JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Jelajah Keperawan Pulau Semau

Adventure
Typography

Sepengalaman perjalananku menjelajahi indahnya Indonesia, yang selalu dimanjakan oleh fasilitas dan kemudahan, terkadang hal semacam itu seakan membuat kurang berkesan sempurna, sepertinya perlu sedikit tantangan supaya bisa memacu Adrenalin mu lebih kencang, terpicunya adrenalin mu sudah barang tentu memicu kecintaan mu, terhadap keindahan Pariwisata Indonesia.

Subuh pagi itu bersama tim #XploreTimor telah bersiap menuju Pulau Semau, dari hotel di Kupang kami sudah berkonvoi menggunakan sepeda motor ke Pelabuhan Tenau, tanpa persiapan jaket motor semua tampak kuat melawan angin pagi yang dingin, beruntung jarak antara hotel sampai ke pelabuhan hanya sekitar 30 menit saja, sehingga tak perlu lama menahan terpaan angin disepanjang jalan. Setiba di pelabuhan, satu persatu motor yang kami kendarai dinaikkan keatas kapal kayu, kapal dengan kapasitas 20an orang dan 10 motor itu siap diberangkatkan.

Kami yakin belum banyak yang mengenal Pulau Semau, apalagi para traveler maupun wisatawan banyak juga yang belum mengunjunginya, sehingga wajarlah jika Pulau Semau menyandang predikat Pulau yang masih Perawan, karena belum terjamah oleh banyak wisatawan dan belum popular dikalangan traveler. Fasilitas yang masih minim di sini, berbanding terbalik dengan berita Keindahan alam yang luar biasa, sehingga menjadikan tantangan buat kami untuk memperkenalkan serta mempopulerkan Pulau Semau.

Tidak terasa 30 menit telah terlewat, dan saatnya dimulai Jelajah Keperawanan Pulau Semau, spot pertama yang kami kunjungi adalah Pantai Otan, pantai yang sunyi dan tampak beberapa nelayan yang tengah membawa hasil tangkapannya, sebagian dari kami ternyata sudah langsung menyebur dan berenang, karena tidak tahan melihat kejernihan air serta butiran pasir putihnya.

Ya di pantai Otan Anda bebas sebebasnya, menikmati keindahan alam lautnya, kelak mudah-mudahan dapat terjaga kebersihan dan keindahannya, walau sudah tak perawan lagi pulaunya… semoga. 

How to get there

Bagi Anda yang memiliki rencana jalan-jalan ke pulau idah ini sangatlah mudah, dari Jakarta/Surabaya/Denpasar/Makasar ataupun kota-kota lainnya cukup mencari tujuan penerbangan ke Kupang, biasanya penerbangan yang masuk ke Kupang itu rata-rata diatas pukul 10:00 pagi waktu setempat, sehingga kami sarankan Anda untuk bermalam di Kupang sambil City tour menikmati keindahan Ibu Kota NTT.

Untuk menuju Pulau Semau haruslah menggunakan jalur dan transportasi laut, dari kota menuju pelabuhan penyeberangan Tenau di Kupang, memakan waktu perjalanan 30-45 menit, menggunakan kendaraan roda emapat atau dua. Begitu tiba dipelabuhan Tenau lanjut mrnggunakan Kapal kayu menuju Pulau Semau, yang kurang lebih ditempuh dalam waktu 30-40 menit saja, angkutan Kapal kayu tidak memiliki jadwal tetap, akan tetapi kapal telah tersedia dari pagi pukul 05:00 wita hingga malam hari pukul 19:30 wita.

Biaya tiket penyeberangan ke Semau adalah Rp 20.000 (dua puluh ribu rupiah) per orang, dan jika membawa kendaraan roda dua dikenakan Rp. 50.000 (lima puluh ribu rupiah) per motor. Sedangkan untuk sewa kendaraan tergantung negosiasi Anda dengan Travel ataupun penduduk setempat.

Tips

Dianjurkan bagi Anda, untuk menyewa kendaraan roda dua sajak dari Kupang, atau menyewa saat tiba di Pulau Semau, karena di pulau tidak ada angkutan umum, sehingga dari spot satu ke yang lain harus menggunakan kendaraan sewa.

Pulau Semau belum memiliki fasilitas Hotel, Losmen, ataupun jenis penginapan lainnya, tetapi jika ingin tinggal atau bermalam disana, Anda hanya dapat tinggal dirumah penduduk setempat, yang tetntunya dengan izin kepada kepala desa setempat. Disarankan pula untuk membawa uang cash selama dipulau, karena belum terdapat fasilitas Bank serta mesin ATM.  

Biasanya banyak wisatawan melakukan jalan-jalan ke pulau satu harian penuh, yaitu berangkat dari kupang pagi-pagi pukul 06:00 wita, dan kembali dari Semau ke Kupang pukul 17:00 wita, atau berangkat saat sunrise dan kembali jelang sunset. Beberapa perlengkapan yang perlu disiapkan saat jalan-jalan ke Pulau Semau yaitu; membawa air mineral secukupnya, membawa makanan ringan, membawa bekal makanan berat (makan siang), permen/gula-gula, handuk, dan plastik kantong.

** Bawalah kembali sampah bekas makanan dan minimuan Anda, Jaga dan hargai alam kita