JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Saat kami menyisiri pantai dari pantai Taman Ria di dekat pusat kota Ende sampai ke Desa Penggajawa kea rah perbatasan Kabupaten Ende dengan Nagekeo untuk melihat keindahan dan keunikan pantai-pantai di Ende. Yang agak berbeda dari pantai Taman Ria dengan pantai lain di Ende adalah pantai ini menjadi tempat untuk berkumpulnya masyarakat kota Ende baik tua maupun muda untuk menyaksikan keindahan pantai serta lautnya dan menikmati terbenamnya matahari sambil menyantap makanan-minuman ringan.

Hampir sepanjang pantai dari pusat Kota sampai ke Desa Penggajawa dapat menikmati keindahan matahari terbenam, yang uniknya pantai di Desa Penggajawa adalah tidak sama dengan desa-desa lain di sekitar daerah Penggajawa pantai-pantainya penuh dengan keindahan bebatuan, warna batu-batuannya cenderung ke hijau-hijauan.

Sore hari itu kami temui beberapa ibu-ibu yang sedang memilah-milah dan mengumpulkan batu-batu sesuai dengan ukurannya, batu-batu tersebut dimasukkan dalam karung-karung yang sesuai dengan ukurannya untuk dijual kepada pengepul yang nantinya pengepul akan menjual langsung ke kota-kota besar seperti Surabaya dan Jakarta untuk keperluan batu hias taman, kolam, aquarium dan lain-lain. Dari informasi yang kami dapat bahwa masyarakat setempat telah mengumpulkan batu-batuan dari laut sebagai mata pencarian sudah berlangsung lama, dan mereka tidak kuatir batu tersebut akan habis karena mereka mengumpulan batu yang kluar dari laut terbawa oleh ombak bukan mengeruk habis sampai ke dasar laut.



Tepat di hadapan pantai tersebut berdiri tebing-tebing bebatuan dengan warna yang serupa seakan menandakan bahwa kawasan tersebut sebelumnya merupakan pegunungan yang didalamnya terdapat jutaan ton batu-batuan indah sampai didasar lautan, sungguh besar karunia yang diberikan oleh Tuhan terhadap penduduk dan masyarakat sekitar Desa Penggajawa.

Tips; disepanjang pantai banyak spot dengan pemandangan bagus untuk menyaksikan matahari terbenam jika cuaca memungkinkan.

Info; Anda dapat menggunakan transportasi angkutan umum dari kota Ende – terminal Ndao – Penggajawa, jarak dari kota ende sekitar 18.km, disepanjang garis pantai terlihat tidak banyak tempat makan dan toko penjual makanan ringan.