Dataran Tinggi Terpopuler Indonesia

Dataran Tinggi Terpopuler Indonesia 2019


1. Suligi Hill, Rokan Hulu

Sebelum matahari menampakan sinarnya, keindahan hamparan awan nan indah bisa disaksikan, yang membuat wisatawan seakan berada di negeri diatas awan. Negeri di Atas Awan tersebut ada di puncak Bukit Suligi yang berlokasi di Desa Aliantan, Kecamatan Kabun, Kabupaten Rohul, Provinsi Riau.

Fenomena awan seperti samudera mengambang tersebut hanya bisa dinikmati terbatas, mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.30 WIB, sehingga pengunjung harus bermalam di puncak Bukit Suligi

Bahkan Pesona di puncak Suligi Hill ini, juga menyajikan panorama sunset dan sunrise, yang membuat pengunjung bisa menyaksikan mahakarya ciptaan sang kuasa. Setelah puas dengan keindahan negeri diatas awan, wisatawan akan disugukan dengan keindahan matahari terbit, tepat dihadapan wisatawan yang seolah olah bisa digapai oleh tangan.


2. Kawasan Wisata Baturaden, Banyumas

Wisata Baturaden merupakan tempat wisata yang berada di sebelah utara Kota Purwokerto atau tepatnya di lereng Gunung Slamet. Wisata Baturaden banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun luar negeri, tidak sedikit hotel dan vila indah berdiri di kawasan ini untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal di kawasan Baturaden, dengan hawa yang sejuk dan pemandangan yang indah membuat wisatawan betah untuk tinggal di setiap hotel maupun vila yang ada di sini. Jika masa kecil anda sering mendengar akan legenda Lutung Kasarung maka tempat inilah yang menjadi latar utama dari dongeng tersebut, dongeng Lutung Kasarung berkembang di masyarakat Baturaden, atas alasan inilah lengenda dan dongeng dari lutung kasarung tak luput dari Kawasan Wisata Baturaden. Baturaden sendiri berasal dari kata ‘Batur’ yang dalam bahasa Jawa berarti Pembantu, Teman, atau Bukit dan ‘Raden’ berarti Bangsawan.


3. Gunung Kerbau

Gunung Kerbau merupakan salah satu dari dua gunung yang ada di Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku. Selain karena merupakan ikon pariwisata Pulau Moa, Gunung Kerbau merupakan salah satu lokasi terbaik untuk menyaksikan langsung gerombolan kerbau yang berkeliaran bebas di padang rumput. Gunung Kerbau menjadi spesial karena penampakannya berbeda dengan gunung-gunung lainnya. Kalau biasanya gunung di Indonesia ditutupi tanaman rimbun, Gunung Kerbau hanya ditumbuhi rumput berukuran pendek sehingga tampak sedikit gundul. Efeknya, lekukan-lekukan gunung terlihat jelas dan tegas. Pemandangan ini membuat Gunung Kerbau tampak megah dari kejauhan. Ditambah, lokasinya yang berada di tengah-tengah padang sabana sehingga membuat gunung ini terlihat mencolok.

Dataran Tinggi Terpopuler Indonesia 2018

 


1. Sipinsur – Humbang Hasundutan

Taman Sipinsur berlokasi dekat Danau Toba , tepatnya di Kabupaten Humbang Hasundutan. Taman ini sudah menjadi lokasi wisata yang populer di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara (Sumut). Di lokasi ini, para pengunjung dapat melihat langsung pemandangan sekitar Danau Toba.

Taman Sipinsur ini berada di dataran tinggi Humbang Hasundutan , sehingga dapat melihat dari atas pemandangan Danau Toba dan sekitarnya. Taman Sipinsur berada pada ketinggian 1.213 di atas permukaan laut dan memiliki luas area sekitar 2 ha.

Dari Taman ini, pengunjung juga dapat melihat Pulau Sibandang dan Kota Muara.

 


2. Gunung Dempo

Gunung Dempo yang merupakan salah satu gunung yang ada di Sumatra Selatan. Gunung setinggi 3.195 mdpl ini sangat dikagumi masyarakat setempat dan mampu menarik perhatian para wisatawan. Gunung Dempo merupakan gunung tertinggi di Sumatera Selatan yang menjadi perbatasan provinsi Sumatera Selatan dengan Provinsi Bengkulu. Gunung ini menyimpan berbagai kekayaan alam yang melimpah dengan pemandangan yang luar biasa.

Puncak tertinggi di Sumatra Selatan ini termasuk gunung berapi aktif, sehingga jangan heran jika masih terlihat asap dan sedikit semburan lumpur yang mengarah ke dataran rendah. Perjalanan mendaki Gunung Dempo yang merupakan puncak tertinggi dari pegunungan Bukit Barisan ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Para wisatawan akan dibawa pada dua puncak tertinggi yang ada di Bukit Barisan, yaitu Gunung Dempo dan Gunung Marapi. Apabila sudah tiba di puncak pertama ini, wisatawan akan menuruni lembah yang terhampar di tengah kedua puncak gunung tersebut. Di lembah ini terdapat sumber mata air yang mengalir sangat jernih dan memiliki rasa yang sedikit asam, hal ini diperkirakan akibat rembesan belerang.


3. Dataran Tinggi Gayo

Dataran tinggi Gayo yang berada di Kota Takengon, merupakan salah satu kota tujuan wisata di Nanggroe Aceh Darussalam. Objek wisata alam yang terkenal di sana adalah Danau Laut Tawar yang konon dinamakan demikian karena danau ini luas seperti laut dengan rasa air yang tawar, yang merupakan kebanggaan masyarakat Takengon. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke Takengon untuk mengunjungi dan menginap di sekitar Danau Laut Tawar. Danau yang menyimpan banyak keindahan alam yang menawan, cerita asal usul, dan misteri ini, sangat layak untuk didatangi. Wisatawan dapat menyaksikan pula aktivitas harian masyarakat dataran tinggi Gayo di sekitar danau. Dari bercocoktanam, memancing, berkebun , berburu hama perkebunan. Danau terluas di Aceh ini mempunyai luas sekitar 5.472 hektar. Panjang sekitar 17 km dengan lebar sekitar 3,2 km.

Selain objek wisata Danau Laut Tawar, terdapat tempat wisata lainnya di Kota Takengon, antara lain Gua Puteri Pukes, Pantang Terong, pemandian air panas Wih Pesam, Bukit Terong (Puncak Khafi), Goa Loyang Koro, Pantai Menye, Pantai Ketibung dan Monumen Pacuan Kuda Tradisional yang para jokinya biasanya anak usia sekolah, mereka terlatih secara alami dan berani tanpa menggunakan pelana, hanya memakai kaus dan celana pendek berkuda dengan kencang.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa terdapat tiga air terjun indah yang terkenal di berbagai media sosial yang berlokasi di Dataran Tinggi Gayo, yaitu Air Terjun Reje Ilang yang berlokasi di Timang Gajah atau lebih dikenal dengan Simpang Digul, Air Terjun Tansaran Bidin di wilayah Bener Meriah, tepatnya di Desa Wonosari, Kecamatan Bandar dan Air Terjun Rerebe yang berlokasi di Kecamatan Tripa Jaya, Kabupaten Gayo Lues.

 

 

Related Posts