JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Batu Terbesar Di Dunia yang Jadi Pariwisata Terpopuler

Adventure
Typography

Sebagian dari kita pasti ada yang belum mengetahui kalau di Negeri kita ini ada batu sebesar Gunung khan..?, bahkan menjadi Batu Terbesar di Dunia yang menyaingi Ayer Rock di Australia

Nah sebelum jalan-jalan kesana, lebih afdol kalau Anda simak batu apa yang sebesar Gunung, dan cerita rakyat dibalik keindahan alam batu tersebut. Batu terbesar tersebut dinamakan Bukit Kelam, Bukit Kelam dikenal sebagai objek wisata alam favorit di Kalimantan Barat karena keindahan pemandangan serta kesejukan alamnya, berbagai kegiatan atau aktivitas yang dapat dilakukan di Bukit Kelam ini, selain aktivitas petualangan seperti berkemah, tracking dan panjat tebing, ternyata disana juga digunakan sebagai aktivitas wisata Rohani umat Nasrani.



Ketinggian bukit yang mencapai 50-900 meter dari permukaan laut dengan kemiringan antara 15-40 serta kemiringan 45°, tentunya bukan halangan wisatawan unutk berkunjung dan bahkan melakukan pendakian disana, bahkan menjadikan bukit ini memiliki pesona tersendiri dengan keindahan pemandangan dari ketinggian atau puncak bukit, selain itu kekayaan alam yang dimiliki bukit juga berlimpah, baik fauna maupun floranya, sebut saja Anggrek Hitam, Kantong Semar Raksasa, dan aneka satwa burung yang berciutan saling sapa.

Jadi sangat wajar jika Bukit Kelam merupakan salah satu obyek wisata alam yang eksotis di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Bukit yang telah menjadi Kawasan Hutan Wisata ini memiliki panorama alam yang memesona, yaitu berupa pemandangan air terjun, gua alam yang dihuni oleh ribuan kelelawar, dan sebuah tebing terjal setinggi kurang lebih 600 meter yang ditumbuhi pepohonan di kaki dan puncaknya. Dibalik pesona dan eksotisme Bukit Kelam, ternyata tersimpan sebuah cerita rakyat yang cukup menarik.



Konon diceritakan perseteruan antara Bujang Beji dengan Temenggung Marubai, perseteruan akan hasil penangkapan ikan di sungai, dan Bujang Beji dengan segala cara ingin menguasai ikan milik Temenggung Marubai yang ada di Sungai Melawi.
Menurut cerita, dengan segala upaya Bujang Beji melakukan kejahatan atau kecurangan terhadap Temenggung Marubai, selalu gagal dan berbalik mencelakai Bujang Beji, walau dengan segala kesaktian yang dimiliki oleh Bukang Beji. Yang tersisa dari cerita tersebut adalah puncak bukit Nanga Silat yang terlepas dari pikulan Bujang Beji menjelma menjadi Bukit Kelam, Patahan bukit yang berbentuk panjang yang digunakan Bujang Beji untuk mencongkelnya menjelma menjadi Bukit Liut, Adapun bukit yang menjadi tempat pelampiasan Bujang Beji saat menginjak duri beracun, diberi nama Bukit Rentap.

Nah pasti Anda penasaran dengan Cerita Rakyatnya dan Keindahan alamnya khan..?, sekarang Anda tinggal rencanakan waktunya untuk ke Kabupaten Sintang, serta siapkan beberapa pertanyaan mengenai cetita detailnya ya ?.

How to get there
bukit kelam adalah tempat yang cocok dalam menikmati Panorama dan Kesejukan Alam, untuk menuju kesana Anda dapat menggunakan  transportasi darat, jarak dari pusat kota terdekat kurang lebih 18km. Bukit Kelam sendiri lokasinya berada di Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Sintang.

Dukung  Bukit Kelam yang masuk dalam nominasi
Anugerah Pesona Indonesia Kategori "Dataran Tinggi Terpopuler".
Dengan cara;  Vote melalui web http://anugerahpesonaindonesia.com
Atau SMS ketik : API 9A dan kirim ke nomor  99386


Sumber foto dizshare.com, bintang.com