Gulai Ikan Durian Sajian Tempoyak Bengkulu

Bengkulu merupakan salah satu propinsi di Pulau Sumatera yang banyak memiliki tujuan pariwisata, pesona keindahan Bengkulu dari laut hingga pegunungannya begitu memukau, bahkan di propinsi ini memiliki keajaiban bunga bangkai yang telah tersohor hingga mancanegara. Setibanya kami di Bengkulu langsung menikmati tour keliling Kota Bengkulu, yang penuh dengan sejarah zaman penjajahan, dan kental budaya Melayunya.

tempoyak bengkulu

Saking asyiknya seharian keliling Bengkulu, ternyata sampai lupa sudah mendekati waktu makan, dan banyak usulan wajib makan tempoyak. Bagi yang yang berdomisili di wilayah Sumatera, dan para traveler yang pernah mengunjungi daerah di wiayah Sumatera sudah pasti tahu, bahkan pernah mencobanya. Tempoyak dikenal
sebagai makanan khas Melayu, dan tempoyak adalah hasil dari fermentasi daging buah durian, fermentasi biasanya dilakukan selama 3 sampai 4 hari, setelah melalui proses fermentasi barulah tempoyak dapat dinikmati. Tempoyak selain menjadi jajanan seperti dodol, ternyata bisa juga dimakan dengan nasi, dan biasanya tempoyak dijadikan kuah gulai, dengan isi lauknya adalah udang,ikan sungai, ikan laut serta sayuran rebung atau bambu muda. Hmmm.. kedengarannya gulai ikan durian khas olahan tempoyak Bengkulu bikin penasaran bukan?

tempoyak bengkulutempoyak bengkulu

Nah! Biar nggak penasaran, pas Anda sedang berada di Bengkulu, sempetin deh untuk mencoba resep turun temurun yang satu ini, dijamin menggoda aroma dan tentunya rasanya yang gurih. Tempoyak Bengkulu memang luar biasa!