JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Duluan Celeng'an atau Piggy Bank

History
Typography

“Sebenarnya istilah Celengan itu berasal dari kata Celeng atau Babi, karena sejak jaman Kerajaan Majapahit (1293 – 1500) telah dibuat tempat menyimpan uang logam, yang terbuat dari tanah liat yang dibentuk hewan menyerupai babi, sehingga hingga kini tempat menabung itu disebut Celengan.”

Jauh sebelum era digital seperti sekarang ini, anak-anak pada zaman dahulu telah dikenalkan cara-cara menabung, hanya bukan menabung melalui Bank dengan kartu ATM, dan tidak dapat bertransaksi secara online atau mobile. Akan tetapi menabung di rumah melalui Celengan, Celengan benda yang terbuat dari tanah liat, dan biasanya sering kita jumpai berbentuk hewan seperti Ayam jago, Gajah, Katak ataupun Ikan.



Sebenarnya istilah Celengan itu berasal dari kata Celeng atau Babi, karena sejak jaman Kerajaan Majapahit (1293 – 1500) telah dibuat tempat menyimpan uang logam, yang terbuat dari tanah liat yang dibentuk hewan menyerupai babi, sehingga hingga kini tempat menabung itu disebut Celengan.

Bagaimana dengan istilah Piggy Bank yang dikenal di Inggris, Piggy yang berarti Babi, tentunya memiliki kesamaan arti dengan Celengan, sampai dengan saat ini belum ada informasi jelas dari pakar sejarah, tentang siapa yang memberikan istilah terlebih dahulu, Celengan atau Piggy Bank ?.
Sebagai perbandingan kita coba bandingkan dengan berdirinya Bank, berikut untuk Bank tertua dunia ada 3 bank yang tertua, yaitu; tahun 1472 Banca Monte dei Paschi, Siena, Italia; tahun 1590 Barenberg Bank, Hanburg, Jerman; dan tahun 1672 C Hoare & Co, Inggris.

Nah penasaran bukan, apakah Kerajaan Majapahit lebih dulu yang membuat Celengan?, jawabannya Anda bisa dapatkan dengan mengunjungi Meseum Nasional atau Museum lain di Indonesia yang memiliki koleksi peninggalan Kerajaan Majapahit, dan yang terpentingnya jangan tinggalkan budaya Menabung!

Location
Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110 / phone (021) 3868172
Daily open; 08.00–16.00

Getting there
Dengan angkutan umum  Busway turun halte monumen nasional/Monas.
Jika menggunakan KRL turun di stasiun Kota, connect Busway (Blok M-Kota) turun di Halte Monumen nasional/Monas.

Dan untuk jalur Transjakarta ke Monumen Nasional antara lain;
Ragunan- Monas / Kota - transit (Harmoni) - Blok M turun Monas / Harmoni - Pulo Gadung -turun monas