JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Alam-alam Surgawi Pulau Sumbawa

Adventure
Typography

Petualangan jalan-jalan di Sumbawa ternyata seru dan mengasyikan, selain memacu adrenalin dengan menyaksikan para Bocah di pelana Kuda, sampai bersama-sama kami turut beri semangat ke para petani yang memacu laju sapi di tengah sawah, nah kini saatnya kita Tracking blusukan ke hutan-hutan di Pulau Sumbawa.

Pulau sumbawa memiliki banyak hutan-hutan, blususkan di sebagian hutan sumbawa terasa benar-benar alami banget, karena semua spot tracking dan air terjunnya masih belum banyak terjamah, bahkan kami selalu dibuat takjub karena di dalam hutan-hutan yang begitu luas menyimpan keindahan alam surgawi di dalamnya, kalau enggak yakin kunjungi aja beberapa spot air terjun di Pulau Sumbawa, pasti Anda berucap “Wow!...”.

Anda tentunya telah banyak mendengar alam-alam Surgawi, bahkan yang banyak digambarkan dari isi alam tersebut seperti; mengalirnya air jenih yang tiada henti dan dapat langsung diminum, di sekitarnya dikelilingi pohon-pohon hijau yang rimbun, suhu udara yang sangat sejuk hingga kita dibuat enggan keluar dan beranjak, dan enggak ketinggalan bermunculan bidadari-bidadari di sana. Kekayaan alam yang dimiliki Pulau Sumbawa tentunya memiliki banyak spot alam surgawi, namun ada beberapa saja yang kami sempat kunjunginya, dan berikut diantaranya.

Air Terjun Agal

Seperti yang sekarang kita ketahui, ada salah satu air terjun yang sangat indah dan menjulang tinggi yang terletak di desa marente, kecamatan alas, kabupaten sumbawa besar yang mana para penduduk di sana menyebutnya air terjun agal.

Air terjun agal terletak tepat di tengah-tengah hutan hujan di salah satu gunung Berap Purba yang disebut sebagai gunung puncak ngengas. Jika ingin melihat keindahan air terjun agak, perjalanan menempuh waktu kurang lebih 2 jam, start pertama kita melewati desa yang bernama marente, penduduk desa marente berprofesi sebagai petani padi dan petani kopi, kita disuguhi indahnya persawahan di sekeliling desa, kita juga akan melewati sungai besar yang menjadi tempat wisata rivertubing, tidak hanya sampai disitu, setelah disuguhi persawahan dan sungai, kita dituntut untuk mulai melakukan pendakian, track yang lumayan landai terkalahkan dengan alunan kicauan burung-burung yang menemani di setiap langkah kaki menapak, di tengah-tengah perjalanan kita pun kembali disuguhi dengan tanaman-tanaman kopi serta tumbuhan-tumbuhan khas hutan, dan jika beruntung kita dapat melihat para grombolan-grombolan rusa atau menjangan yang sedang melintas.

Sesampainya di lokasi utama yaitu air terjun agal, kita di kejutkan dengan suhu air dari jatuhan air terjun yang sangat dingin dan sejuk, airnya pun memiliki kandungan mineral yang sangat baik, sehingga tidak perlu khawatir untuk langsung meminumnya, disaat memandang tepat kedepan kita akan di takjubkan dengan indahnya air terjun agal itu sendiri, jatuhan airnya menjulang tinggi dan memiliki tingkatan-tingkatan jatuhan air yang berjumlah 10 tingkatan, di setiap tingkatannya memiliki kolam-kolam yang dapat kita masuki untuk bermain air maupun bercebur mandi di dalamnya.

Ai Terjun Ai Beling

Wajar jika Anda ingin menikmati alam surgawi perlu sedikit berpetualang, tetapi sudah pasti semua akan terbayar lunas jika sudah sampai disana, seperti jika Anda telah tiba di Air terjun Ai Beling, alam dan pemandangan air terjunnya sendiripun sangat indah, dengan batu-batuan yang bertingkat, ditambah kesejukan alamnya… wuih kereen banget deh.!.

Waktu yang perlu di tempuh dari Kota Sumbawa Besar menuju Ai Beling hanya 1.5 jam, jadi untuk ukuran jalan-jalan jelajah ke hutan tidaklah terlalu jauh, walau jalurnya menanjak Anda tak perlu kuwatir karena jalannya telah beraspal, sehingga sangat nyaman untuk berkendara.

Agar Anda dapat menikmati sensasi alam yang asri, sebaiknya menggunakan roda dua, karena di kanan-kiri sepanjang jalan Anda akan menemui pemandangan yang luar biasa, hijau rimbunnya pepohonan, kicauan burung-burung yang kian terasa menyegarkan dan alami, bahkan jika Anda beruntung akan banyak menemui Monyet-monyet di tepi hutan.

Air Terjun Ai Mual

Air terjun Ai Mual yang letaknya di Desa Bangkat monte, Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat, dari Kota Taliwang menuju ke lokasi hanya membutukan waktu kurang lebih 30 menit saja, dan infrastruktur jalurnya telah tertata rapih dengan jalan hotmix, sehingga sangat mudah untuk dikunjungi.

Walau demikian lokasi Air Terjun Ai Mual tetap terjaga ke aslianya, air terjun ini tergolong air terjun yg unik, dikarenakan tinggi dari setiap air terjunnya kurang lebih 5 meter, Namun yg membuat menarik dari air terjun ai mual adalah, bentuknya hampir mirip seperti air terjun yang terkenal di Sumbawa yaitu air terjun Mata Jitu yang ada di Pulau Moyo, lekukan bebatuannya menyerupai petakan sawah yg bersusun rapi, di lokasi ini kita akan di takjubkan dengan banyaknya air terjun di sekitar, disetiap airterjunnya memiliki keunikan dan keindahan masing-masing.

Yang membuatnya menarik lagi, air terjun Ai Mual ini memiliki kandungan zat kapur pada aliran sungainya, yang menyebabkan warna bebatuan yang dilewatinya hijau kekuning-kuningan, bebatuan yang ada disekitar lokasi tidaklah licin atau membuat pengunjung tergelincir, karena bebatuannya hamper tidak berlumut, selain keindahan bebatuan yang berwarna ternyata banyak spesies ikan air tawar disana.

How to get There

Jika Anda berencana jalan-jalan menikmati alam surgawi sangatlah mudah, Anda dapat langsung menset tujuan Anda menuju ke Kota Sumbawa Besar, Untuk menuju Sumbawa Besar dapat ditempuh melalui jalur darat/laut dan udara, jika darat melalui Pulau Lombok menyebrang dengan Kapal Ferry, dan dapat menggunakan Kendaraan umum langsung, seperti Bus Damri ataupun Armada Travel (mini bus), harganyapun relatif terjangkau yaitu tidak sampai 150.000 rupiah, dengan waktu tempuh kurang lebih 4.jam perjalanan. Ataupun jika ingin lebih cepat dapat menggunakan Pesawat Udara, Anda cukup menset tujuan Anda ke Bandara Sultan Kaharudin di Brangbiji Sumbawa Besar.

Info and Tips

Bagi Anda yang baru pertama kali berencana jalan-jalan ke Sumbawa, tidaklah perlu kuwatir karena telah banyak tersedia hotel disekitar Bandara maupun diseputar Kota Sumbawa Besar, begitu pula dengan Angkutan Umum atau sewa kendaraan, Anda dapat langsung menuju travel agent terdekat yang telah tersebar disana.

Tetapi bagi Anda yang lebih suka menyiapkan jadwal jauh-jauh hari, tinggal hubungi Travel Agent terdekat di Kota Anda, karena telah banyak paket-paket tour ke Sumbawa.