JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Perpisahan di Pucuk Bukit Liman

Adventure
Typography

Puncak penjelajahan Pulau Semau, seharian penuh kami keluar-masuk jalan perkampungan yang tenang dan sunyi, menerobos jalan setapak dalam rimbunan pepohonan aren, sampai konvoi berkendara melintas terik di padang savanna, akhirnya tibalah kami di Pantai Liman yang merupakan pantai terpanjang di pulau ini, pantai dengan hamparan pasir putih halus yang selalu tersapu ombak biru laut Semau.

Keindahan pantai akan nampak jelas dari ketinggian tentunya, dan memang keistimewaan Pantai Liman adalah Bukit Liman,  Bukit Liman yang terbilang cukup tinggi dengan kemiringan hingga 30 derajat, sedangkan ketinggian bukitnya kurang lebih mencapai 160an meter, sehingga view seluruh panjang garis pantai terlihat jelas. Untuk mencapai bukit tersebut sebagian dari kami langsung mendaki dengan mengendarai sepeda motor, sedangkan yang lainnya tracking dengan berjalan kaki, namun bagi Anda disarankan berhati-hati, karena buat yang tidak biasa adventure akan sedikit sulit, apalagi yang takut akan ketinggian jelas bisa ngilu dengkulnya ?, dan disamping itu juga Bukit Liman belum memiliki pengamanan seperti jalan setapak serta pagar pembatas sekeliling bukit.

Perpisahan kami dengan Pulau Semau di puncak Bukit Liman hari itu, banyak memberikan kenangan indah, setelah lelah berkeliling pulau seharian, ternyata Puncak Bukit Limau mempersembahkan pamungkas keindahan pulau, tepat dihadapan bukit, kita langsung bisa menyaksikan drama hilangnya sang Surya ditelan Lautan, sontak kelelahan di sekujur badan ini tanpa terasa surut menghilang, dan yang tersisa hanya memori indah Pulau Semau dalam ingatan…     

How to get there

Bagi Anda yang memiliki rencana jalan-jalan ke pulau idah ini sangatlah mudah, dari Jakarta/Surabaya/Denpasar/Makasar ataupun kota-kota lainnya cukup mencari tujuan penerbangan ke Kupang, biasanya penerbangan yang masuk ke Kupang itu rata-rata diatas pukul 10:00 pagi waktu setempat, sehingga kami sarankan Anda untuk bermalam di Kupang sambil City tour menikmati keindahan Ibu Kota NTT.

Untuk menuju Pulau Semau haruslah menggunakan jalur dan transportasi laut, dari kota menuju pelabuhan penyeberangan Tenau di Kupang, memakan waktu perjalanan 30-45 menit, menggunakan kendaraan roda emapat atau dua. Begitu tiba dipelabuhan Tenau lanjut mrnggunakan Kapal kayu menuju Pulau Semau, yang kurang lebih ditempuh dalam waktu 30-40 menit saja, angkutan Kapal kayu tidak memiliki jadwal tetap, akan tetapi kapal telah tersedia dari pagi pukul 05:00 wita hingga malam hari pukul 19:30 wita.

Biaya tiket penyeberangan ke Semau adalah Rp 20.000 (dua puluh ribu rupiah) per orang, dan jika membawa kendaraan roda dua dikenakan Rp. 50.000 (lima puluh ribu rupiah) per motor. Sedangkan untuk sewa kendaraan tergantung negosiasi Anda dengan Travel ataupun penduduk setempat.

Tips

Dianjurkan bagi Anda, untuk menyewa kendaraan roda dua sajak dari Kupang, atau menyewa saat tiba di Pulau Semau, karena di pulau tidak ada angkutan umum, sehingga dari spot satu ke yang lain harus menggunakan kendaraan sewa.

Pulau Semau belum memiliki fasilitas Hotel, Losmen, ataupun jenis penginapan lainnya, tetapi jika ingin tinggal atau bermalam disana, Anda hanya dapat tinggal dirumah penduduk setempat, yang tetntunya dengan izin kepada kepala desa setempat. Disarankan pula untuk membawa uang cash selama dipulau, karena belum terdapat fasilitas Bank serta mesin ATM.  

Biasanya banyak wisatawan melakukan jalan-jalan ke pulau satu harian penuh, yaitu berangkat dari kupang pagi-pagi pukul 06:00 wita, dan kembali dari Semau ke Kupang pukul 17:00 wita, atau berangkat saat sunrise dan kembali jelang sunset. Beberapa perlengkapan yang perlu disiapkan saat jalan-jalan ke Pulau Semau yaitu; membawa air mineral secukupnya, membawa makanan ringan, membawa bekal makanan berat (makan siang), permen/gula-gula, handuk, dan plastik kantong.

** Bawalah kembali sampah bekas makanan dan minimuan Anda, Jaga dan hargai alam kita.