JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Top Stories

1. Air Terjun Tumpak Sewu - Kab. Lumajang

Inilah Surga Tersembunyi unggulannya Propinsi Jawa Timur, Namanya Air Terjun Tumpak Sewu Semeru merupakan obyek wisata yang terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo ,Kabupaten Lumajang. Obyek wisata ini berjarak ± 56 Km dari pusat kota Lumajang. Obyek wisata air terjun ini Juluki Niagara Mini Indonesia. Julukan itu memang tepat karena obyek wisata ini sangat menarik mulai dari sisi keindahan panorama alamnya yang membuat kita seperti terbawa mimpi ke negeri Paman Sam. View point air terjun ini memiliki ekstetika panorama keindahan yang sangat memikat hati para pengunjung.

Jika Anda menyusuri sepanjang pantai utara Kabupaten Ende, pastinya Anda akan menuju ke perbatasan daerah Kabupaten Ende dengan Kabupaten Nagekeo, sepanjang jalan yang dilalui adalah keindahan pemandangan pantai, hampir sepanjang pantai dari pusat Kota sampai ke Desa Penggajawa dapat menikmati keindahan matahari terbenam, yang uniknya pantai di Desa Penggajawa adalah tidak sama dengan desa-desa lain di sekitar, karena daerah Penggajawa pantai-pantainya penuh dengan keindahan bebatuan, warna batu-batuannya cenderung bewarna ke hijau-hijauan.

Berdasarkan kitab gaul yang telah beredar dipasaran, Unyu-unyu artinya Lucu, atau menggemaskan, dan biasanya suka ngangenin.. hehee.. Nah cocok nih, ada pantai yang abis ditinggalin suka ngangenin, dan kalau kita berada disana gemesin jadi pengen berlama-lama bermain di pantainya.
Nah biar enggak penasaran main aja ke Pantai Lunyuk, di Desa Sampar Goal kecamatan Lunyuk, Kabupaten Sumbawa, pantai  menuju Barat dari jantung Kota, sekitar 15 km di bagian Barat, Pantai Perawan dengan pasir putih, membentang di sepanjang pantai yang menghadap Samudra Hindia.

Bicara sisi indah pantai dari munculnya sebuah Harapan dengan terbitnya sang Mentari, menuju Eksotisnya permukaan laut dengan panas teriknya siang hari, sampai dengan nuansa romantisme terbenamnya sang Mentari tuk menyambut datangnya sang Rembulan. Terungkap nyata bahwa keindahan-keindahan itu adalah abadi, dan disanalah yang terpapar karuniaNYA yang begitu besar.

Nuhu Evav, sebutan para penduduk untuk Kepulauan Kei mungkin terdengar asing bagi sebagian besar orang. Namun, kepulauan yang termasuk dalam provinsi Maluku ini nyatanya akan membuatmu jatuh cinta saat bertandang ke sana. Kepulauan Kei bagai surga tersembuyi yang menyimpan sejuta keindahan dan mampu membuatmu tak berhenti berdecak kagum karena takjub.

Lombok, sebuah pulau yang termasuk ke dalam provinsi Nusa Tenggara Barat yang dipisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelah barat dan Selat Alas dari Sumbawa di sebelah timur. Lombok merupakan daerah tujuan wisata yang sudah dikenal secara internasional karena mempunyai banyak tempat wisata yang menganggumkan dan bervariatif. Mulai dari gunung, laut, danau, air terjun, taman, wisata budaya, kuliner, dan lain-lain semua ada di sini. Salah satu destinasi wisata yang mengagumkan saya adalah pantai Tanjung Aan, yaitu salah satu tempat diadakannya ritual masyarakat Lombok Bau Nyale yang dilakukan berdasarkan legenda Putri Mandalika.

Bagi anda yang hobi traveling mungkin sudah tidak asing lagi dengan keindahan alami pantai yang satu ini. Terletak tidak jauh, hanya 2 kilometer dari pantai Kuta yang kini menjadi primadona wisata di Pulau Lombok. Namanya Pantai Seger atau Pantai Mandalika. Pantai ini memang punya magnet tersendiri yang bisa membius siapapun wisatawan yang berkunjung kesana. Tidak terkecuali wisatawan local maupun mancanegara.

Sejauh Mata memandang, hamparan pasir yang luas terbentang.Ombak yang menari-nari dengan indahnya.Kicau Burung beriringan dengan suaraaa biru lauuutan.Pepohonan Hijau Terbentang di depan mata.Ohhh.Betapa indahnya negeriku.

Fokus mata dunia, mengenai keindahan pariwisata tentunya tidak lepas tertuju ke area Bali – Nusatenggara, atau dikenal pula dengan istilah Sunda Kecil, Sunda Kecil merupakan gugusan pulau disebelah timur pulau Jawa Indonesia,  yang terdiri dari Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT), masing-masing pulau di Sunda Kecil telah dikenal sebagai kawasan yang memiliki Keindahan alam luar biasa.

Jika mendengar kata Sakura sudah pasti teringat Negerinya Dora Emon, film kartun lucu dari Jepang, bunga yang terkenal dengan keindahannya dan telah menjadi Bunga Nasional Jepang, Sakura yang kurang lebihnya berarti “bermekaran” rupanya memiliki ratusan macam jenis bunga, dan dari ratusan jenis bunga memiliki warna-warna yang berbeda-beda sesuai dengan spesiesnya.

Pasti Anda telah membaca artikel kami sebelumnya yang berjudul “Jejak Manusia Goa di Kepulauan Kei”, yang bercerita mengenai ditemukannya situs purbakala di dinding-dinding goa, bagaimana tulisan tersebut terbuat, dan tahun berapa manusia pertama tinggal di Kepulauan Kei tersebut, tentunya yang dapat menjawab pertanyaan itu adalah alam di sekitar Pantai Ohidertawun.

Berkunjung ke Kei serasa tidaklah lengkap, jika Anda tidak menyaksikan langsung terbenamnya Matahari di Pulau Kei. Terjawab sudah kenapa pantai Ngurbloat menjadi favorit warga, ternyata kebanyakan dari warga sengaja tiba sore hari, sambil bemain-main mereka menunggu datangnya sunset, semua orang mengagumi keindahan pantai ini saat tiba sunset.

Negeri Indonesia adalah negeri yang kaya, bahkan tersohor hingga kemancanegara dengan berbagai keajaibannya, dari keunikan Budayanya sampai kepada keindahan akan alamnya. Jika mendengar kata Maluku atau Ambon bagi banyak orang mungkin tidak akan asing ditelinga, karena sering terdengar kata yang menyebutkan daerah tersebut, tetapi bagaimana kalau yang terdengar Maluku Tenggara atau Pulau Kei..?, pasti belum banyak yang mendengar, bahkan para Travelerpun belum banyak pula yang berkunjung kesana.

Bukan Pulau Semau namanya kalau pantai-pantainya tidak indah, bersih dan masih perawan, karena hampir setiap pantai yang kami jumpai yang terlihat hanya anak-anak lokal yang bermain-main dipantai, ataupun para nelayan yang sedang beraktivitas.

Pulau Semau yang sepi dan pemandangan pantainya yang menakjubkan, seakan menjadikan pulau ini milik kita pribadi, cocoklah jadi candaan kala itu kalau disana itu pulau semau gue ?, karena tanpa penjagaan, tanpa peraturan, jadi bisa semau-maunya. Nah masalah semau-maunya inilah yang harus ditangani pemerintah setempat, tetapi ayojalanjalan.com selalu menyerukan untuk menjadi wisatawan yang bijak, dan masyarakat yang peduli alam serta selalu menjaga kebersihan.

Walau sempat beberapa kali ku singgahi Kota Kupang – Nusa Tenggara Timur, untuk jalan-jalan  ke wilayah pulau Timor, pulau Alor sampai ke pulau Flores, ternyata ada surga tersembunyi yang terlewatkan di kota Kupang, surga tersembunyi itu adalah Pulau Semau.

Nusa Tenggara Timur , salah satu Propinsi daerah timur Indonesia yang terkenal akan keindahan bm Pulau Flores nya yang mampu memikat wisatawan lokal maupun mancanegara.

Papua, sebuah pulau di timur Indonesia yang menyimpan beragam potensi wisata alam yang memukau mata para wisatawan yang datang kesini, seperti ketika Kami terpukau oleh keindahan Danau Sentani yang menyambut sesaat sebelum pesawat mendarat di Bandara Sentani, itu karena Bandara sentani yang terletak persis di bibir danau Sentani.

Pulau Surga , begitulah julukan untuk pulau ini, pulau Papua, Kita dapat menemukan berbagai wisata alam yang indah bagai surga disini, seperti beberapa waktu yang lalu kami mengeksplorasi untuk mencari surga tersembunyi dan kami menemukan Danau indah berbentuk Love yang terdapat di daerah Sentani Timur.

Diantara kita pasti sudah taka sing mendengar destinasi Lembeh, terlebih lagi bagi para peneliti dunia dan penyelam, karena Selat Lembeh merupakan destinasi “Muck Diving” terbaik di Dunia.

Bitung sebagai kota industry dan kota bahari, tentunya tidak hanya menyimpan kekayaan alam sebagai obyek industry, akan tetapi panorama keindahan alam sudah pasti dimiliki, sebut salah satunya adalah Pantai Serena yang berada di kelurahan Aertembaga, tepatnya di antara Kota Bitung dan Pulau Lembeh.

Setelah beberapa hari jalan-jalan di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi UtaraSore, rasanya ada satu yang nyaris terlupa kami kunjungi, yup.. Taman Wisata Alam (TWA) Batu Angus, yang merupakan salah satu wisata unggulan Kota Bitung.

Banyak keunikan di Kota Bitung, selain hewan bawah laut, dan hewan penghuni hutannya, ternyata warna lautnyapun terlihat unik, seperti saat kami mengunjungi Pantai Walet, yang posisinya bersebelahan dengan TWA Batu Hangus, jadi jalan-jalan di Bitung kami jamin tidak akan kecewa, karena Anda akan menemui hal-hal yang unik disana.

Pulau sumbawa memiliki banyak hutan-hutan, dan sebagian hutan sumbawa masih belum terjamah atau tersentuh, dan menyimpan keindahan-keindahan yang tersembunyi di dalamnya.

Jika menyebut kata pulau bungin, hamper semua orang tahu bahkan nama ini sangat mendunia, bukan karena tempatnya dengan fasilitas yang mewah, tetapi sejarah dari terbentuknya pulau ini yang membuat pulau bungin dikenal dan menjadi tempat tujuan wajib jika berwisata ke Sumbawa.

Salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Sumbawa saat ini adalah sebuah pulau cantik tak berpenghuni yang hanya seluas sekitar 1 hektar bernama Pulau Bedil. Pulau Bedil merupakan salah satu dari tiga gugus pulau yang terletak di perairan utara pulau Sumbawa tepatnya di desa Labuan Padi Kecamatan Utan.

Pulau Samosir ini begitu luas sehingga butuh waktu beberapa hari untuk menjelajah seluruh isi pulau. Paling enak sih menjelajahnya naik sepeda motor, atau kalau kuat, pakai sepeda kayuh. Saya teringat betapa menyenangkannya berkeliling Pulau Samosir naik sepeda motor. Bisa merasakan semilir angin membelai-belai wajah dan bisa berhenti kapan saja di mana saja untuk mengambil gambar. Percayalah, seluruh sudut Pulau Samosir dan Danau Toba, indahnya luar biasa.

Danau Toba adalah sebuah danau tekto-vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau Toba merupakan salah satu keajaiban alam yang mengagumkan dunia. Di tengah danau Toba terdapat sebuah pulau hampir seukuran Singapura. Lebih dari 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter, danau Toba sebenarnya lebih mirip lautan dan menjadi danau terbesar di Asia Tenggara dan salah satu danau terdalam di dunia.

Selalu ada cerita tentang cinta dan bagaimana cara manusia mengagungkan keindahan. Manusia, kerap bersinggungan dengan perasaan sentimentil apabila menyaksikan keindahan yang mengundang ketakjuban. Secara kodrati, manusia terlahir dengan naluri yang menyukai keindahan, baik keindahan dalam bentuk seni, alam, rupa maupun bentuk estetik lainnya. Harmoni dan rasa cinta dalam diri manusia merupakan sifat hakiki yang pasti dimiliki oleh tiap manusia yang lahir kedunia. Kesempurnaan manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan terwakili lewat rasa dan perasaan yang lebih peka dibanding makhluk lainnya, terutama rasa kagum akan sebentuk keindahan.

Ada sebuah adagium yang menarik, "Berjalanlah, maka lihatlah dunia dengan mata dan mata hatimu", falsafah yang mengajarkan manusia bahwa dunia ini sangatlah luas dengan pelbagai keindahan yang dapat disaksikan dengan dua mata, mata dan mata hati. Dua mata yang mampu melihat mahakarya Sang Pencipta, baik yang nyata-nyata terlihat maupun yang abstrak.

Kisah tentang Anne Horschman menyiratkan romantisme tentang cinta dan keindahan yang tumbuh selaras dalam jiwa. Anne, wanita yang lahir dan besar di Jerman, menemukan cinta sejatinya setelah menyaksikan keindahan Danau Toba. Dengan tulus, Anne mewakafkan dirinya untuk Danau Toba yang sangat dicintainya dengan cara yang mungkin tidak bisa dilakukan oleh orang Indonesia sekalipun, Anne dengan inisiatif sendiri membersihkan sampah eceng gondok yang tumbuh liar di kawasan Danau Toba. Anne, yang kemudian berjodoh dengan lelaki batak asli Tapanuli dan kemudian dianugerahi marga Siallagan, mengagumi Danau Toba lebih dari sekedar sebuah kaldera besar yang dikelilingi bukit hijau, lebih jauh lagi Danau Toba merupakan tujuan hidupnya, ”Nunga hudapot di son ngolukku", yang dalam Bahasa Indonesia berarti Dia telah menemukan tujuan hidupnya di Danau Toba.

Di tempat lain, Herman Delago, musisi asli Austria, melestarikan musik tradisional Batak dengan menyanyikan ulang lagu-lagu batak dan membuat konser di negeri asalnya. Kecintaan Delago pada kebudayaan Batak sama besarnya kepada Danau Toba. Delago, yang kini bermarga Manik, pernah membuat pertunjukan musik di Samosir dengan membawa rombongan orkestra dari Austria. Kecintaan Delago terhadap Danau Toba dan usahanya melestarikan kebudayaan Batak lewat musik datang dari hati dan tumbuh abadi. Delago benar-benar jatuh cinta kepada Danau Toba dan warisan kultural suku batak yang mendiami kawasan sekitar Danau Toba. Cinta yang sesungguhnya telah ia tahbiskan dalam bingkai pernikahan dengan mempersunting Gadis Batak.



Pesona Sebuah Mahakarya

Tidak berlebihan jika Danau Toba termasuk kedalam salah satu Mahakarya Sang Pencipta yang paling indah di dunia. Kaldera raksasa dengan sejumput ketenangan yang mengundang rasa kagum yang tidak ada habisnya. Sepintas kita mungkin tidak menyadari, kawah di dasar Danau Toba menyimpan potensi bencana mahadahsyat, dan mengintai kapan saja. Rasa takut yang dengan sendirinya terhapus ketika memandang ke tiap sudut Danau Toba yang elok dengan sejuta pesona.

Danau Toba sebuah danau besar yang mengelilingi tujuh Kabupaten di Sumatera Utara, luas tersebut membuat keindahan Danau Toba bisa dinikmati dari banyak titik. Waktu satu hari tidak akan cukup untuk berkeliling dan menjadi saksi keindahan kepingan surga bernama Danau Toba. Bukit hijau dan kawah air berpadu memanjakan mata, keteduhan yang tampak di ujung mata menjadi bukti anggunnya Danau Toba. Riak gelombang dan gemericik air menambah syahdu yang terngiang merdu saat memandang Danau Toba. Danau Toba bak lukisan yang tercipta saat Tuhan sedang tersenyum.

Paras elok Danau Toba juga bisa disaksikan dari sisi Air Terjun Sipiso-Piso, Tanah Karo. Berjarak kurang lebih 24 KM dari Kabanjahe, Air Terjun ini tampak bersanding cantik dengan Danau Toba. Perbukitan yang mengelilingi air terjun ini seakan menyuguhkan keindahan pembuka sebelum kita menyaksikan Desa Tongging di tepian Danau Toba dari atas kawasan Sipiso-Piso. Suara air yang memecah keheningan di dasar air terjun, menyimpan kedamaian yang menentramkan hati. Indah sekali dan ketakjuban itu tidak berhenti disini.

Menyusuri Danau Toba dari Pematang Siantar, rimbun dan sejuknya hutan pinus menyambut kita. Udara segar dan aroma khas hutan pinus mengantar rasa penasaran sebelum benar-benar tiba di Danau Toba. Perjalanan dengan melenusuri banyak tikungan tajam di sisi perbukitan merupakan sebuah eksotisme khas yang bisa dirasakan sebelum tiba di Parapat, kota yang persis berada di tepian Danau Toba. Sesekali kawanan kera muncul di pinggir jalan dan mengiba makanan, seakan mengucapkan Selamat Datang kepada kita. Semesta seolah mencoba menumbuhkan rasa cinta yang paripurna, perlahan dan meninggalkan kesan yang mendalam.

Kaldera raksasa ini mengelilingi sebuah pulau ditengahnya, Samosir namanya. Pulau yang menyimpan kekayaan budaya dan peninggalan kultural masyarakat batak. Jejak budaya yang tersimpan disini menegaskan bahwa Danau Toba bukan hanya destinasi yang menjual keindahan semata, tetapi juga warisan budaya dan peradaban batak yang menarik dengan nilai historis yang tinggi. Pertunjukan Patung Sigale-Gale dapat disaksikan di empat tempat di Pulau Samosir. Tarian Kematian dengan iringan gondang ini menjadi menu 'wajib' bagi pelancong yang mengunjungi Samosir. Varian cinderamata untuk dibawa pulang juga bisa didapatkan disini. Untuk pelancong yang ingin menginap di Samosir, Desa Tuk-Tuk menyediakan banyak penginapan dengan harga yang beragam, mulai dari 100 ribuan rupiah per malam. Sungguh sebuah pilihan yang menyenangkan, bukan?

Cantiknya panorama Danau Toba juga bisa dinikmati dari Tele, desa kecil di Pulau Samosir. Tele laksana lukisan yang dibingkai pigura alam nan elok. Jalanan berkelok yang terbentang menuju Tele ibarat goresan kuas diatas kanvas, sungguh permai. Spot paling menarik untuk dikunjungi di Tele adalah Menara Pandang Tele. Dari sini, kita bisa melihat Danau Toba sebagai sebuah hamparan air dengan gelombang tenang yang menerbangkan khayalan kita, membawa kita pergi menuju ketakjuban yang abadi. Pusuk Buhit yang melegenda itupun bisa terlihat jelas dari Menara Pandang Tele, barisan perbukitan hijau yang berasal dari letusan Supervolcano ini menurut hikayat merupakan tempat asal mula orang batak. Nirwana kecil nan sempurna.

Berjuta kata terasa tak akan bisa menerjemahkan keindahan Danau Toba, masih sangat banyak tempat lain yang dapat dikunjungi untuk 'menjamah' Danau Toba. Sebuah mahakarya dengan pesona yang selalu bisa meluluhkan hati kita untuk kemudian terperosok kedalam kecintaan yang mendalam. Danau Toba sebagai sebuah peradaban yang menggugah rasa, haruslah mendapat satu tempat di ruang hati kita. Danau Toba adalah anugerah Tuhan untuk Indonesia.

Maka, Jangan datang ke Danau Toba jika tidak ingin jatuh cinta dan menemukan cinta sejati layaknya kisah Anne Horschman dan Herman Delago. Dengan aura keanggunan, Danau Toba memikat siapapun yang memandangnya. Sekali lagi, jangan datang ke Danau Toba jika tak ingin takluk dan terbuai dalam pelukan keindahan Danau Toba. Wonderful Love, Wonderful Toba. Temukanlah, cintailah.

“Mejuah-juah” sapaan khas dari Batak Karo tersebut terpampang besar-besar ketika pertama kali saya tiba di Taman Simalem Resort, salah satu penginapan yang terletak di bukit Merek, Sumatera Utara. Jika selama ini yang saya tahu hanyalah “Horas!”, maka hari ini saya telah belajar satu kata baru. Sapaan lokal ini tentu sangat membantu, paling tidak dapat mengukir senyum pada orang yang saya sapa dan menolong saya untuk menawar lebih murah ketika berbelanja.
Perjalanan saya kali ini membawaku menuju Danau Toba, salah satu destinasi wisata andalan di provinsi Sumatera Utara. Dari Medan, saya berkendara selama 4 jam dengan berhenti sebentar terlebih dahulu di Brastagi. Semua rasa capek dan lelah tersebut akhirnya sirna manakala saya masuk ke Taman Simalem Resort, sebuah penginapan kelas atas yang menjadi tempat terbaik untuk memandangi matahari terbit dan terbenam dari atas Danau Toba.

 

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.