JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Bala Kuning dan Peninggalan Belanda di Sumbawa

History
Typography

Di Bala Kuning juga terdapat Al Qur’an ukuran besar tulisan tangan karya Muhammad Ibnu Abdullah Al Jawi yang dibuat pada sekitar tahun 1784. Bala Kuning berlokasi di Jl Dr Wahidin, Sumbawa Besar.

Bala Kuning (the Yellow House) merupakan rumah tempat tinggal keluarga Sultan Sumbawa (saat ini menjadi tempat tinggal keturunan Sultan Muhammad Kaharuddin atau Sultan Sumbawa). Sesuai dengan namanya, Bala Kuning yang dibangun sekitar tahun 1784 ini memiliki ornamen warna kuning. Di Bala Kuning, Anda dapat menjumpai berbagai benda pusaka Kesultanan Sumbawa, seperti mahkota, bodong, sarpedang, payung kamutar, tear (tombak /lembing), keris, pakaian kebesaran sultan dan aneka macam pusaka lainnya. Di Bala Kuning juga terdapat Al Qur’an ukuran besar tulisan tangan karya Muhammad Ibnu Abdullah Al Jawi yang dibuat pada sekitar tahun 1784. Bala Kuning berlokasi di Jl Dr Wahidin, Sumbawa Besar.

Tidak jauh dari Lokasi Bala Kuning, terdapat rumah peninggalan Belanda tahun 1932 yang disitu terdapat tulisan Sultane van Soembawa, bangunan ini menandakan bahwa saat penjajahan Belanda, Sumbawa Besar dijadikan markas dan kediaman tentara Belanda, bangunan megah dan unik tersebut saat ini dijadikan kantor pemerintahan dan rencananya akan dijadikan Kantor Gubernur Sumbawa.