JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Alundine yang Menggoda

Culinary
Typography

Nyesel kalau ke Ende enggak ketemu dengan Alundine loh, sekilas melihat terkesan biasa-biasa saja, tetapi saat menatapnya dan mencium aromanya dijamin Anda tergoda tuk mencobanya.

 

Alundine adalah makanan atau jajanan khas Ende, yang memiliki cita rasa yang menggoda, bagaimana tidak, makanan berbahan dasar ubi yang bernama “Ubi Nuabosi” dan hanya ditanam serta ditemui di Ende – Flores saja, lantas di racik dengan cara tradisional, dengan pemanis gula arena tau gula merah.

   

Jika Anda ingin mencobanya, anda dapat menemukan salah satu restoran lokal persis di simpang lima, Jalan Ahmad Yani, depan gerbang Bandara H. Aroeboesman-Ende, yaitu Rumah Makan Khalilah. Rumah makan tersebut menyajikan segala jenis makanan lokal khas Ende dengan cara pengolahan makanan secara tradisional dan higenis.

Selain diminati warga Ende dan sekitarnya, Alundine sangat disukai wisatawan yang berlibur ke Ende, bisa dimakan sebagai pembuka makan siang, atau sekedar cemilan untuk teman ngeteh dan ngopi, karenanya tidak heran jika restoran ini selalu dipadati pengunjung karena tawaran menu makan masih sangat lokal dan natural tanpa pewarna atau bumbu buatan pabrik lainnya.



Menyantap Alundine lebih cocok berpasangan dengan minuman, baik teh maupun kopi hangat, bahkan sebaiknya dikonsumsi saat masih panas, mumpung cita rasa dan aromannya masih terasa. Jika sudah dingin maka rasa dan aromanya pun hilang dengan sendirinya, makanan lokal dengan cara memasak tradisional akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang alami dan natural, ketimbang makanan jenis lain dengan menggunakan bahan-bahan produk pabrik, oleh karena itu banyak wisatawan yang berasal dari kota-kota besar, yang sehari-harinya menyantap masakan cepat saji, begitu terkena oleh aroma serta rasa masakan-masakan lokal pasti langsung jatuh cinta, tanpa disadari memang, kalau tubuh kita juga perlu asupan-asupan makanan maupun jajanan yang alami.

 

Tips dan Info cara pembuatan

Cara pembuatannya yaitu; pertama-tama tepung dari air ubi tadi ditumbuk halus lalu dicampur dengan kelapa parut, ditambahkan air sedikit lalu diaduk hingga rata.
Kemudian, nyalakan api kecil di tungku lalu panaskan wajan/kuali, masukan minyak kelapa sedikit (1 sendok makan) ke wajan, lalu masukan adonan tepung ubi sebesar kepalan tangan.
Saat memasak perlu diperhatikan; Adonan tadi diratakan tipis dengan menggunakan irus, masukan sedikit pisang kepok setengah masak yang sudah dicincang atau gula merah di tengah. Kemudian lipatlah masakan tadi dari sisi kiri ke kanan atau sebaliknya untuk menutup pisang cincang atau gula merah. Setelah berwarna kecoklatan, lalu angkat dan alundine siap dihidangkan.

Cara lainnya yaitu pengolahan alundine bisa juga dengan cara bakar atau panggang, adonan alundine dibungkus dengan menggunakan daun pisang.
Setelah itu tungku api dipasang para-para besi atau alat sejenis untuk panggang ikan, Alundine dibakar dengan menggunakan bara api yang sedang, Lalu bolak-balikalundine tadi hingga matang, dan Alundine siap dihidangkan.

How to get there
Untuk menikmati makanan-makanan khas Ende tidaklah sulit, karena rata-rata berada ditengah kota, dan cukup mudah dijangkau. Sepertihalnya Rumah Makan Khalilah yang berlokasi tepat dipusat kota, dan di muka pintu masuk Airpot H.Hasan Aroeboesman – Ende Flores.