JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Cantiknya Kerajinan Gerabah Khas Lombok

Culture
Typography

Pergi ke Lombok belum lengkap rasanya jika tak membeli oleh-oleh. Salah satu pasar seni yang wajib dikunjungi adalah Desa Banyumulek, Kecamatan Kediri, Lombok Barat.

Pergi ke Lombok belum lengkap rasanya jika tak membeli oleh-oleh. Salah satu pasar seni yang wajib dikunjungi adalah Desa Banyumulek, Kecamatan Kediri, Lombok Barat. Di sepanjang jalan desa, kita bisa menemukan gallery art dengan berbagai koleksi gerabah yang unik. Mulai dari vas bunga pasir, gentong telur, berbagai bentuk celengan, cas gepeng, adik-kakak ukir asam, kap lampu, hiasan dinding dan lain sebagainya.Gerabah-gerabah tersebut tentu saja merupakan hasil karya pengerajin gerabah dari Desa Banyumulek.


Ada yang khas dari produk kerajinan gerabah di Desa Banyumulek ini, yaitu Kendhil Maling. Kendhil yang satu ini cukup unik karena memiliki lubang di bagian dasarnya. Lubang ini dipakai untuk memasukkan air ke dalam kendhil. Anehnya saat dibalikkan, air tersebut tidak tumpah. Rupanya didalamya dibuatkan aliran khusus untuk menampung air dan menyimpannya secara tersembunyi. Karena itulah dinamakan Kendhil Maling.Seperti cara seorang maling yang tidak memakai jalan biasa ketika hendak masuk ke sebuah rumah.
Hasil kerajinan gerabah Desa Banyumulek ternyata sudah merambah sampai ke beberapa negara bagian Eropa loh. Harganya pun bervariatif tergantung dari bentuk, ukuran, motif hiasan, serta tingkat kesulitan saat proses pembuatannya. Tidak hanya dapat melihat dan membeli karya seni yang cantik ini, kalian juga bisa belajar dan ikut serta dalam proses pembuatannya. Bagi yang ingin mempelajarinya lebih detail, anda juga bisa mengambil kursus singkat dengan beberapa pengrajin di sana.Wah Seru!