JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Ikan Dewa Penjaga Sumber Keajaiban

History
Typography

Letak ketujuh mata air tersebut mengelilingi sebuah petilasan yang konon merupakan petilasan tempat Prabu Siliwangi beristirahat sekembalinya dari Perang Bubat. Petilasan itu berupa susunan batu seperti menhir dan dua patung harimau loreng, lambang kebesaran Raja Agung Padjadjaran

 

Jalan-jalan ke Kuningan tidak lengkap rasanya kalau belum mengunjungi objek wisata Ikan Dewa. Tempat pemandian ini menjadi salah satu objek wisata tertua di daerah Kuningan. Mandi bersama Ikan Dewa saat berada disini menjadi hal yang menarik dan unik untuk wisatawan.
Objek Wisata Cibulan yang terletak di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, kerap didatangi oleh orang-orang yang ingin menghabiskan akhir pekan bersama keluarga dan teman. Kolam yang dihuni oleh puluhan Ikan Kancra Bodas (Labeobarbus Dournesis), atau yang lebih sering disebut sebagai Ikan Dewa oleh masyarakat setempat.

Yang istimewa dari kolam pemandian ini adalah pengunjung dapat berenang bersama ikan-ikan tersebut karena ikan-ikan ini tergolong jinak. Selain itu, jika Anda tidak berenang dan hanya ingin memegang ikan ini saja, dapat menggunakan jasa pawang ikan di sana.
“Kami mencoba mengembangkan objek wisata ini menjadi yang terbaik di tahun 2015 nanti. Kami telah memberikan 1,1 milyar rupiah yang akan digunakan untuk pembangunan desa. Dan perlahan kami akan mencoba untuk membuat penginapan, agar tamu tidak perlu repot-repot mencari penginapan di sekitar Kuningan”, kata Direktur Objek Wisata Cibulan, H. M. Didi Sutardi. 

ikan dewa

Selain kolam dengan ikan dewanya, objek wisata Cibulan juga terkenal 7 sumber mata air keramat yang bernama Tujuh Sumur. Ketujuh sumber mata air ini terletak di sudut Barat permandian. Ketujuh mata air tersebut berbentuk kolam-kolam kecil yang masing-masing memiliki nama, yaitu Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan, dan Sumur Keselamatan. Konon, terdapat kepiting emas di dalam salah satu kolam tersebut. Bila sedang mujur, pengunjung yang bisa melihat kepiting itu permohonannya akan terkabulkan.

Letak ketujuh mata air tersebut mengelilingi sebuah petilasan yang konon merupakan petilasan tempat Prabu Siliwangi beristirahat sekembalinya dari Perang Bubat. Petilasan itu berupa susunan batu seperti menhir dan dua patung harimau loreng, lambang kebesaran Raja Agung Padjadjaran. Tujuh Sumur dan Petilasan Prabu Siliwangi ini akan ramai dikunjungi orang untuk berziarah pada malam Jumat Kliwon atau selama bulan Maulud dalam penanggalan Hijriah, dan masyarakat percaya bahwa air dari Tujuh Sumur tersebut dapat membawa berkah.

Need to Know
Saat ini sangat mudah akses ke Kabupaten Kuningan, dengan adanya Tol Cikapali dari Jakarta relatif lebih cepat, yaitu sekitar 2:00 – 2:30 jam perjalanan (lancar/tidak macet), dan jika menggunakan Kereta Api tetap transit di Cirebon, setelah itu dilanjutkan dengan travel/angkutan umum yang ada di area stasiun Cirebon.