JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KARACI (permainan rakyat tau samawa)

Culture
Typography

Pulau sumbawa memiliki ragam permainan rakyat yang cukup banyak dan unik mulai dari pulau sumbawa bagian barat, pulau sumbawa bagian timur, pulau sumbawa bagian utara dan pulau sumbawa bagian selatan yang diantaranya ada karaci, barempuk, main jaran, barapan kebo dll.

Disini sya akan menceritakan tentang permainan rakyat adat sumbawa yaitu karaci. Karaci sendiri di masa kerajaan sumbawa merupakan PABOAT AJI (permainan yang wajib di lakukan di kerajaan sumbawa untuk menyeleksi pasukan2 perang sumbawa, baik itu pengawal hingga panglima-panglima kerajaan).

Karaci sendiri tidak semudah yang kita bayangkan untuk memainkannya, dikarenakan seragam,tameng/perisai dan pemukul memiliki cerita2 yang cukup sakral.
Hingga saat ini, karaci masih di lestarikan dan masih dimainkan. Tidak semua orang boleh memainkan kecuali yang memiliki garis keturuna di masa kerajaan.

dan permainan rakyat karaci hanya bisa di jumpai di desa kakiang ini, yang masih menyisahkan para garis-garis keturunan para pengawal dan panglima dimasa kerajaan.
Untuk memainkan permainan rakyat karaci ini dipilih dua orang jawara karaci, mereka akan di pakaikan BULANG ( baju adat karaci), mereka akan diiringi oleh alunan suara SERUNAI (semacam suling khas sumbawa ),GENANG (gendang), para jawara sambil meneriakan keras kata-kata HOO HAM berkali-kali dan saling membalas SAKETA/BALAWAS (semacam adu pantun).

Para jawara-jawara karaci akan di lengkapi dengan pemukul yang terbuat dari rotan yang diikatkan kencang di tangan, dan perisai/tameng yang terbuat dari kulit menjangan/rusa. Mereka akan diadu untuk saling memukul dengan kehebatan masing2 saling menghindar dan jika ada salah satu yang terkena pukulan akan dipisahkan oleh wasit dengan menggunakan bambu panjang dan dikatakan kalah .

Yang uniknya ada satu desa di sumbawa yang konon disebut-sebut sebagai kampung para pengawal-pengawal dan para panglima-panglima kerajaan yaitu desa Kakiang, yang masih menyisahkan para garis-garis keturunan para pengawal dan panglima dimasa kerajaan. untuk menuju ke desa kakiang kita hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit dari kota sumbawa dengan menggunakan transportasi yang ada di dalam kota sumbawa. Tidak sedikit dari para wisatawan lokal maupun manca negara yang datang untuk melihat permainan rakyat karaci ini, dan tidak sedikit dari para agen-agen perjalanan yang menawarkan paket wisata ke desa kakiang.