JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Pantai Onanbalu Yang Terlewat

Leisure
Typography

Bukan Pulau Semau namanya kalau pantai-pantainya tidak indah, bersih dan masih perawan, karena hampir setiap pantai yang kami jumpai yang terlihat hanya anak-anak lokal yang bermain-main dipantai, ataupun para nelayan yang sedang beraktivitas.

Banyak juga pantai yang tak sempat kami hampiri, karena memang kami tidak berencana bermalam disana, diantara pantai-pantai indah yang tak sempat kami singgahi adalah; Pantai Uihmake, Pantai Uitiuhtuan, dan Pantai Onanbalu yang hanya sempat melintas saja, serta beberapa pantai-pantai lainnya sepanjang mengelilingi Pulau Semau, yang kami yakini semuanya pasti menakjubkan baik pemandangan diatas air, maupun di dalam airnya.

Walau Pantai Onanbalu terlewat, tetapi beberapa dari kami sempatkan mencermati dan mengambil gambar keindahannya, pantai yang terletak di Kecamatan Semau Selatan ini memiliki ciri khas tidak jauh seperti Pantai Oenian, dengan pasir putih halusnya serta batu-batuan karang yang berpadu ciamik, hingga di penghujung pantai. 

Sisi keindahan lain di Pantai Onanbalu, adalah pepohonan Perdu yang tumbuh keluar dari sela-sela karang, dengan rantingnya yang melebar seakan memayungi siapa yang singgah disana, tempat paling pas buat berbaring dan bersantai, tapi sayang kami tak dapat rehat sejenak disini, karena harus bergegas menuju Bukit Liman, tuk menyaksikan Sunset sebelum beranjak pergi dari Pulau Semau.

Sebegitu banyak yang indah-indah, dan tentunya spotnya instagramable banget buat Anda, terutama buat yang suka mencoba mencari angel terbaik, tapi patut di ingat.!, perlu membawa baterai cadangan untuk kamera kesayangan Anda ya, agar momen indah tersebut tidak terlewat.

How to get there

Bagi Anda yang memiliki rencana jalan-jalan ke pulau idah ini sangatlah mudah, dari Jakarta/Surabaya/Denpasar/Makasar ataupun kota-kota lainnya cukup mencari tujuan penerbangan ke Kupang, biasanya penerbangan yang masuk ke Kupang itu rata-rata diatas pukul 10:00 pagi waktu setempat, sehingga kami sarankan Anda untuk bermalam di Kupang sambil City tour menikmati keindahan Ibu Kota NTT.

Untuk menuju Pulau Semau haruslah menggunakan jalur dan transportasi laut, dari kota menuju pelabuhan penyeberangan Tenau di Kupang, memakan waktu perjalanan 30-45 menit, menggunakan kendaraan roda emapat atau dua. Begitu tiba dipelabuhan Tenau lanjut mrnggunakan Kapal kayu menuju Pulau Semau, yang kurang lebih ditempuh dalam waktu 30-40 menit saja, angkutan Kapal kayu tidak memiliki jadwal tetap, akan tetapi kapal telah tersedia dari pagi pukul 05:00 wita hingga malam hari pukul 19:30 wita.

Biaya tiket penyeberangan ke Semau adalah Rp 20.000 (dua puluh ribu rupiah) per orang, dan jika membawa kendaraan roda dua dikenakan Rp. 50.000 (lima puluh ribu rupiah) per motor. Sedangkan untuk sewa kendaraan tergantung negosiasi Anda dengan Travel ataupun penduduk setempat.

Tips

Dianjurkan bagi Anda, untuk menyewa kendaraan roda dua sajak dari Kupang, atau menyewa saat tiba di Pulau Semau, karena di pulau tidak ada angkutan umum, sehingga dari spot satu ke yang lain harus menggunakan kendaraan sewa.

Pulau Semau belum memiliki fasilitas Hotel, Losmen, ataupun jenis penginapan lainnya, tetapi jika ingin tinggal atau bermalam disana, Anda hanya dapat tinggal dirumah penduduk setempat, yang tetntunya dengan izin kepada kepala desa setempat. Disarankan pula untuk membawa uang cash selama dipulau, karena belum terdapat fasilitas Bank serta mesin ATM.  

Biasanya banyak wisatawan melakukan jalan-jalan ke pulau satu harian penuh, yaitu berangkat dari kupang pagi-pagi pukul 06:00 wita, dan kembali dari Semau ke Kupang pukul 17:00 wita, atau berangkat saat sunrise dan kembali jelang sunset. Beberapa perlengkapan yang perlu disiapkan saat jalan-jalan ke Pulau Semau yaitu; membawa air mineral secukupnya, membawa makanan ringan, membawa bekal makanan berat (makan siang), permen/gula-gula, handuk, dan plastik kantong.

** Bawalah kembali sampah bekas makanan dan minimuan Anda, Jaga dan hargai alam kita.