JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Sungai Batang Hari Nan Elok

Leisure
Typography

Sungai Batang Hari merupakan sungai terpanjang yang ada di Sumatera. Sebenarnya sebagian sungai ini juga mengaliri propinsi Sumatera barat, akan tetapi 70 persennya mengalir di propinsi Jambi. Sungai Batang Hari memiliki panjang mencapai 800 kilometer dan menjadi sungai kebanggaan dari masyarakat Jambi.

Jika anda ingin menemukan Sungai Batang Hari maka anda tidak akan menemukan kesulitan. Hal ini disebabkan karena sungai ini mengalir di hampir setiap Kabupaten yang ada di propinsi Jambi.

Sungai Batang Hari sangat memegang peranan vital bagi masyarakat Jambi dan juga memiliki andil besar dalam perkembangan Kerajaan Melayu yang pernah jaya dimasanya. Dalam catatan sejarah, sungai batang Hari menjadi pusat jalur perdagangan penting kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Dharmasraya.

Jika kita ingin mengetahui apa saja pesona yang terkandung dalam Sungai batang Hari, maka kita akan dapati bahwa sungai ini memiliki potensi wisata yang sangat besar.  Pada Sungai Batang Hari terdapat spot yang sangat menarik, yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Sungai Hilir adalah salah satunya. Sungai ini dapat digunakan untuk olah raga air karena memiliki arus air yang cukup menantang.

Tak hanya sebatas sungai Hilir, Jembatan Pedestrian yang baru diresmikan pada tahun 2015 juga menjadi spot yang banyak dikunjungi para wisatawan. Disini para wisatawan dapat menikmati hamparan panjangnya Sungai Batang Hari, serta Menara Gentala Arasy yang memiliki jam gadang Jambi serta museum Mini Islam melayu yang berada di bawahnya.

Di sepanjan bantaran Sungai Batang Hari pun kini disulap menjadi tempat nongkrong dan cafe yang menawarkan pemandangan Sungai Batang Hari sebagai nilai jual utama.

Jika anda ingin mencoba suasana yang berbeda, anda dapat menyusuri sungai dengan meyewa perahu-perahu motor yang dimiliki warga sekitar Sungai Batang Hari. Anda akan dibawa ke beberapa tempat terbaik, dengan pemandangan sungai Batang Hari yang mempesona. Anda tidak perlu kuatir mengenai harga sewanya. Anda bisa bernegosiasi langsung dengan pemilik perahunya.

Sungai Batang Hari dipercaya merupakan Lumbung harta karun dari abad ke-7 masehi hingga perang dunia. Konon masih tersimpan harta karun di dasar sungai terpanjang sumatera ini. Hal ini diperkuat oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala setempat yang menyatakan bahwa sungai inisedikitnya memiliki 100 titik harta karun yang merupakan peninggalan Kerajaan Melayu Jambi hingga Cina.

Bahkan beberapa waktu lalu warga ada yang melaporkan menemukan pecahan piring yang dipercaya merupakan peninggalan Dinasti Ming. Peristiwa tersebut seolah mengukuhkan sebutan Sungai Batang Hari sebagai “Swarnadwipa”  yang dalam bahasa sansekerta mengandung arti Pulau Emas untuk Pulau Sumatera.

Kini sungai Batang Hari juga menjadi tempat penambangan emas  ilegal yang banyak ditemukan di bebarapa titik. Hal ini patut disayangkan karena dapat menimbulkan pendangkalan dan juga kerusakan pada air sungai akibat dicemari oleh mercuri.

Semoga pemerintah setempat dapat merespon penambangan ilegal ini sehingga keindahan sungai batang Hari tetap bisa dinikmati bagi para wisatawan yang berkunjung.