JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Pulau Kumala, Tujuan Wisata Baru Terpopuler Kutai Kartanegara

Leisure
Typography

Pulau Kumala terletak di tengah Sungai Mahakam yang merupakan daerah Delta yang memanjang di sebelah Barat Kota Tenggarong.Dengan luas 80 ha, Pulau ini didesain menjadi Taman Wisata Rekreasi yang ditata rapi dengan perpaduan arsitektur berteknologi modern dan budaya tradisional. Terdapat patung besar Lembusuana di bagian ujung Pulau, yang menjadi Icon Pulau ini dan mudah terlihat dari pinggir Sungai Mahakam.

 

Sejak Jembatan pedestrian “Repo Repo” (artinya Gembok) dibuka, kunjungan ke Pulau Kumala meningkat tajam. Sejak diresmikannya Jembatan Repo Repo pada tanggal 22 Maret 2016, jumlah kunjungan sampai dengan Desember 2016 tercatat sebesar 377.597 jiwa. Kunjungan wisata ini merupakan angka tertinggi kunjungan di daya tarik wisata yang ada di Kutai Kartanegara pada tahun 2016.



Tingginya angka kunjungan ini berdampak pada peningkatan ekonomi rakyat dimana saat ini di Pulau Kumala terdapat lebih kurang 110 penyedia jasa dari masyarakat Kutai Kartanegara yang menyediakan jasa makan minum dan jasa berbagai permainan seperti sepeda termasuk sepeda dengan tandem satu dan dua, sepeda listrik, mobil sepeda kayuh, segway, dan permainan untuk anak lainnya. Adapun pendapatan asli daerah yang diterima dari retribusi masuk dan pajak usaha di Pulau Kumala pada tahun 2016 mencapai 2,3 Milyar.

Di pulau ini pengunjung juga dapat menikmati tempat rekreasi keluarga maupun wahana permainan untuk keluarga dan anak-anak, seperti trampolin, merry grounds, go karts, cottage berikut kolam renang, danau dan taman naga.Juga terdapat tiga buah rumah adat Lamin Panjang dan Pura Pasak Pulau yang menandai titik tengah pulau di kawasan Zona Budaya yang kini menjadi Dayak Experience Center (DEC).



DEC ini sekaligus menjadi Pusat Informasi budaya Dayak di Kutai Kartanegara yang mengetengahkan berbagai benda budaya masayarakat Dayak di Kutai Kartanegara mulai dari pakaian adat, alat msuik tradisional, alat tenun tradisional, kerajinan khas Dayak, dan perlengkapan berburu dan berperang. DEC ini ditata sedemikian rupa secara artistik bekerjasama dengan Yayasan Total E& P untuk menjadi paviliun budaya yang menjadi salah satu ikon atraksi wisata di Pulau Kumala. Terdapat angkutan wisata untuk mengelilingi pulau Kumala ini.Pengunjung juga dapat bersepeda santai mengitari pulau ini.

Selain menggunakan jembatan Repo-Repo, pengunjung dapat menggunakan Angkutan Air berupa longboat yang disediakan oleh Pengelola Pulau Kumala selama sekitar 10 menit atau dengan perahu motor (ces) milik masyarakat melalui pelabuhan ces.



Pembangunan Taman Wisata Pulau Kumala dilakukan secara bertahap dan akan terus berkembang dengan menggandeng pihak investor untuk pengembangan beberapa zona di dalamnya, diantaranya adalah zona taman satwa (mini zoo), zona wisata tirta (water park), zona kuliner (Kumala Food Court) serta taman-taman kreatif lainnya untuk tempat bersantai.

Dukung  Pulau Kumala – Kabupaten Kutai Kartenegara
Dengan cara;  Vote melalui web http://anugerahpesonaindonesia.com
Atau SMS ketik : API 7H dan kirim ke nomor  99386


Sumber Artikel dan foto Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara – 2017