JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Baju Kayu Khas Kabola

Culture
Typography

Cukup langka suku yang masih mewarisi budaya Nenek Moyang, khususnya dalam hal busana serta perlengkapan keseharian yang banyak menggunakan bahan Kulit Kayu, bahan kulit kayu yang digunakan berasal dari pohon yang biasa disebut Pohon Ka oleh warga sekitar.

Suku kabola yang ada saat ini mendiami Perkampungan Tradisional Monbang, di Desa Kopidil, kecamatan Alor Barat Laut. Keramah tamahan Suku Kabola terlihat saat mereka menyambut hangat para wisatawan yang datang, bahkan jika pengunjung banyak mereka selalu menyiapkan minuman kopi Jahe khas Kabola dengan Biji Kenari dan Jagung Titi sebagai makanan ringannya.

Yang menarik dari suku-suku yang ada di Alor, adalah semuanya selalu menggunakan Moko sebagai alat tabuhan-tabuhan saat tarian, tetapi pada saat tertentu Moko merupakan alat yang tak ternilai harganya, karena dalam tradisinya dahulu Moko adalah sebagai belis atau mahar untuk syarat pernikahan, maupun sebagai syarat-syarat dalam upacara serta ritual tertentu, sehingga Moko termasuk benda yang di kramatkan.
Hanya saja saat melihat dari dekat Moko yang ada di Museum seribu Moko dan yang ada di kampung-kampung adat, memiliki ukiran-ukiran dan ukuran yang berbeda, nah.. pastinya ukiran maupun ukurannya tersebut memiliki ciri-ciri pembuatnya, yang masih mengganjal di saya dan belum terjawab adalah, siapa pencipta Moko pertama dan bagaimana membuatnya?  

Budaya dengan beragam suku yang ada, telah menjadikan Alor lebih unik dan semakin eksotis, bahkan dengan hadirnya Desa-desa Adat yang telah menjadi Cagar Budaya Nasional, menjadikan sejarah serta budaya dapat lestari, dan ditambah dengan Keindahan Alam yang luar biasa, menjadikan Alor berpotensi menjadi tujuan utama wisata Indonesia, mari kita do’akan saja.

ALOR itu Alamnya Indah Orangnya Ramah, itulah semboyan wisata Alor, jadi jadwalkan diri Anda untuk berwisata ke Pulau nan Eksotis di Indonesia.

Getting There
Transit Flight from Jakarta/Surabaya/Denpasar to Kupang
Stay 1Night in Kupang
Jakarta – Kupang by    : Garuda, Lion, Citilink, Batik, Sriwijaya, NAM
Kupang – Alor by     : TransNusa, Wings, Garuda

Connecting Flight from Jakarta/Surabaya/Denpasar to Alor
Connecting (maximum 2.hours)
Jakarta – Kupang by    : Garuda, Batik, Lion
Kupang – Alor by    : TransNusa, Garuda, Wings


How to get Around
Untuk menuju dari lokasi wisata ke lokasi wisata lain tidak ada angkutan umum yang terkoneksi, karena angkutan umum lebih banyak melayani jalur dalam kota saja. Saya sarankan sewa Mobil ataupun Motor melalui travel agent di Kupang atau Alor.

Tips
Bawalah perlengkapan seperlunya, karena untuk menuju desa-desa Budaya yang masih mempertunjukkan keaslian Budayanya berada di ketinggian dengan jalan setapak, dan membawa uang cash untuk keperluan membeli souvenir asli kerajinan masyarakat desa adat atau masyarakat lokal sekitar.