JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Awal Perjalanan ke Dumai

Leisure
Typography

Kota Dumai merupakan pemerintahan kota di bawah Provinsi Riau. Wow! Ternyata bangunan gedung pemerintahannya sangat megah yang sekilas seperti bergaya arsitektur Eropa.

“ Minyak bumi pemberi kehidupan dan sumber abadi pemberi inspirasi ialah Pariwisata”

Sebelum memulai perjalanan ke Dumai, kami sempat menginformasikan rencana kami tersebut kepada rekan-rekan dan banyak yang mengatakan bahwa Dumai itu jauh dan tidak ada yang indah dilihat kecuali kilang-kilang minyak saja. Untuk menuju Dumai dari Ibu Kota Jakarta rupanya tidak sulit, karena tersedia penerbangan langsung dari Jakarta (Bandara Halim Perdanakusuma) menuju Dumai (Bandara Pinang Kampai) dengan waktu tempuh hanya 2 jam menggunakan pesawat jet TransNusa. Jadwal keberangkatan TransNusa dari Jakarta adalah pukul 07:00 pagi.

Beruntung keberangkatan penerbangannya adalah dari bandara Halim Perdanakusuma, yang tidak memerlukan waktu lama untuk menuju bandara dari kediaman kami dan lalu lintasnyapun tidak macet seperti ke Bandara Soekarno Hatta. Dalam penerbangan saat mendekati bandara Dumai, kamipun berkesempatan mengamati pemandangan Kota Dumai dari ketinggian. Terlihat hamparan luas pepohonan kelapa sawit nan hijau di sekitar kota. Kesan tersebut menandakan bahwa kota ini juga sebagai penghasil minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil, CPO) selain minyak dan gas bumi. Ternyata memang Dumai adalah salah satu penyumbang CPO terbesar khususnya di kawasan Pulau Sumatra. Selain pabrik pengolahan CPO berskala besar terdapat banyak pula industri-industri kecil dan industri rumahan (home industry).

Saat  menginjakkan kaki di Dumai, bergegas kami memulai pertualangan jalan-jalan di kota minyak dengan terlebih dahulu mengunjungi pusat pemerintahan Kota Dumai. Kota Dumai merupakan pemerintahan kota di bawah Provinsi Riau. Wow! Ternyata bangunan gedung pemerintahannya sangat megah yang sekilas seperti bergaya arsitektur Eropa.

Ada beberapa hal yang menarik untuk diketahui mengenai Kota Dumai. Saat ini Dumai tercatat sebagai kota terluas nomor dua di Indonesia setelah Palangkaraya. Selain itu Dumai juga disebut sebagai gerbang ekspor minyak Indonesia yang rata-rata pengelolaan minyaknya berkapasitas mencapai 170.000 barrel per hari dan dapat menampung sampai 850.000 barrel minyak per hari.

Getting There
Direct Flight from Jakarta (Halim Perdana Kusuma /HLP)
Jakarta – Dumai by     : TransNusa Air