5 Wisata Olahraga dan Petualangan Paling Populer 2018

Paralayang Gunung Panteun; Destinasi kebanggaan masyarakat Majalengka ini menjadi Juara ke.1 AWisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler di Anugerah Pesona Indonesia 2018, Keindahan Gunung Panten tidaklah kalah dengan keunikan dan keindahan gunung-gunung yang ada di kabupaten lain, Gunung Panten, Desa Sidamukti, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat ini baru pertama kali diperkenalkan ke Dunia Wisata dengan dibukanya sarana dan prasarana olah raga Paralayang, namun tidak hanya sebagai sarana Paralayang, Gunung Panten juga menyuguhkan wisata sejarah yaitu makam/petilasan Prabu Siliwangi.

Dari gunung ini dapat terlihat dengan jelas pesona keindahan kota Majalengka, disaat berselimutkan kabut atau saat teriknya matahari dan saat yang terbaik untuk melihat pemadangan Kota Majalengka adalah sore hari pada saat musim kemarau. Objek wisata ini dirintis sejak tahun 2010. Dibukanya wisata  terutama Paralayang membuat sudah beberapa kali diselenggarakannya ajang kejuaraan nasional paralayang dan kejuaran nasional Gantolle di tempat ini. Upaya ini berdampak naik daunnya Gunung Panten sebagai sarana Paralayang di kalangan atlet nasional dan bahkan menarik minat atlet paralayang internasional.

Tidak hanya menikmati pesona Majalengka dari ketinggian, bagi yang bernyali bisa menikmati terbang tandem dengan paralayang, fasilitas terbang tandem disediakan bagi pengunjung yang ingin mencoba terbang di ketinggian dengan paralayang bersama operator paralayang yang sudah sangat berpengalaman.

Photo Mountain Bike-Bukit Sulap Kab.Libuk Linggau-by beritamencerahkan.blogspot.com

Mountain Bike Bukit Sulap; Sebagai destinasi yang sudah bertaraf Internasional di Kota Lubuk Linggau ini, Mountain Bike Bukit Sulap memperoleh Juara ke.2 dalam Anugerah Pesona Indonesia 2018 pada kategori Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler 2018.

Track di Bukit Sulap ini juga pernah menjadi tuan rumah untuk gelaran Pekan Olahraga Nasional tahun 2004 dan juga Kejuaraan MTB Asia. Track MTB di Bukit Sulap terletak di tengah kota dan hanya dibutuhkan waktu 10 menit bersepeda dari pusat kota untuk mencapai lokasi.

Pemerintah Kota Lubuklinggau telah membangun inclinator atau kereta berjalur miring sebagai fasilitas untuk membawa atlet dan sepedanya dari kaki bukit menuju gerbang start yang terletak di puncak bukit. Track downhill ini memiliki ukuran panjang 2,8 kilometer dengan straight line dan rock garden, sementara trek cross country memiliki panjang 4,3 kilometer.

Photo Panjat Tebing Bukit Kandis Bengkulu by pu0122093.blogspot.co.id

Panjat Tebing Bukit Kandis; Juara ke.3 Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler di Anugerah Pesona Indonesia 2018. Tebing Bukit Kandis yang terletak di Kabupaten Bengkulu Tengah ini merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang wajib dikunjungi, terutama bagi penggemar olahraga petualangan alam khususnya olahraga panjat tebing atau Rock Climbing. Posisi kemiringan Tebing yang hampir 90 derajat serta karakter batuannya yang keras memiliki tantangan tersendiri. Di lokasi Tebing Bukit Kandis ini banyak dijumpai para penggiat alam bebas dalam melakukan kegiatan latihan disini.

Tebing dengan struktur batu alam cadas disertai pemandangan indah di sekelilingnya ini terletak di Kabupaten Benteng yang berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari Ibukota provinsi Bengkulu atau setengah jam dari ibukota kabupaten dengan menggunakan kendaraan umum atau sepeda motor. Dari kejauhan tebing ini sekilas nampak seperti seekor singa yang sedang dudukdan terdapat hutan yang sangat hijau disekelilingnya

Rumpit Bike Park; Destinasi dari Kabupaten Banjarnegara ini berada di posisi ke.4 di gelaran Anugerah Pesona Indonesia 2018, Rumpit Bike Park Banjarnegara bisa menjadi salah satu pilihan bagi wisatawan yang ingin menikmati alam yang Indah sekaligus menguji adrenalin. Kawasan Wisata Rumpit Bike Park menyediakan track khsusus bagi pecinta sepeda gunung dengan jarak lebih kurang 5 Km yang menyusuri puncak perbukitan. Bagi komunitas pecinta sepeda gunung lokasi Bukit Rumpit sangat cocok dan memiliki tantangan tersendiri.

Dari puncak perbukitan Rumpit Bike Park juga memiliki pemandangan yang sangat indah, bebatuan dan rumah pohon dengan background alam yang indah dapat menjadi pilihan lokasi yang sangat baik untuk berswafoto atau hanya ingin sekedar bersantai untuk menikmati indahnya pemandangan dan jika sore hari para wisatawan akan disuguhi pemandangan sunset yang menawan dan memanjakan mata.

Photo Paralayang Modangan Kab.-Malang by sportorusim.id

Paralayang Modangan; di Kabupaten Malang masuk dalam 5 besar Anugerah Pesona Indonesia pada kategori  Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler di Anugerah Pesona Indonesia 2018.

Sarana dan prasarana olah raga Paralayang di Pantai Modangan ini sangat strategis dikarenakan landasan pacunya yang terletak di atas tebing dan berbatasan langsung dengan bibir Pantai Modangan, sehingga membuat para atlet paralayang memberikan julukan sebagai surganya paralayang, dikarenakan pantai dengan pasir putih sepanjang 1,06 kilometer tersebut bisa menjadi pendaratan yang nyaman bagi para atlet Paralayang, pesona birunya laut pantai selatan menjadi pemandangan yang memberikan kesan tersendiri dan ditambah lagi dengan pemandangan perbukitan hijau yang membentang, hutan yang masih perawan, sampai air terjun yang terlihat jelas dari atas, sehingga memang sangat tepat jika diberikan julukan sebagai surganya atlet paralayang.

Lokasi paralayang seperti Modangan merupakan satu-satunya di wilayah Jawa timur, dengan pemandangan laut pantai selatan dan pasir putihnya yang sangat luar biasa yang dapat menjadikan magnet tersendiri bagi wisata di Kabupaten Malang, khususnya wisata dirgantara.