menghilangkan rasa sakit, menurunkan demam dan lain-lain

3. Bir Pletok (Jakarta Selatan)

Masyarakat Betawi membuat minuman yang sewarna dengan bir yaitu berwarna merah kecokelatan namun tidak terdapat kandungan alkohol dan dinamakan dengan bir, sedangkan nama pletok diambil dari bunyi saat penyumbat kayu yang biasanya digunakan menutup botol anggur dicabut, terdengar suara pletok dan itulah asal mulanya masyarakat Betawi untuk memberi nama minumannya.

Hingga kini bir pletok menjadi minuman khas Betawi yang biasanya disajikan pada saat pesta-pesta seperti pernikahan atau khitanan. Bir pletok memang memiliki warna seperti campuran bir dan anggur, namun rasanya sama sekali tidak asam atau pahit, justru memiliki rasa yang manis dan juga tidak ada gigitan soda seperti saat bir biasa menyentuh lidah peminumnya, serta tentu saja minuman ini tidak memabukkan. Bir pletok membuat peminumnya merasa hangat, dikarenakan terbuat dari rempah-rempah seperti jahe, serai dan ada pula campuran daun pandan yang memberikan aroma wangi.Bir pletok biasa disajikan panas. Itu cocok untuk diminum pada malam hari, namun saat ini bir pletok modern juga dapat disajikan dingin sebagai penyegar di siang hari.

4. Es Brenebon (Provinsi Gorontalo)

Es brenebon disajikan sebagai hidangan pembuka atau kudapan yang nikmat saat dikonsumsi pada siang hari dapat membuat dahaga di tenggorokan hilang seketika, kacang tanah yang bewarna merah sebagai bahan utamanya, memiliki citarasa manis dan segar, menjadi lebih menarik saat disajikan bersama es serut. Selain es serut, bahan lain seperti, sirup, dan susu kental manis menjadi bahan tambahan yang membuat nuansa rasa es brenebon menjadi lebih lezat. Rasa manis dan sehatnya kacang merah berpadu di dalam sebuah mangkuk kecil yang menarik.

Sajian es yang tidak hanya rasanya yang lezat namun juga menyehatkan dikarenakan kacang merah mengandung vitamin B, kalsium, fosfor, zat besi, dan protein. Ini membuat kacang merah berkhasiat mencegah kolesterol, membantu proses pembekuan darah pada luka dan mencegah resiko diabetes.

5. Es Kelacin (Provinsi Sulawesi Barat)

Minuman segar Es Kelacin tidak jauh berbeda dengan sajian minuman dari kelapa lainnya, hanya saja yang memberikan perbedaan terhadap minuman ini adalah adanya tambahan bahan yang digunakan yaitu cincau hitam.

Penambahan bahan cincau hitam memberikan nilai lebih terhadap minuman es kelapa ini sehingga sangat mempengaruhi rasa terhadap minuman ini.

6. Es Nangka Selasih (Provinsi Kalimantan Selatan)

Es nangka selasih memiliki rasa yang lebih nikmat dikarenakan perpaduan antara rasa buah nangka dengan biji selasih. Minuman segar ini dapat disajikan sebagai minuman untuk berbuka puasa ataupun dapat dinikmati pada saat cuaca panas disiang hari.

Berbicara tentang es nangka selasih, memang sangat menggoda selera dan juga membuat menjadi lebih penasaran untuk menikmatinya, setelah mencobanya pasti akan merasa ketagihan akan kelezatan rasanya yang dapat menyegarkan tubuh.

7. Es Sekemu (Provinsi Banten)

Es Sekemu merupakan minuman unik yang hanya bisa dijumpai di daerah Banten saja. Minuman tersebut begitu segar terlebih jika diminum ketika siang hari ketika matahari sedang terik-teriknya.

Es Sekemu yang memiliki topping buah kelapa dan buah sawo ini hanya dapat dijumpai di daerah Banten dan sangat disayangkan, es yang begitu segar ini jarang sekali dijual, kalaupun ada penjualnya bisa dihitung dengan jari.

Minuman khas daerah Banten ini terdiri dari dua buah-buahan yang merupakan hasil perkebunan di daerah Banten, yaitu buah kelapa dan buah sawo. Buah kelapa banyak dijumpai dipesisir daerah Banten mulai dari ujung barat hingga ujung timur baik itu dibagian utara maupun bagian selatan Banten. Sedangkan untuk buah sawo bisa dijumpai didaerah yang lebih tinggi seperti misalnya daerah Pandeglang dan juga Lebak (Rangkasbitung).

8. Jus Pinang (Provinsi Jambi)

Buah Pinang sangat digemari dikarenakan terkenal dengan berbagai manfaat dalam mengobati berbagai macam penyakit antara lain penyakit kulit, melancarkan peredaran darah, ketahanan tubuh, masuk angin, diare, disentri dan cacingan, khususnya cacing pita. Manfaat lain dari buah pinang selain untuk pengobatan, juga dapat berperan dalam meningkatkan stamina seseorang.

Dikarenakan banyaknya manfaat dari buah pinang bagi kesehatan, maka buah pinang mulai diolah sebagai Jus yang pada umumnya pengolahannya dicampur dengan telor ayam atau bebek dan untuk memaksimalkan khasiat dari Jus Pinang ini dicampur juga dengan berbagai macam rempah .

9. Loloh Cemcem (Kabupaten Bangli)

Minuman yang berasal dari Kabupaten Bangli ini dapat dikategorikan sebagai minuman jamu, namun biasanya jamu memiliki rasa pahit jika dikonsumsi, tetapi  pada Loloh Cemcem rasa pahit tidak terlalu terasa.

Minuman ini lebih nikmat jika diminum dalam keadaan dingin yang dapat langsung memberikan sensasi rasa segar. Loloh Cemcem memiliki enam rasa yang unik dan sangat enak terasa di lidah. Loloh yang bahan utamanya dari daun cemcem atau disebut juga daun kloncing, tidak hanya untuk menghilangkan rasa dahaga, tetapi juga memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan dan dapat menurunkan tekanan darah. Loloh Cemcem memiliki rasa yang unik, yaitu rasa manis, asam, asin dan sedikit pahit serta beraroma tumbuhan.

10. Markisa Berastagi (Kabupaten Karo)

Memang paling nikmat mengkonsumsi minuman segar yang satu ini pada saat cuaca panas. Rasa asam-asam segar membuat sirup yang terbuat dari buah markisa ini semakin digemari, apalagi jika kita meyadari akan segudang manfaat dari buah markisa yang menjadi bahan dasar dari sirup ini.Sirup markisa asli pada umumnya benar-benar terbuat dari sari buah markisa asli yang memiliki rasa asam-asam manis dan gula murni tanpa menggunakan zat pewarna dan pemanis buatan sehingga tekstur yang sedikit kental serta warna oranye yang dihasilkannya tampak alami.

Buah Markisa mengandung antioksidan yang cukup tinggi, vitamin A, B dan C serta serat yang tinggi. Konon buah Markisa bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit stroke, menurunkan cholestrol dan bahkan melawan sel kanker serta sejumlah penyakit lainnya.