JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Barapan Kebo (permainan rakyat tau samawa)

Culture
Typography

“Barapan Kebo” itulah sebutan dari permainan rakyat sumbawa ini yang dalam bahasa indonesianya adalah Balapan Kerbau. Brapan Kebo sendiri merupakan permainan yang sangat populer di Sumbawa yang hampir di setiap bulannya dapat kita jumpai di Sumbawa. Barapan Kebo sebenarnya diadakan saat musim penghujan datang, yang mana untuk merayakan musim tanam padi di sumbawa, Barapan Kebo tergolong permainan yang cukup ekstrim, dikarnakan joki Kerbau harus berdiri stabil di atas kayu bajak tradisional sumbawa.

Tidak hanya itu, para kerbau-kerbau di tuntut untuk berlari sekencang-kencangnya untuk mendapatkan waktu tercepat seiring para joki memecut pantat kerbau barapan, yang lebih menantang lagi yaitu disaat para joki dan kerbaunya berlari sangat kencang mereka pun harus bisah menyentuh “SAKA”

Saka adalah sebatang kayu yang di tancapkan di tengah-tengah petakan sawah. Saka tidak sembarang Saka, kayu ini telah di beri doa-doa oleh salah seorang sandro (dukun) bertujuan agar joki dan para kerbau nya tidak dengan mudah untuk menjatuhkan Saka tersebut.

Percaya tidak percaya Tak sedikit dari para joki dan kerbaunya yang tidak dapat menyentuh saka. Seolah-olah mereka spontan berbelok arah saat hendak mengenainya. Tidak sembarangan kerbau yang bisa mengikuti permainan rakyat ini. Hanya kerbau-kerbau tangguh yang telah dilatih dan di berikan ramuan-ramuan penangkal bala  yang dapat mengikuti permainan rakyat ini. Di hampir semua desa yang ada di sumbawa memiliki kerbau-kerbau barapan sehingga disaat diadakan permainan rakyat ini, kerbau-kerbau barapan pun keluar untuk mengikuti perlombaan tanpa terkecuali, masing-masing desa membawa kerbau-kerbau andalannya untuk  di pertunjukan. Dan tidak heran saat berkumpul di satu lokasi kita bisa menjumpai ratusan kerbau tangguh.

Barapan kebo di sumbawa merupakan permainan rakyat yang sudah mendarah daging di hampir seluruh masyarakat sumbawa, barapan kebo di zaman dahulu bertujuan untuk saling gotong royong bantu membantu untuk membajak sawah, karena kerbau di sumbawa sendiri merupakan salah satu hewan yang di jadikan alat untuk membantu petani yang hendak membajak sawahnya, dan hingga saat ini permainan rakyat ini masih dilestarikan di sumbawa baik itu dari fungsi,adat dan kegunaannya.
Barapan kerbau bisa kita jumpai hampir di setiap desa yang ada di sumbawa. Tidak sedikit dari para wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara yang antusias untuk datang dan melihat permainan rakyat sumbawa ini.