JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Gammi Bawis, Makanan Tradisional Terpopuler dari Bontang

Culinary
Typography

Selain keindahan alam lautnya, Bontang juga terkenal akan hasil lautnya yang berlimpah, bahkan kini kelezatan masakan khas Bontang mulai dikenal masyarakat luas, dengan mengandalkan resep-resep leluhur dan bahan-bahan rempah lokal yang khas, Wisatawan yang jalan-jalan ke Bontang  sudah pasti akan memiliki kesan tersendiri dengan masakan khas tradisional yang menggoda selera.

Unggulan Kuliner Kota Bontang yaitu Gammi Bawis tahun ini telah masuk sebagai nominasi ajang Anugerah Pesona Indonesia 2017, dalam kategori Makanan Tradisional Terpopuler Indonesia.



Rupanya kuliner Gammi Bawis memiliki sejarah dan perjalanan panjang, bahkan telah beberapa kali memenangkan lomba kuliner daerah. Berawal dari keikut sertaan Tim Penggerak PKK Kota Bontang dalam rangkaian kegiatan Festival Benua Etam, khususnya Lomba Masakan Khas Daerah yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2011 di Kota Samarinda.

Tim Penggerak PKK Kota Bontang dalam ajang tersebut mencoba mengangkat berbagai potensi hasil laut yang dimiliki Kota Bontang, diantaranya adalah GAMMI BAWIS. GAMMI, dalam bahasa Bontang memiliki arti “Sambal”. Gammi Bawis adalah Ikan Bawis yang di olah bersama sambal. Ikan Bawis sendiri merupakan komoditi pangan hasil laut yang melimpah di Kota Bontang. Tidak hanya Bawis, dalam keseharian masyarakat Bontang, gammi dimasak dan dipadu padankan dengan berbagai ikan maupun kerang baik dengan cara digoreng maupun dibakar.

Gammi Bawis merupakan lauk yang bisa dihidangkan sepanjang hari. Biasa dimakan dengan nasi putih namun bisa juga dengan singkong rebus ataupun anyen ubi ( singkong yang dihaluskan kemudian dibakar dengan menggunakan cobek )



Bahan
500 gram, IKAN BAWIS
1 Sdm, AIR JERUK NIPIS
100 gram, MINYAK GORENG

Bumbu
100 gr, BAWANG MERAH, iris kasar | 100 gr, TOMAT, iris kasar | 50   gr, TOMAT, Haluskan | 15   gr, LOMBOK KECIL | 5     bh, LOMBOK MERAH/KERITING | 1    sdt, TERASI BONTANG |1   sdm, GULA | 2   sdt, GARAM

Cara Membuat
1. Bersihkan Bawis, lumuri air jeruk nipis, sisihkan
2. Haluskan Lombok kecil, Lombok Besar, Tomat dan terasi, kemudian campur semua bumbu
3. Buat Gammi ; tumis bumbu dicobek hingga harum, masukan bawis. Tambahan air, masak  dibara api hingga matang.

Dukung  Gammi Bawis - Kota Bontang
Dengan cara;  Vote melalui web http://anugerahpesonaindonesia.com
Atau SMS ketik : API 4F dan kirim ke nomor  99386


Sumber Artikel dan foto Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bontang – 2017