JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Top Stories

Grid List

Pancasila yang telah menjadi Dasar Negara Indonesia, Ende merupakan tempat Bung.Karno memperoleh kesempatan untuk menyempurnakannya segala gagasan dan pemikirannya untuk memerdekakan Indonesia.

“Perjuangan seperti apa yang bisa dilakukan Dalam keadaan terkucil seperti ini.Sulit rasanya menemukan lawan bicara di sini (Ende)” Dialog Baim Wong kala memerankan tokoh Soekarno dalam film Ketika Bung di Ende

Cerita mengenai Manusia Goa dan Tabot yang melegenda, Tabot yaitu Penyu Belimbing yang di percaya menjadi hewan asli kepulauan Kei, dan kini sebagai satwa langka yang dilindungi, karena terancam kepunahannya.

Jika mendengar kata Benteng pasti yang teringat dipikiran kita adalah sebuah bangunan yang berfungsi sebagai pertahanan garis depan untuk menahan serangan musuh pada sebuah pertempuran, tetapi agak berbeda halnya dengan Benteng yang satu ini.

Meski dijaman yang sudah modern seperti saat ini , sudah banyak berdiri pusat perbelanjaan megah yang memiliki berbagai fasilitas, namun masih ada salah satu pasar yang sudah berdiri dari jaman Belanda di Palembang ini masih tetap eksis sampai sekarang.

Apa yang terlintas dibenak kita ketika mendengan atau sedang jalan-jalan ke Lamongan? Apakah karena soto nya yang terkenal akan kelezatannya? Mungkin tak ada salahnya kita mengunjungi Museum Edukasi yang satu ini.

Ternyata Pulau Sumbawa telah di diami oleh manusia jauh sebelum sejarah Kerajaan Sumbawa dan Jaman Penjajahan, pada tahun 1971 telah ditemukan situs peninggalan purbakala oleh Balai Arkeologi Denpasar, yang ditemukan adalah sejumlah Sarkofagus atau kuburan batu manusia Purba pada Zaman Megalitikum.

Banyak dari kita mungkin telah sedikit lupa peristiwa-peristiwa sejarah, terutama sejarah mengenai Trikora, Trikora adalah singkatan darai Tri Komando Rakyat atau tiga perintah umum Bung Karno kepada TNI saat itu, yang tujuannya adalah untuk mencegah wilayah Barat Pulau Papua jatuh ketangan penjajah Belanda.

Jalan-jalan ke Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, seakan tidak lengkap apabila tidak menyempatkan diri untuk mengunjungi sebuah rumah yang mempunyai nilai sejarah tinggi disini. Gedung Perundingan Linggarjati merupakan salah satu bangunan bersejarah di Indonesia yang berlokasi di DesaLinggajati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan. Dimana letak gedung ini tepat di kaki Gunung Ciremai bagian tenggara, kearah Utara dari kota kuningan atau kearah selatan dari kota Cirebon.

” Dari sekian banyak peninggalan Sejarah Perang yang ada di Indonesia, ada satu benteng yang sangat menarik dan patut Anda kunjungi, menarik karena view keindahan alam dapat dilihat dari atas bangunan benteng, arsitek benteng yang menarik seperti benteng di Malaka di Malaysia, dan yang lebih menarik lagi  ternyata benteng tersebut adalah Benteng Terkuat Tentara Inggris.”

Kami yakin semua orang Indonesia tahu apa itu Rengas Dengklok, tapi kami yakin pula bahwa tidak banyak diantara kita yang pernah mengunjungi tempat Bersejarah tersebut, Rengas Dengklok – Kerawang yaitu lokasi bersejarah tempat para pejuang-pejuang muda menculik atau membawa Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Moh. Hatta, untuk segera merumuskan naskah Proklamasi dan memproklamasikan Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Sebenarnya istilah Celengan itu berasal dari kata Celeng atau Babi, karena sejak jaman Kerajaan Majapahit (1293 – 1500) telah dibuat tempat menyimpan uang logam, yang terbuat dari tanah liat yang dibentuk hewan menyerupai babi, sehingga hingga kini tempat menabung itu disebut Celengan.”

“Alhasil atas izin Allah SWT wabah penyakit Menjangan Wulung pergi dan terpental, bersamaan dengan meledaknya kubah masjid yang terpental hingga ke Kubah Masjid Agung Banten, dan Menjangan Wulungpun terpental sampai ke Indramayu menjelma menjadi labu hitam, makanya adanya larangan memakan labu hitam”

Biak adalah pulau kecil yang terletak di Teluk Cendrawasih Provinsi Papua, Indonesiadan berseberangan langsung dengan Samudera Pasifik. Letaknya yang strategis menjadikan Kabupaten Biak Numfor dapat mudah berhubungan dengan negara di kawasan Pasifik, seperti Australia atau Filipina.

Bagi Anda yang gemar berwisata budaya dan sejarah, Museum Nasional bisa menjadi alternatif pilihamu di hari libur. Museum Nasional yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat ini lebih dikenal sebagai Museum Gajah karena di halaman depannya terdapat patung gajah kecil yang terlihat sangat mencolok.

Rasanya judul diatas tidak terlalu berlebihan, ketika Anda berada di hari yang tepat, jam yang tepat dan di tempat yang telah jadi saksi cerita-cerita sejarah kelam masa lalu, ya.. dimana lagi kalau bukan di Lawang Sewu.

Selain cerita Lawang Sewu di jaman penjajahan, ternyata jauh sebelum itu pada era kerajaan Dinasti Ming (tahun 1368-1643), seorang Tokoh besar asal Tiongkok negeri China telah singgah di Semarang, Tokoh yang sangat berpengaruh terhadap penyebaran Agama Islam di Nusantara, dia adalah seorang pemimpin Armada Laut besar yang bernama Laksamana Cheng Ho atau Admiral Zheng He Zhuan, atau lebih dikenal dengan nama Sam Poo Kong atau juga Pompu Awang.

Setibanya di kota Ende kami langsung berkeliling kota melihat kota yang tenang dan tidak begitu padat, tampak dibeberapa sudut kota terdapat tulisan Pancasila, Soekarno seperti dibundaran depan Bandar Udara H.Hasan Aroeboesman terdapat Monumen Pancasila sepintas terlihat Nasionalisme warga Ende terhadap Republik ini sangat tinggi.

Istana Tua Dalam Loka (the Old Palace) yang telah didirikan sejak tahun 1885.M pada masa pemerintahan Sultan Muhammad Jalaluddin Syah III, merupakan istana kerajaan yang terbuat dari Kayu Jati lokal Sumbawa dan tercatat sebagai rumah panggung terbesar di Dunia.

Alor yang terletak di ujung timur kepulauan Nusa Tenggara, pulau yang sebelah utaranya berbatasan dengan laut Flores dan Laut Banda, sedangkan di selatan dengan Selat Ombai dan Selat Pantar di sebelah Barat. Disamping itu Pulau Alor adalah satu dari 92 pulau terluar Indonesia karena berbatasan langsung dengan Timor Leste di sebelah selatan.

Pancasila yang telah menjadi Dasar Negara Indonesia, Ende merupakan tempat Bung.Karno memperoleh kesempatan untuk menyempurnakannya segala gagasan dan pemikirannya untuk memerdekakan Indonesia.

Terbentuknya sebuah daerah atau kota tidaklah lepas dari sejarah. Begitu pula halnya seperti Kota Dumai yang memiliki sejarah panjang dari masa kerajaan dahulu. Budaya Melayu serta suku Minangkabau yang sangat dominan di Dumai tentunya berasal dari pemerintahan dan kerajaan sebelumnya.

sejarah Kuningan pasti tidak akan selesai dalam satu malam, rupanya banyak cetita-cerita sejarah tentang Kuningan itu melalui berbagai zaman yaitu dari Zaman Prasejarah atau masa Purbakala, masa kerajaan dan penyebaran Agama sampai dengan Pengukuhan Wilayah Kedaulatan RI (Republik Indonesia) oleh Belanda melalui Perundingan LinggarJati.

Tidak disangka keberadaannya, ternyata Kabupaten Kuningan yang elok, asri dan penuh dengan spot wisata menarik juga menyimpan sebuah cerita dari zaman purbakala.  Lintasan kehidupan manusia prasejarah di zaman megalitikum bias kita kunjungi sebagai tempat wisata menarik serta bahan edukasi yang mendidik.

Di Bala Kuning juga terdapat Al Qur’an ukuran besar tulisan tangan karya Muhammad Ibnu Abdullah Al Jawi yang dibuat pada sekitar tahun 1784. Bala Kuning berlokasi di Jl Dr Wahidin, Sumbawa Besar.

Monumen ini dibangun sebagai tempat pertemuan antara pimpinan-pimpinan ekspedisi pasukan Komando TRIPS dan pimpinan-pimpinan kelaskaran yang ada di Sulawesi Selatan

Gaya Romawi terlihat dari bangunan 25 pilar berdiri setengah lingkaran dipelataran masjid. Pilar – pilar bergaya koloseum Athena di Romawi dihiasi kaligrafi – kaligrafi indah ciri khas budaya Islami yang menyimbolkan 25 Nabi dan Rosul.

Letak ketujuh mata air tersebut mengelilingi sebuah petilasan yang konon merupakan petilasan tempat Prabu Siliwangi beristirahat sekembalinya dari Perang Bubat. Petilasan itu berupa susunan batu seperti menhir dan dua patung harimau loreng, lambang kebesaran Raja Agung Padjadjaran

 

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.