Liburan Sambil Menikmati Suasana Nyepi di Bali

Bila tahun baru masehi dirayakan penuh sukacita dengan musik gegap gempita dan keramaian, beda halnya dengan umat Hindu di Bali. Tahun Baru Hindu yang didasari atas kalender Saka dimulai dengan Nyepi, yaitu dengan berdiam diri di rumah, dan tidak melakukan aktivitas apapun.

Ini tahun ketiga saya merayakan Nyepi di Bali. Melihat suasana kehidupan masyarakat lokal menjelang persiapan perayaan Nyepi secara langsung. Mulai dari pembuatan ogoh-ogoh, persiapan upacara, hingga suasana lengang dan gelap gulita di seantero Bali.

Perayaan Nyepi tak hanya tentang gelap gulita saja. Namun, ada pula serangkaian upacara-upacara menarik yang bisa disaksikan sebelum maupun sesudah ‘Catur Barata Penyepian’. Sehingga menjadi satu daya tarik tersendiri akan budaya Bali. Tak sedikit pula wisatawan maupun lokal dan mancanegara yang memilih tinggal dan ingin menikmati suasana Nyepi tersebut.

Antusiasme masyarakat dan turis menyaksikan Ogoh-ogoh
Antusiasme masyarakat dan turis menyaksikan Ogoh-ogoh
Keramaian pengunjung di parade Ogoh-ogoh
Keramaian pengunjung di parade Ogoh-ogoh

 

Parade Ogoh-ogoh & Pentas Kesenian

Nah, salah satu daya tarik lain adalah parade Ogoh-ogoh. Umumnya, Ogoh-ogoh berukuran besar yang merepresentasikan roh jahat atau hal buruk di dunia. Ogoh-ogoh ini akan ditandu setidaknya belasan pria dewasa tergantung besarnya.

Ada pula ogoh-ogoh berukuran kecil yang ditandu oleh anak-anak. Ya, semua golongan masyarakat dan banjar yang berbeda-beda turut hadir memeriahkan parade ini. Beberapa ruas jalan sudah di blokade untuk memberi ruang. Baik warga lokal maupun turis yang sedang liburan di Bali pun tampak antusias menunggu hingga parade dimulai.

Setelah didoakan, ogoh-ogoh pun diarak menuju tempat yang telah ditentukan. Bisa berupa panggung atau di jalan raya saja. Selain itu, diakhir parade umumnya disajikan pementasan kesenian tentang budaya Bali.

Pentas Kesenian Hanoman
Pentas Kesenian Hanoman saat malam Nyepi di Bali (Photo by: virustraveling.com)
Pentas kesenian malam Nyepi di Bali
Pentas kesenian malam Nyepi di Bali (Photo by: virustraveling.com)

 

Nyepi di hotel, gimana rasanya?

Setelah dua tahun berturut-turut merayakan Nyepi di Ubud, kali ini saya memutuskan untuk merayakan Nyepi di Hotel saja. Penasaran seperti apa rasanya. Ada banyak hotel di Bali yang menawarkan Paket Nyepi selama sebulan sebelum Nyepi. Tak hanya turis, ternyata banyak juga warga lokal yang memilih menginap di hotel selama perayaan Nyepi berlangsung.

Saya menginap di The Crystal Hotel Resort di Nusa Dua, Bali. Lokasinya cukup strategis di Jl. By Pass Ngurah Rai, tak jauh dari pintu tol Nusa Dua. Selain itu, The Crystal Hotel ini berada persis di samping hutan bakau yang menjadi pemandangan saya setiap pagi saat menikmati sarapan pagi.

Kamar Deluxe King Pool View yang saya tempati cukup luas dan benar-benar nyaman. Ditambah terdapat balkon yang menghadap kolam renang. Tersedia pula bathtub di semua jenis kamar. Nah, buat yang keluarga, bisa memilih antara Family Loft atau Penthouse.

Hal yang perlu kamu ketahui sebelum menginap di hotel saat perayaan Nyepi di Bali:

  • Aktivitas

    Tak banyak sebenarnya aktivitas yang bisa kita lakukan selama Nyepi. Saat di rumah misalnya saya hanya berdiam di dalam kamar, bersantai, membaca buku atau istirahat total. Memang seperti itulah perayaan Nyepi Umat Hindu yang dirumuskan dalam ‘Catur Barata Penyepian’, yaitu Amati Geni (tidak menyalakan api), Amati Karya (tidak bekerja), Amati Lelungaan (tidak bepergian), dan Amati Lelanguan (tidak mencari hiburan).

    Namun untuk mengakomodir tamu-tamu yang berada di Bali selama perayaan Nyepi, pihak-pihak hotel umumnya menawarkan beberapa aktivitas, tentunya masih berada di kawasan hotel.

    Nah, beberapa aktivitas di hotel saat Nyepi bisa berupa menonton film bersama, Yoga, maupun aktivitas budaya seperti membuat kerajinan Bali, atau cooking class. Selain itu, tamu juga masih bisa menikmati fasilitas-fasilitas yang tersedia di hotel seperti pool atau gym.

  • Makan

    Umumnya paket-paket Nyepi di hotel sudah menyediakan makanan (breakfast, lunch & dinner) dengan waktu yang telah ditentukan. Saya bahkan dihubungi saat lupa sudah waktunya makan malam. Jam makan malam dibuat lebih awal dan sudah selesai pukul 7 malam. Sehingga pihak hotel dapat memiliki waktu mematikan semua lampu yang dapat terekspos dari luar.

  • Internet & TV

    Sejak tahun 2018, koneksi data internet dimatikan selama perayaan Nyepi mulai pukul 6 pagi hingga keesokan harinya. Jika di tempat tinggal saya di Ubud, jaringan komunikasi mati total. Tak begitu di hotel, kita masih bisa menikmati koneksi internet wifi yang sangat terbatas karena pada dasarnya hotel masih membutuhkan jaringan internet untuk operasionalnya.

 

Saat malam Nyepi di Bali

Salah satu momen terbaik menikmati Nyepi di Bali adalah saat malam hari. Kenapa begitu? Karena kamu bisa melihat suasana Bali yang gelap gulita, sepi dan sangat tenang. Mematikan lampu selama perayaan Nyepi merupakan suatu keharusan. Begitupun saat di hotel, tamu hanya diperkenankan menyalakan lampu secara minimal di dalam kamar saja dengan menutup gorden sehingga tidak terlihat keluar.

Jika cuaca bersahabat, cobalah menengadah ke langit malam karena kita bisa melihat bintang-bintang bertaburan atau bahkan milky way. Hal yang jarang yang kita temui di Bali saat hari biasa. Entahlah, begitu suasana yang saya alami saat turut merayakan Nyepi.

Milky Way ini penulis ambil saat merayakan Nyepi di Ubud.

Milky Way saat Nyepi di Bali
Milky Way saat malam Nyepi di Bali (Photo by: virustraveling.com)

***

Tips bila ingin liburan Nyepi di Bali:

  • Sebaiknya kamu sudah tiba di Bali H-2 sebelum Nyepi. Sehingga bisa melihat langsung upacara-upacara tersebut. Misalnya upacara Melasti yang umumnya dilakukan di tepi pantai. Selain itu, malam berikutnya ada pawai ogoh-ogoh oleh masyarakat lokal dengan pementasan kesenian budaya Bali.
  • Jalanan di Bali akan ramai dan macet di H-1 dan banyak jalan akan ditutup.
  • Pada saat perayaan Nyepi, semua fasilitas umum di Bali akan tutup, termasuk bandar udara Ngurah Rai.
  • Pastikan kamu sudah menyiapkan uang cash selama 2 malam, karena umumnya H-1 mesin atm sudah banyak yang tidak beroperasi.
  • Walau menginap di hotel, sebaiknya kamu juga menyiapkan makanan ringan atau cemilan.