5 Destinasi Dataran Tinggi Paling Populer Tahun 2018

Sipinsur – Kab. Humbang Hasundutan : Taman Sipinsur berlokasi dekat Danau Toba , tepatnya di Kabupaten Humbang Hasundutan. Taman ini sudah menjadi lokasi wisata yang populer di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara (Sumut). Di lokasi ini, para pengunjung dapat melihat langsung pemandangan sekitar Danau Toba.

Taman Sipinsur ini berada di dataran tinggi Humbang Hasundutan , sehingga dapat melihat dari atas pemandangan Danau Toba dan sekitarnya. Taman Sipinsur berada pada ketinggian 1.213 di atas permukaan laut dan memiliki luas area sekitar 2 ha. Dari Taman ini, pengunjung juga dapat melihat Pulau Sibandang dan Kota Muara.

Gunung Dempo palembang.tribunnews.com

Gunung Dempo  : Gunung Dempo yang merupakan salah satu gunung yang ada di Sumatra Selatan. Gunung setinggi 3.195 mdpl ini sangat dikagumi masyarakat setempat dan mampu menarik perhatian para wisatawan. Gunung Dempo merupakan gunung tertinggi di Sumatera Selatan yang menjadi perbatasan provinsi Sumatera Selatan dengan Provinsi Bengkulu. Gunung ini menyimpan berbagai kekayaan alam yang melimpah dengan pemandangan yang luar biasa.

Puncak tertinggi di Sumatra Selatan ini termasuk gunung berapi aktif, sehingga jangan heran jika masih terlihat asap dan sedikit semburan lumpur yang mengarah ke dataran rendah. Perjalanan mendaki Gunung Dempo yang merupakan puncak tertinggi dari pegunungan Bukit Barisan ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Para wisatawan akan dibawa pada dua puncak tertinggi yang ada di Bukit Barisan, yaitu Gunung Dempo dan Gunung Marapi. Apabila sudah tiba di puncak pertama ini, wisatawan akan menuruni lembah yang terhampar di tengah kedua puncak gunung tersebut. Di lembah ini terdapat sumber mata air yang mengalir sangat jernih dan memiliki rasa yang sedikit asam, hal ini diperkirakan akibat rembesan belerang. 

Dataran Tinggi Gayo : Dataran tinggi Gayo yang berada di Kota Takengon, merupakan salah satu kota tujuan wisata di Nanggroe Aceh Darussalam. Objek wisata alam yang terkenal di sana adalah Danau Laut Tawar yang konon dinamakan demikian karena danau ini luas seperti laut dengan rasa air yang tawar, yang merupakan kebanggaan masyarakat Takengon. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke Takengon untuk mengunjungi dan menginap di sekitar Danau Laut Tawar. Danau yang menyimpan banyak keindahan alam yang menawan, cerita asal usul, dan misteri ini, sangat layak untuk didatangi. Wisatawan dapat menyaksikan pula aktivitas harian masyarakat dataran tinggi Gayo di sekitar danau. Dari bercocoktanam, memancing, berkebun , berburu hama perkebunan. Danau terluas di Aceh ini mempunyai luas sekitar 5.472 hektar. Panjang sekitar 17 km dengan lebar sekitar 3,2 km.

Selain objek wisata Danau Laut Tawar, terdapat tempat wisata lainnya di Kota Takengon, antara lain Gua Puteri Pukes, Pantang Terong, pemandian air panas Wih Pesam, Bukit Terong (Puncak Khafi), Goa Loyang Koro, Pantai Menye, Pantai Ketibung dan Monumen Pacuan Kuda Tradisional yang para jokinya biasanya anak usia sekolah, mereka terlatih secara alami dan berani tanpa menggunakan pelana, hanya memakai kaus dan celana pendek berkuda dengan kencang.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa terdapat tiga air terjun indah yang terkenal di berbagai media sosial yang berlokasi di Dataran Tinggi Gayo, yaitu Air Terjun Reje Ilang yang berlokasi di Timang Gajah atau lebih dikenal dengan Simpang Digul, Air Terjun Tansaran Bidin di wilayah Bener Meriah, tepatnya di Desa Wonosari, Kecamatan Bandar dan Air Terjun Rerebe yang berlokasi di Kecamatan Tripa Jaya, Kabupaten Gayo Lues.

Gunung Mutis by Pete Ryan

Gunung Mutis : Kawasan Wisata Cagar Alam Gunung Mutis terletak di wilayah Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Bagi pecinta pariwisata pesona alam gunung, tak ada salahnya untuk mencoba menikmati keeksotisan dan keindahan paronama alam Gunung Mutis yang terkenal dengan cagar alam, hutan, binatang, gunung-gunung batu marmer dan ribuan bonsai raksasa berada. Selain memiliki aneka pepohonan tua, kawasan gunung mutis dihuni oleh beraneka fauna mulai dari rusa, biawak, ular, dan beragam burung berkicau.

Cagar alam gunung mutis merupakan tempat tinggal suku tertua di nusa tenggara timur yaitu suku dawan yang terletak di sebelah timur laut dari kota kupang tepatnya di kecamatan mollo utara, timor tengah selatan, nusa tenggara timur yang merupakan salah satu objek wisata alam di provinsi Nusa Tenggara Timur. Kawasan cagar alam ini dikenal dengan banyaknya gunung batu marmer yang oleh penduduk sekitar sering disebut faut kanaf yang berarti batu nama. Dibawah gunung batu marmer tersebut terdapat sumber-sumber mata air yang oleh masyarakat sekitar disebut oe kanaf yang berarti air dari batu.

Di Gunung mutis hujan turun setiap bulannya sepanjang tahun dan merupakan kawasan paling basah di wilayah nusa tenggara timur. Kawasan cagar alam ini para wisatawan dapat menikmati kesejukan udara dan juga pemandangan hijau yang menyejukkan mata. Disamping itu di cagar alam gunung mutis juga terdapat berbagai fauna yang semakin menghiasi keindahan cagar alam gunung mutis.

Lawang Park : Lawang Park adalah destinasi wisata berupa pegunungan berada di daerah Lawang, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Perjalanan dapat kita tempuh dari Kota Padang, menuju daerah Lawang sekitar 2 jam perjalanan.  Tepatnya berada di Jalan Raya Lawang Batu Basa, Nagari Lawang, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam Sumatra Barat. Jika menempuh dari Bukittinggi tidak begitu jauh sekitar 20 menit.

Akses jalan menuju Lawang Adventure Park sangat mulus dan mudah dijangkau. Selama perjalanan akan melewati jalan mendaki dengan pemandangan yang indah dan perkebunan tebu yang menjadi mata pencarian masyarakat setempat. Lawang Park merupakan spot terbaik untuk menikmati keindahan danau Maninjau karena Dari Taman ini kita disajikan pemandangan keindahan danau maninjau yang dapat dilihat secara penuh.

Terdapat pula spot-spot foto , seperti framing dari ranting kayu dan bambu yang disusun berupa gapura yang berlatarkan lembah dan Danau Maninjau. kemudian spot bendera yang berada di tebing bukit dengan alas bambu berpanorama  lembah dan Danau Maninjau. Maksimal boleh 4 orang yang berada disini.

Ketiga spot perahu yang terbuat dari bambu menghadap ke arah danau seakan mau pergi berlabuh. Pengunjung harus bergantian untuk bisa berswafotonya, maksimal 2 orang. Kemudian spot foto favorit di Lawang Adventure Park  ini berada di tempat take off Paralayang untuk melihat keindahan Danau Maninjau secara keseluruhan.