Gunung Perawan Cycloops

Kata ‘Cycloops’ yang disematkan ternyata berasal dari bahasa Belanda “Cycoon Op” yang diterjemahkan berarti awan-awan kecil yang berada di puncak gunung.

Sering pula disebut dengan Cyclops, Siklop, Dobonsolo, atau Dafonsoro, pegunungan Cycloops adalah jajaran pegunungan yang membentang dari barat ke timur sejauh sekitar 36 kilometer. Pegunungan ini terletak di wilayah administratif Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. Cyclops memiliki beberapa puncak tertinggi, seperti Gunung Dafonsoro (1.580 Mdpl), Gunung Butefon, (1.450 Mdpl), dan Gunung Robhong (1.970 Mdpl).

Pegunungan Cycloops diresmikan sebagai cagar alam pada tahun 1978 dan dikukuhkan pada tahun 1987. Hingga tahun 2012, luas cagar alam Pegunungan Cycloops mencapai 31.479 hektar. Kawasan ini memiliki beberapa ekosistem yaitu hutan hujan dataran rendah, hutan pegunungan, hutan sekunder, dan padang rumput. 

Jika berkesempatan untuk bertandang ke Kabupaten Jayapura, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam nan asri dan relatif alami, salah satunya adalah pegunungan Cyclops yang membentengi Kabupaten dan Kota Jayapura, ketika mendarat di Bandara Sentani, Anda akan langsung mengenali jajaran pegunungan yang memisahkan Danau Sentani dan Samudera Pasifik ini.

Keseluruhan ekosistem tersebut merupakan ekosistem alami, karenanya ada berbagai macam flora dan fauna luar biasa yang bisa Anda temui di sini. Misalnya berbagai macam bunga Anggrek satwa liar khas Papua termasuk kuskus tutul hitam, kanguru pohon, burung mandar gunung, hingga ekidna, mamalia bertelur keempat spesiesnya merupakan hewan asli Papua dan Australia. 

Selain membentengi kawasan Jayapura, cagar alam Pegunungan Cycloops juga menjadi sumber air bersih bagi masyarakat sekitar. Pendakian termasuk jarang dilakukan di Pegunungan Cycloops, karena itu sangat disarankan untuk menggunakan pemandu bagi Anda yang berminat untuk mendaki, tapi aktivitas hiking di kaki gunung, tak boleh dilewatkan, Anda juga bisa melepas lelah di air terjun Cycloops dan wisata pemandian alam yang banyak terdapat di kaki pegunungan, Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan panorama dan sunset di Pegunungan Cycloops.