JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Top Stories

Jika Anda ingin jalanjalan ke Pulau Sumbawa dan tidak terikat oleh waktu, atau tidak diburu oleh kegiatan lainnya, kami sarankan lebih enak start dari Pulau Lombok, karena dalam perjalanannya Anda akan dapet banyak bonus pemandangan menarik, apalagi bagi yang hobi banget Photography enggak bakalan nyesel nyebreng dengan ferry dari Lombok.

Selain Anugerah Ilahi atas keindahaan alamnya, Sumbawa juga memiliki maha karya seni yang luarbiasa, maha karya tersebut terlihat dari seni corak hias Tenunan khas Sumbawa, kain tenun Sumbawa biasa juga disebut dengan nama Kre’ Sesek dan keistimewaan kain tenun khas Sumbawa selain memiliki berbagai ragam corak yang indah, tenun disini juga memiliki ketahanan yang cukup lama hingga puluhan tahun.

“Jika hari telah berselimut malam, dan ketika tak ada lagi kawan bicara, yang tinggal hanya bisikan merdu dari Serunai ku”

Kamu suka jalan-jalan ke Jogja? Bagi yang sering ke jogja pasti udah jadi agenda wajib untuk beli oleh-oleh khas kota Budaya yang kepopulerannya semakin dikenal oleh Wisatawan Mancanegara, jadi ga heran kalau kita lagi jalan-jalan disini terus ketemu Bule yang lagi sekedar menikmati jalan-jalan dikota, belajar budaya, maupun sedang potret-potret untuk ditulis di blog pribadi mereka.

Di Jogja ada beberapa sentrapenghasil batik yang cukup terkenal, kawasan yang dinamai Kampung Batik yang meliputi desa-desa di Kabupaten Bantul dan Kulonprogo.

Bagi penggemar aksesoris atau pernak-pernik beberapa diantaranya lebih menyukai aksesoris perak, mengapa demikian? Dari segi harga yang ditawarkan memang sih perak lebih murah ketimbang dengan emas, nah bagi kamu yang gemar sama Aksesori yang satu ini gaada salahnya berkunjung ke pusat pengrajin perak yang satu ini.

Jika kita sedang berwisatakePalembang ,apakahhal yang kita pikirkan ketika berada di kota pempek kini? Jika biasanya kita selalu terpikirkan Sungai Musi ,Jembatan Ampera , atau makanan khasnya yang terkenal yaitu Pempek? Namun tak ada salahnya anda melirik sicantik khas  Palembang ini.

Ada yang unik di Desa Talowa, saat Anda melintas di desa tersebut pasti banyak terdengar suara ketukan-ketukan besi, ya itulah desa para Pandai Besi yang rata-rata penduduknya bermata pencaharian sebagai pembuat berbagai jenis senjata tajam terutama tombak, parang dan pisau, hasil produksinya untuk memenuhi kebutuhan perkebunan dan perlengkapan rumah tangga.

Dibalik keindahan alam pegunungan Tana Toraja dan Kesejukan udaranya, kesan magis di sini kental terasa, bukan karena beberapa lokasi tebing pegunungan dijadikan tempat penguburan, melainkan beberapa kegiatan-kegiatan ritual budaya atau adat istiadat yang telah menjadi tradisi disana, kegiatan tradisi tersebut merupakan kegiatan budaya yang sakral, dan selalu menghubungkannya dengan arwah para leluhur.

Pergi ke Lombok belum lengkap rasanya jika tak membeli oleh-oleh. Salah satu pasar seni yang wajib dikunjungi adalah Desa Banyumulek, Kecamatan Kediri, Lombok Barat.

“Barapan Kebo” itulah sebutan dari permainan rakyat sumbawa ini yang dalam bahasa indonesianya adalah Balapan Kerbau. Brapan Kebo sendiri merupakan permainan yang sangat populer di Sumbawa yang hampir di setiap bulannya dapat kita jumpai di Sumbawa. Barapan Kebo sebenarnya diadakan saat musim penghujan datang, yang mana untuk merayakan musim tanam padi di sumbawa, Barapan Kebo tergolong permainan yang cukup ekstrim, dikarnakan joki Kerbau harus berdiri stabil di atas kayu bajak tradisional sumbawa.

Pulau sumbawa memiliki ragam permainan rakyat yang cukup banyak dan unik mulai dari pulau sumbawa bagian barat, pulau sumbawa bagian timur, pulau sumbawa bagian utara dan pulau sumbawa bagian selatan yang diantaranya ada karaci, barempuk, main jaran, barapan kebo dll.

“Kawasan Batik Trusmi telah menjadi icon Pariwisata Kabupaten Cirebon, kawasan perkampungan pengrajin batik di trusmi saat ini telah berkembang pesat, dan berdampak kepada perekonomian masyarakat sekitar, produksi barang-barang  berupa kain, busana pria-wanita, aksesoris dan lain-lainnya tersebut  telah dikenal keberbagai penjuru Dunia.”

Kalau bicara batu akik yang booming beberapa tahun belakangan ini pasti enggak akan ada habisnya, dari pelosok gang sampai di puncak gedung perkantoran banyak mendadak jadi pakar dan ahli batu-batuan.

Pulau Lombok tidak hanya terkenal dengan keindahan lautnya yang indah dan mempesona. Masih banyak tempat wisata lainnya yang bisa dijelajahi. Salah satunya dengan mengenal lebih dekat kehidupan penduduk asli Lombok, yakni suku Sasak di Desa Sade, Rambitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

Selain Pulau Bali, Pulau Lombok menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagipara wisatawan. Tidak hanya memiliki view alam yang indah, pulau Lombok juga masih memegang kuat tradisi leluhur.

Menenun kain merupakan aktivitas sehari-hari perempuan suku Sasak Lombok khususnya di Desa Sade, Rambitan, Kecamatan Pujut. Aktivitas itu juga menjadi syarat yang wajib dipenuhi agar dapat menikah.

bagaimana caranya membedakan mana Paus yang bias diburu dan mana Paus yang tidak boleh diburu? Sambil tersenyum sipu Papa Dasion pun menjawab, kita bias mengetahui dari cara semburan air.

Topi Ti’ilangga memang merupakan sebuah mahkota yang dipakai oleh petinggi-petinggi pemerintahan di zaman dahulu kala. Tetapi berjalannya waktu, topi Ti’ilangga mulai dijadikan sebagai souvenir khas Rote.

Batik merupakan salah satu kerajinan yang telah ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya bangsa Indonesia. Sebuah jati diri bangsa melalui seni kerajinan yang sudah diakui dunia ini ternyata hampir semua daerah di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri dalam menciptakan seni lukis batik.

Cerminan masyarakat Dumai yang agamis adalah dengan mengamati bangunan atau tempat peribadatan yang indah, bersih dan terawat, sehingga kamipun menyempatkan diri untuk meliput keindahan bangunan-bangunan tempat peribadatan berbagai umat. Umat Muslim sebagai umat mayoritas memiliki kebanggaan tersendiri dengan adanya Masjid Raya Dumai Al-Manan.

Rumah ini dibuat pada masa pemerintahan Andi Muhammad Saleh Dg Parani yang bergelar Petta Sulle Raja Balusu.

Keunikan dari tarian ini adalah para penari melakukan atraksi tari di atas bara api yang diringi dengan musik tradisional

Suku ini berdiam di Desa Bulo-Bulo Kecamatan Pujananting atau kurang lebih 60 Km dari Ibukota Kabupaten Barru

Jalan-jalan ke Flores tidaklah lengkap jika belum mengunjungi Kampung Tradisional Bena. Pukul 2:30 WITA tepat, kami berangkat menyusuri jalan perbukitan nan hijau kala itu. Dan saat kami melintas terlihat perkampungan yang indah pemandangannya dari atas bukit. Sehingga tanpa berfikir panjang lagi kami semua turun untuk mengabadikan sebuah kampung yang bernama Kampung Naru.

Kesenian merupakan cara penyampaian dari sebuah bentuk prinsip hidup, watak maupun sejarah singkat masa lampau yang terkadang diangkat dari akar kebudayaan. Penggambaran yang dituangkan dalam seni musical dan tarian atau akrab disebut kebudayaan tak benda inilah yang menjadi satu-kesatuannan indah dalam suatu pertunjukan.

Setelah berayun-ayun ditengah lautan serta merasakan dinginnya air laut Alor, dan berpamitan dengan team Alor Dive, saya langsung menuju ke pengrajin Tenun khas Alor, ternyata selain terkenal akan keindahan Alamnya, Kabupaten Alor juga terkenal sebagai salah satu pengrajin tenun terbaik di Indonesia, sehingga kain tenun dan proses pewarnaan alami khas Alor ini sering mewakili daerah NTT maupun Indonesia, di beberapa event maupun pameran Budaya Indonesia. tenun-tenun bergaya tradisional yang masih menggunakan pewarna alam pun masih tetap dipertahankan disini.

Pulau Alor disamping memiliki kekayaan alam, juga dikenal salah satu daerah yang memiliki khazanah budaya yang sangat beragam, karena di Pulau Alor terdapat lebih dari 100 suku, dan terdapat 52 aksen dialog di setiap daerah yang berbeda-beda, hal tersebut dikarenakan masuknya budaya-budaya baru melalui perdagangan maupun penyebaran agama di seluruh Pulau Alor.

“bising raungan mesin, kemacetan jalan, kesibukan usai kerja seakan tidak lagi kita mengenal Alam. Sudah saatnya ambil hari sibukmu untuk memeluk Alam di Cibuntu”

Cukup langka suku yang masih mewarisi budaya Nenek Moyang, khususnya dalam hal busana serta perlengkapan keseharian yang banyak menggunakan bahan Kulit Kayu, bahan kulit kayu yang digunakan berasal dari pohon yang biasa disebut Pohon Ka oleh warga sekitar.

 

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.