JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Kembali ke Alam di Cibuntu

Culture
Typography

“bising raungan mesin, kemacetan jalan, kesibukan usai kerja seakan tidak lagi kita mengenal Alam. Sudah saatnya ambil hari sibukmu untuk memeluk Alam di Cibuntu”

Informasinya jika Anda telah menginjakkan kaki di Kuningan akan sia-sia kalau tidak mengunjungi Desa Wisata Cibuntu, “ya buntu, begitulah disebutnya..” karena tidak ada desa lain lagi setelah desa Cibuntu ini, walau letaknya di ujung tetapi Keindahan Alam, keunikan Budaya, Kelestarian Sejarah, Kelezatan Kuliner Tradisional dan Keramahan penduduknya memiliki keunikan tersendiri yang tidak akan dapat dijumpai di dasa-desa wisata serta objek wisata lainnya.

Untuk membunuh penasaran kami begitu sampai di Kuningan kami langsung menuju Desa Wisata Cibuntu yang kurang lebih 45 menit dari area Linggarjati Kuningan ke arah Mandirancan dengan melewati indahnya persawahan dan rimbunan pepohonan pinus yang merupakan area hutan pegunungan ciremai, setibanya digerbang Cibuntu sambutan ramah penduduk desa serta alunan suara angklung yang dimainkan anak-anak dan kesejukan alam sentak langsung menghilangkan kepenatan selama perjalanan. Layaknya penyambutan tamu-tamu hotel berbintang ternyata di Cibuntupun memberikan penyambutan dengan menyajikan “Welcome drink” kepada wisatawan yang datang, minuman hangat olahan lokal dari bahan rempah jahe ditambah sereh sangat nikmat pasti sejenak dapat menghilangkan stress dari kesibukan, kebisingan dan kemacetan kota. Hmm.. penasaran bukan? 

Stay
Menurut informasi dan cerita yang kami dapat rupanya benar bahwa di Cibuntu memiliki keunikan yang tidak dijumpai di daerah lain bahkan kebersihan lingkungan desa sangat terjaga, setelah beberapa saat beramah tamah dengan penduduk desa kamipun memutuskan untuk bermalam dan ternyata di Cibuntu telah banyak terdapat rumah-rumah penduduk yang dijadikan penginapan (home stay) termasuk dengan makan-minum ala pedesaan, saat itu kami menginap di penginapan milik Bpk.Sumarjo dengan Ibu.Oni Indrawati yang kebetulan berhadapan langsung dengan rumah Kepala Desa Bapak.H.Awam Hamara.

Pada kesempatan itu kami sempat berbicara dengan Bapak.Rahmat selaku Kompepar Desa Cibuntu (Kelompok Penggerak Pariwisata) bahwa di dasa Cibuntu sudah siap dapat menerima tamu untuk menginap sebanyak 150 s/d 200.orang, jadi tidak perlu kuatir bagi wisatawan yang melakukan perjalanan wisata secara group atau rombongan, karena sudah sering Desa Cibuntu menerima tamu-tamu rombongan dari mahasiswa-kampus, sekolah maupun perkantoran yang menjalani kegiatan wisata alam.

What to Do
Yang dapat dilakukan di Desa Wisata Cibuntu adalah, mencoba langsung cara bercocok tanam, membajak sawah, berkebun, berternak kambing, memasak menu-menu lokal, ber wisata ke air terjun curug Gongseng, menikmati perbukitan, minum langsung dari sumber mata air dan mengunjungi beberapa situs purbakala.

Need to Know
Saat ini sangat mudah akses ke Kabupaten Kuningan, dengan adanya Tol Cikapali dari Jakarta relatif lebih cepat, yaitu sekitar 2:00 – 2:30 jam perjalanan (lancar/tidak macet), dan jika menggunakan Kereta Api tetap transit di Cirebon, setelah itu dilanjutkan dengan travel/angkutan umum yang ada di area stasiun Cirebon.