JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Pesona Surga Tersembunyi Kei Island

Leisure
Typography

Sejauh Mata memandang, hamparan pasir yang luas terbentang.Ombak yang menari-nari dengan indahnya.Kicau Burung beriringan dengan suaraaa biru lauuutan.Pepohonan Hijau Terbentang di depan mata.Ohhh.Betapa indahnya negeriku.


I love Indonesia.
Kepulauan Kei?? Apa itu?? Dimana itu??Apa menariknya?? Apa bagusnya? Nama itu sedikit terdengar asing di telingga kita, padahal kepulauan kei adalah salah satu surga tersembunyi di kepulauan Indonesia yang luas ini, bahkan keindahan pulau kei sudah tidak diragukan lagi, keindahan pulau kei tidak kalah dengan berbagai macam keindahan obyek wisata alam dunia yang lain.

Ayoo, kita kenal lebih jauh sekilas tentang kepulauan Kei dan Supaya kita semakin bangga menjadi warga Negara indonesia yang memiliki beraneka ragam keindahan alam.

Kepulauan kei adalah salah satu kepulauan yang ada di kabupaten Maluku tenggara, provinsi Maluku.Letaknya memang jauh dan diujung timur Indonesia tetapi rasanya jarak yang jauh sebanding dengan indahnya kepulauan kei. Untuk menuju ke kepulauan kei kita memerlukan pesawat yang memiliki jalur menuju bandara pattimurra ( ambon), travelers tidak perlu khawatir karena sekarang banyak kota di Indonesia yang sudah ada penerbangan menuju bandar pattimura ( ambon).

Dari Bandara pattimura kita lanjut menuju Bandara Dumatubun (Langgur), setalah sampai dari Bandara dumatubun baru kita naik kendaraan darat ke desa debut, setelah dari desa debut kita bisa sewa atau naik kapal motor ke warbal.

Sekilas perjalanan menuju kepulauan kei terkesan ribet, tapi travelers jangan khawatir karena sepanjang perjalanan kita akan dimanjakan dengan berbagai-macam keindahan kabupaten Maluku tenggara.Dan rasa capek kita akan langsung hilang begitu kita sampai di kepulauan kei, kepulauan kei memiliki pantai-pantai yang cantik dan pemandangan laut yang masih sangat biru, dan berbagai macam atraksi wisata yang ada disana.

Yuk kita menjelajah Pulau KEI…..

Kei Kecil, kei Besar ,dan pantai NgurBloat
Pulau Kei terbagi menjadi dua wilayah yaitu kei kecil dan kei besar,,, setiap kepulauan kei memiliki keindahan alam yang masih asri. Pulau kei besar atau Nuhu Yuut atau Nusteen terkenal dengan keindahan berbagai macam pohon tropis dan sekeliling kita memandang kita akan melihat keindahan bukit yang masih sangat hijau sedangkan kepulauan kei kecil dikelilingi dengan pantai-pantai yang memiliki pasir putih dan pantai yang masih biru, bahkan menurut penulis muller kepulauan kei memiliki pasir yang selembut tepung, bahkan di salah satu pantai di kepulauan kei yaitu pantai ngurbloat telah dianugerahi orang para turis asing sebagai pantai yang memiliki pasir terlembut di wilayah asia, dan bentangan pasirnya mencapai 3.000M setara dengan 3KM, bagi yang suka berjalan-jalan di pinggir pantai sangat pas berjalan-jalan di kepulauan ngurbloat karena pasirnya sangat lembut, dan yang suka berjemur di pantai di pantai ngurbloat ini tempat yang sangat pas, suasana panas yang tidak menyengat, suasana yang sejuk, dikelilingi pohon tropis dan suasana pantai yang tenang ditambah dengan suara ombak pantai rasanya seluruh pikiran dan badan kita menjadi fresh.

Pantai Oheidartawu pantai dengan khas dinding Lukisan
Kepulauan Kei juga memiliki pantai yang sangat dangkal sehingga kalau surut para travelers bisa meilhat hamparan pasir putih yang alami nama pantainya Ohoidertawu, pantai ini memliki obyek wisata dinding batu , menuju wisata dinding batu ini kita bisa mengunakan perahu kecil dinding-dinding batu di permukaan pantai ohoidertawu ini memiliki gambar-gambar dengan symbol warna merah. Gambar-gambar ini yang menjadi daya tarik para wisatawan.Travelers juga bisa mencari kerang di kepulauan oheidartawu ini karena disini berbagai macam kerang cantik dapat dijumpai di sepanjang pantai menjelang pantai surut.

 Pantai Gosong ( Ngurtafur) Sejuta pesona pulau pembelah lautan
Indah sekali bukan kepulaun kei, masih ada lagi wisata kepulauan kei yang tak kalah menarik yaitu pantai gosong atau yang disebut oleh penduduk lokal dengan nama pantai Ngurtafur. Pantai ngurtafur ini merupakan dataran pasir yang timbul dan memanjang, dan uniknya dataran pasir ini membelah laut sepanjang 2,5KM dari kepulauan waha yang merupakan daratan utamanya.Di kiri-kanan dataran ini terhampar perairan dangkal yang dipenuhi rumput laut.
Pantai ini memiliki pasir yang sangat halus sehingga menjadi keunikan tersendiri, keunikan lain dari pantai ini menjadi tempat transmigrasi si burung berparuh kuning yang lucu yang kita kenal dengan nama burung pelikan , tahukah kalian bahwa si burung pelikan ini migrasi dari Australia, dan papua nugini.wah burung pelikan aja juga tertarik dengan wisata pantai ngurthafur padahal tempat tinggal mereka jauh di papua nugini dan Australia sobat. Gak kebayang kan mereka terbang berapa KM dari Australia dan papua nugini menuju pantai ngurthafur. Kita jangan mau kalah dong dengan burung pelikan ini mari kita juga sempatkan waktu dan kumpulkan budget buat singah ke kepulauan kei. Selain Oops lupa satu lagi keunikan keunikan kepulauan ngurtafur ini adalah adanya penangkaran penyu belimbing yang dilindungi, dan penangkaran ini dikelola dan diawasi oleh WWF salah satu organisasi pelestarian dan pelindungan hewan.

Bukit masbait Perpaduan unik antara wisata religi dan Wisata Alam
Kepulauan Kei juga memiliki wisata religi yaitu bukit masbait. Bukit masbait adalah bukit tertinggi di pulau kei kecil yang berada di Desa Kelanit..oli Di kepulauan ini menjadi tempat religi bagi umat kat k dengan patung Kristus Raja yang dapat berputar. Tahukah travelers bahwa patung yesus yang disini tidak kalah indah dan megahnya dengan patung yesus di rio de jenairo. Jadi buat apa kita jauh-jauh ke rio de jenairo kalau di tanah air tercinta ini ada patung yang serupa. Hitung-hitung hemat biaya
Patung yesus yang berdiri diatas globe yang menandakan bahwa Yesus Kristus akan melindungi dan memberkati umatnya yang berada di kepulauan ini. Dengan puncaknya yang lebih tinggi dari yang lainnya, anda dapat melihat panorama Kota Tual dan Kaupatenb. Maluku Tenggara.
atraksi alam berupa matahari terbit dan terbenam yang sangat indah dapat dinikmati dari puncak bukit ini. Sehingga wilayah ini menjadi perpaduan antara wisata alamn dan wisata religi. Sangat membuat sensasi tersendiri beribadah sekaligus berwisata

Gua Hawang
Gua Hawang teletak di Desa Letvuan ini merupakan sebuah kolam air tawar yang dalam yang sangat indah dengan pantulan sinar matahari.kolam di Gua Hawang terhubung dengan mata air Evu melalui sungai bawah tanah. Gua Hawang terdiri dari dua liang yang dihubungkan oleh sungai bawah tanah diving di sini kamu akan dapat menembus ke dua gua tersebut melalui sungai bawah tanah tadi. Wah sunguh menarik bukan pengalaman diving menembus gua yang terekspos langsung dengan pantulan sinar matahari.

Desa Banda Eli Perpaduan antara pesona wisata, Sejarah dan Budaya Kepulauan Kei juga memiliki wisata budaya dan sejarah yang tidak kalah menarik dengan wisata alamnya, yaitu desa banda ELI Lokasinya di Pulau Kei Besar, langsung menghadap Laut Arafura. Untuk ke sana, ada perahu penyeberangan dari dermaga rakyat di Langgur. Waktu tempuhnya 4 jam. Desa banda eli ini dikenal sebagai desa cikal-bakal adat istiadat orang KEI terdahulu berasal dari Banda Neira yang meninggalkan tanah kelahiran mereka saat VOC, yang berada di bawah kepemimpinan Jan Pieterszoon Coen, menjarah rempah-rempah pulau itu pada tahun 1620-an.penduduk lokal masih menggunakan bahasa neira, disini para wisatawan bisa dimanjakan oleh tarian khas daerah naira dan seni music khas naira, warga desa naira ini juga mampu membuat kerajinan dari perak, besi dan tembikar. Tak hanya terkenal dengan budaya dan sejarah desa banda Eli memiliki Panorama Pantai yang dinamakan pantai Haar di dekat situ juga tak kalah dengan pantai-pantai di Kei Kecil.

Pulau Bair Funtastic.
Letaknya kurang lebih 1 jam perjalanan ke arah utara dari pelabuhan Dullah di Kei Kecil.
Pemandangan di Pulau Bair ini sangat memanjakan mata dijamin patsi travelers gak pernah bosan. Denganpantai laguna yang jernih beralaskan pasir dan ikan serta terumbu karang yang masih sehat.Aktivitas berenang, piknik dan snorkeling bisa dilakukan di sini. Selain menjelajahi sekeliling pulau , travelers bisa masuk di antara celah tebing karang yang sangat eksotik. Destinasi antara menuju Pulau Bair, kita juga akan melewati Pulau Adranan yang mempunyai pasir putih yang menawan dengan air laut yang jernih menyelimuti terumbu karang dan ikan yang menghampiri saat kamu snorkeling.

PulauNgav,Erdanngodan
Pengen lihat hiu sirip hitam ? disini tempatnya yang pas di pulau ngav er dan ngodan bila travelers beruntung bisa melihat ikan hiu sirip hitam di pinggir pantai. Bagi travelers yang suka shoping disini tempatnya. Ketiga pulau ini terkenal dengan island shopping. Bukan hanya island shopping saja tapi disini juga ada atraksi . spot-spot snorkeling dengan terumbu karang menjadi daya tarik utama ketiga pulau ini

Wisata Kuliner Time
Wah dari tadi kita berwisata alam dan keasikan membahas pesona wisata alam kepulaun kei yang tiada habisnya sekarang waktunya kita membahas wisata kuliner. Wisata tak lengkap jika kita tidak mencicipi makanan khas dari daerah wisata tersebut. Siapa bilang pulau kei Cuma punya wisata alam, pulau kei juga punya wisata kuliner yang tak kalah menarik dan lezatnya, mari kita bahas satu persatu :

1. Ikan Asar ( Ikap Asap)
Kepulauan Kei memiliki banyak pantai dan laut sehingga produksi ikan pun melimpah, lauk pauk utama masyakarat K-ei, berupa ikan yang diolah dengan cara diasap. Ikan favotit masyarakat kei yang diasap ini adalah ikan Tongkol,( ikan Komo), Ikan kakap ( ikan Sapuda) Ikan Baronang ( Ikan Semandar) , masyarakat Pulau Kei terbiasa menggunakan ikan segar untuk membuat ikan asap.Rasa ikanya sangat gurih dan harum ditambah dengan sedikit bau asap yang membuat perut kita semakin lapar. Ikan asap ditambah dengan embal, sambal colo-colo dan sirsir atau lad dinikmati dengan kondisi masih panar sunguh nikmat.

2. Embal
Embal adalah makanan pokok masyarakat Kei terbuat dari singkong Rasa, bentuk dan cara memakannya pun bermacam-macam. makan embal biasanya dengan ikan asap, ikan kuah ataupun sayur lainnya. Embal juga dapat dimakan dengan the hangat dan dicelup ke dalamnya.Embal bisa berbentuk bubuk, digoreng, embal swami dan embal busa yang dicetak. Jadikan Embal oleh-oleh sebelum pulang ke daerah asal kita .

3. Lad
Satu lagi makanan Khas suku kei yaitu Lad, tahukah travelers kalau lad ini terbuat dari rumput laut yang telah diolah menjadi sayuran, sehingga menjadikan rasa nya unik dan lezat. Lad ini juga bergizi karena rumput laut mempunyai protein yang tinggi.
Lad yang sering dijumpai di Kei merupakan rumput laut segar yang ditumis dengan bawang merah, bawang putih dan cabai, atau bisa juga dicampur dengan kelapa parut seperti urap.

4. Sirsir
Nah ini makanan yang paling favorit di suku kei, saking sukanya masyarakat kei sampai ada lagu daerahnya travelers .terbuat dari tumisan daun singkong, bunge papaya dan santan sehingga menghasilkan rasa gurih dan sedikit pahit. Gak kebayang nikmatnya dimakan bersama dengan ikan asap.

5. Langgar
Kue Langgar memang paling cocok dibungkus untuk oleh-oleh bagi wisatawan yang berlibur di pulau kei .Kuliner yang satu ini berupa camilan, terbuat dari singkong yang disangrai setengah matang.Dalam keadaan hangat, singkong disiram dengan santan kemudian digumpal-gumpal dibentuk seperti anyaman kemudian digoreng dengan minyak panas.Langar juga bisa ditemukan dalam bentuk panjang dalam berbagai rasa seperti keju, cokelat, pandan.Rasa coklat dan pandanya nempel terus di lidah karena kue ini sangat harum.

di Pasar Malam Kota Tua kita bisa dengan mudah mendapatkan dan mencoba berbagai macam makanan khas masyarakat kei. Makanan tradisional masyarakat kei beraneka ragam, yang saya sebutkan diatas Cuma beberapa saja .di pasar malam kota tua ini suasana tradisionalnya sangat kental di mana para penjualnya pun berjejer dengan menggunakan penerangan berupa pelita secara tradisional. Serasa kembali ke jaman dahulu.

Kehidupan masyarakat Suku KEI
Tahukah travelers ternyata penduduk suku kei ini sangat ramah, penduduk suku kei terkenal jenaka dan suka tersenyum, sangat jauh dari anggapan saya sewaktu pertama kali mengunjungi pulau kei, angapan saya orang Maluku keras dan galak wah ternyata salah besar justru sepanjang perjalanan wisata menjadi menyenangkan karena selain keindahan alam dan masyarakat juga sangat ramah.

Sama dengan mayoritas daerah ambon yang lain masyarakat suku kei juga memiliki tempat tinggal yang terpisah bagi kaum muslim dan katolik. Orang Kristen kei dan orang muslim kei menandai setiap bagian wilayahnya. Di kei kecil biasanya patung yesus hanya dijumpai di desa nasrani saja dan taman-taman nasrani, begitu juga sebaliknya di desa muslim juga ditandai dengan dibangunya masjid.

Tarian Khas suku kei
Sosoy Temar-Rubil (Tarian Perang) yang penuh semangat hanya ditarikan oleh kaum pria, sementara tarian yang lembut seperti Sosoy Kibas (Tari Kipas) hanya ditarikan oleh kaum wanita. Gerakan-gerakan yang tidak terlampau lembut maupun beringas hanya terdapat dalam Sosoy Sawat (Tarian Pergaulan) dan Sosoy Yarit (Tarian Umum), dan oleh karenanya dapat ditarikan baik oleh pria maupun wanita. Gerak-gerik yang agung dan lemah-lembut diijinkan dalam tarian pria seperti dalam Sosoy Swar Man-Vuun (Tarian Penghormatan), namun gerak-gerik yang cepat dan lincah tidak terdapat dalam tarian wanita.Tarian asli Kei umumnya diciptakan untuk tujuan penghormatan, sehingga jarang ditarikan oleh anak-anak.Hanya orang dewasa dan remaja akil-balig yang diikutsertakan.Bahkan sosoy Swar Man-Vuun yang dipentaskan di haluan "Bilan" (Perahu Kebesaran) dulunya hanya ditarikan oleh pria yang sudah berkeluarga.

Penari wanita di kepulauan Kei juga menggunakan Kipas, Yerikh (Daun lontar yang dikeringkan) dan Penari Pria dapat menggunakan panah, parang, Tombak dan juga bulu Kasuari dan diikatkan pada ujung tongkat berukuran kurang lebih 10 cm.
Seperti di banyak tempat di Kepulauan Maluku, sejak zaman kolonial, orang Kei mengenal pula dansa ala Eropa, dan kaum mudanya saat ini tidaklah jauh tertinggal dalam seni tari kontemporer. Dansa Waltz, cha cha cha, dan bahkan joget dangdut umum dijumpai dalam pesta-pesta mereka.

Alat Musik
Alat musik tradisional di Kepulauan Kai adalah:
• Savarngil (Suling): Seruling kecil lokal sepanjang 4 sampai 8 inci, terbuka di kedua ujung, memiliki enam lubang tempat jari, terbuat dari bambu, dan tanpa kunci nada. Sunguh indah sekali kita mendengarkan suara seruling sambil duduk di tepi pantai .
• Tiva (Gendang): Terdiri atas selembar membran dari kulit sapi yang direntangkan erat-erat menutupi salah satu ujung dari sebuah wadah yang berlubang. Suara gendnag ini juga gak kalah merdu dengan suara seruling
• Dada (Gong): Alat musik tabuh dengan jari-jari 12 sampai 15 inci, terbuat dari tembaga atau besi dengar biasanya digunakan untuk pesta-pesta

Penginapan di pulau Kei
Para Travelers tidak perlu khawatir Di pulau kei ini sekarang sudah banyak penginapan, baik yang tradisional maupun semi tradisonal.Bahkan penduduk local ada yang menyewakan rumahnya untuk dijadikan penginapan.Selain itu penginapan ke pulau kei bisa dipesan melalu beberapa website ternama di internet.Untuk harga juga tidak terlalu menguras kantong.

Wisata Belanja
Kategori wisata yang satu ini selalu mengikuti agenda dari para travelers, tak lengkap rasanay wisata tanpa berbelanja. Di kepulauan kei ini juga memiliki aneka barang yang pas buat souvenir.Hiasan dari kulit kerang dan pernak pernik lainnya yang berasal dari laut dapat anda jadikan cinderamata khas dari kepulauan kei.disini produksi mutiara beraneka ragam tergantung dari budget kita masing-masing jenis-jenis mutiara disini adalah mutiara air laut, mutiara air tawar, mutiara perairan dalam dan mutiara budi daya tentunya setiap jenis mutiara memiliki harga tersendiri dan tidak sama. Varian warna juga bervariasi semua mutiara asli bukan buatan manusia

Tips-Tips Berlibur di pulau Kei
1.    Berwisata di pulau kei sebaiknya April sampai Mei ataupun Oktober sampai Desember, Karena waktu-waktu tersebut keberadaan ombak air di Kepulauan Kei cukup tenang, sehingga anda bisa memuaskan diri anda untuk menjelajahi Kepulauan Kei.
2.    Jangan Lupa bawa body lotion atau sun cream untuk menghindari panas matahari.
3.    Jangan Lupa persiapkan Topi dan Kacamata untuk berjalan-jalan karena matahari terik.
4.    Sewalah mobil untuk mempermudah transportasi antar pulau.
5.    Jika berbelanja di pasar oleh-oleh tradisonal tawarlah dengan harga yang wajar.

*Writer by Luzi Aprillia
* Photo stock ayojalanjalan.com  
Lomba Penulisan Artikel Anugerah Pesona Indonesia 2016