JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Kuliner yang Wajib Kamu Makan saat Berkunjung ke Kabupaten Pekalongan.

Culinary
Typography

Mengulas kekayaan kuliner Indonesia memang gak ada habisnya. Masing-masing kota di Tanah Air ini pastilah memiliki keunikan tersendiri dalam hal menu-menu makanannya.Yang pasti, kekayaan kuliner ini juga biasanya jadi daya tarik bagi para pelancong.

Sekarang mari kita menjelajah lezatnya kuliner di Kabupaten Pekalongan. Cicipi manis, pedas, asam, dan asinnya kekayaan cita rasa masakan khas wong pekalongan.

Apa saja  makanan-makanan lezat yang bisa kamu cicipi saat berkunjung ke sini?  Yuk, simak sama-sama!

1. Masakan ini yang mungkin gak bisa kamu temui di kota lain “Pindang Tetel“. Masakan khas Pekalongan, asli dari desa Ambokembang Kec.Kedungwuni.

Pindang tetel merupakan masakan berkuah yang berisi tetelan daging sapi dan irisan daun bawang dengan bumbu pindang dicampur kluwek sehingga menyerupai rawon.

Masakan ini disajikan dengan  kerupuk usek, yaitu kerupuk yang digoreng dengan pasir. Pindang tetel tidak cocok disajikan dengan kerupuk yang digoreng dengan minyak karena merusak cita rasanya.

Konon asal usul masakan ini berawal saat masyarakat desa Ambokembang hendak memanfaatkan hasil bumi kluwek yang melimpah di daerah mereka. Saat mereka memadukan kluwek dengan tempe dan tahu, rasa masakan yang dihasilnya kurang enak.

Akhirnya mereka mencoba menggunakan daging sapi dan ternyata rasanya jadi lebih enak, terutama bila daging sapi dipotong kecil-kecil (bahasa Jawa: ditetel-tetel).Selanjutnya, masyarakat Ambokembang menyebutnya dengan “Pindang Tetel”.Untuk bisa menikmati pindang tetel, kamu gak perlu bingung karena ada begitu banyak warung yang menjajakan panganan ini di Pekalongan.

Salah satu yang terkenal yaitu di komplek taman “gemek” Kedungwuni. Selain menyuguhkan pindang tetel yang lezat, tempat ini juga menjadi favorit tempat nongkrong di Pekalongan.Saking terkenalnya pindang tetel gemek ini, sampai-sampai si Benu bolue jauh2 datang kesini loh !

2. Nikmati Segar & Gurihnya ” Tauto ” Pekalongan yang telah Mendunia.

Selain pindang tetel, pekalongan juga mempunyai hidangan yang tak kalah lezat “Tauto”, soto asli Pekalongan.Soto dengan kuah kental ini beda dengan soto khas daerah lain, dengan penambahan tauco di dalamnya membuat soto ini mempunyai rasa yang sangat unik dan khas.Tauco sendiri merupakan sejenis sambal yang dibuat dari kacang kedelai yang dicampur dengan berbagai bumbu.Gurihnya tauto pekalongan bisa kamu cicipi dibeberpa tempat di Pekalongan, salah satu yg sudah terkenal kelezatannya yaitu di

3.  Kuliner Paling Populer di Pekalongan tentu saja “Sego Megono”.

Kuliner yang sudah ada sejak jaman Kerajaan Mataram Kuno ini memang menjadi makanan yang wajib  kamu coba saat berkunjung ke Pekalongan.Dengan cita rasa yang khas masakan ndeso, sego megono bisa membuat lidahmu sulit berhenti bergoyang saat menyantapnya.Gak salah memang jika kuliner ini mampu bertahan hingga ratusan tahun dari aneka pilihan jenis masakan modern yg ada, karena memang rasanya yang luar biasa enaknya.Nah, disepanjang jalan alun-alun kajen ( Ibu Kota Kabupaten Pekalongan) kamu bisa menjumpai beberapa warung lesehan yang menawarkan gurihnya sego megono.Sembari menyantap lezatnya nasi megono, kamu bisa bersantai menikmati indahnya alun-alun Kajen yang mempesona.

Sumber Artikel : Kuliner yang Wajib Kamu Makan saat Berkunjung ke Kabupaten Pekalongan.