JA Teline V - шаблон joomla Форекс

10 Daerah Petualangan selancar terpopuler Indonesia

Adventure
Typography

Untuk urusan Wisata Bahari, Indonesia rajanya, dari keindahan Alam, kekayaan hayati, sampai olah raga menantang ombak, ada semua di Indonesia. Dari sekian panjang garis pantai, berbagai jenis struktur pantai, serta ketinggian ombak menjadikan setiap pantai memiliki keunikan dan sensasi tantangan tersendiri bagi para peselancar.

Berikut lokasi-lokasi berselancar terpopuler di Indonesia, yang telah banyak dikunjungi para peselancar dunia.

 1. Banten, Pandeglang, Pulau Panaitan
Pulau yang satu ini adalah salah satu pulau kebanggaan Masyarakat Propinsi Banten, tepatnya masuk dalam wilayah Kabupaten Pandeglang, pulau yang bersebelahan dengan Ujung Kulon ini memiliki hutan yang lebat, yang dihuni oleh satwa-satwa liar seperti kera, phyton, babi hutan, rusa dan buaya, serta memiliki situs-situs peninggalan sejarah.

Di sekeliling Pulau Panaitan terhampar luas pantai yang indah, gelombang ombak laut Selat Panaitan yang tinggi, keindahan disetiap garis pantai dan panorama bawah air, memberikan daya tarik yang luar biasa, sehingga petualangan di Panaitan semakin komplit.

 

 2. Jawa Barat, Sukabumi, Pantai Ombak Tujuh
Pantai Ombak Tujuh merupakan salah satu lokasi surfing yang populer di Pulau Jawa, selain populer karena jumlah ombaknya yang saling berurutan hingga berjumlah tujuh ombak, pantai ini juga terkenal karena berdekatan dengan wilayah pantai Pelabuhan Ratu, yaitu tempat legenda Putri penguasa Laut Selatan.

Bagi para Peselancar yang mengunjungi Pantai Ombak Tujuh, selain dapat merasakan tantangan ombak yang begitu besar, juga dapat menikmati keindahan batu-batuan karang di sekeliling pantai.

 

3. Jawa Timur, Banyuwangi, Pantai Plengkung / G-Land
Para peselancar mengenalnya dengan nama G-Land, spot selancar yang selalu memacu adrenalin, dan membuat penasaran para penakluk ombak ketinggian hingga 8 meter, malahan para peselancar dunia menyamakan G-Land dengan Hawaii

Lokasi pantai yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur, merupakan obyek favorit masyarakat Jawa Timur, dan juga sebagai obyek pantai yang populer di Indonesia.

 

4. Sumatera Utara, Pulau Nias, Pantai Sorake dan Lagundri
Pulau nias yang dihuni oleh Suku Nias, yang masih memiliki budaya Megalitik, serta memiliki atraksi petualangan tradisional yang mendunia yaitu Lompat Batu, dengan Budaya yang unik serta Alam yang indah menjadikan Pulau Nias sebagai pulau yang Eksotis, yang banyak diminati para wisatawan.

Selain budayanya yang mendunia, ternyata Pulau Nias memiliki daya tarik lain, yaitu Pantai Sorake dan Lagundri, yang mempunyai daya tarik ketinggian ombak serta memiliki gulungan gelombang ombak yang sangat sempurna, sehingga selalu membuat penasaran para peselancar dunia untuk menjajal ombak Pulau Nias.

 

5. Sumatera Barat, Kepulauan Metawai, Pulau Sipora
Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa Propinsi Sumatera Barat memliki banyak spot berselancar, bahkan sampai ratusan spot terdapat disini, dan empat puluhan spot malah sudah menjadi favorit para peselancar dunia.

Tentunya Anda masih ingat tragedi/bencana Tsunami tahun 2010, yang telah meluluh lantakkan sebagian Pulau Sumatera, dan diantaranya adalah Pulau Sipora, pulau yang telah banyak dikenal oleh para Peselancar Dunia sebagai spot terbaik di Sumatera Barat, nah saat ini Pulau Sipora telah ramai kembali dikunjungi oleh para peselancar.

 

6. Lampung, Lampung Barat, Pantai Tanjung Setia
Lampung yang merupakan daerah penghubungan antara Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera, dan juga berhadapan dengan Samudera Hindia, menjadikan Lampung bukan saja daerah perlintasan, akan tetapi daerah kunjungan para Peselancar

Tujuan para Peselancar biasanya terbanyak ke Pantai Tanjung Setia, selain pemandangannya yang indah, Tanjung Setia memiliki ketinggian ombak yang mencapai 7 meter dengan panjang sampai 200 meter, sehingga sangat wajar jika para pemburu ombak banyak yang mendatangi pantai ini.

 

7. Riau, Kabupaten Pelalawan, Sungai Bono
Berselancar di laut sih sudah biasa, tetapi jika berselancar di sungai ya luar biasa, dengan karakteristik alam yang sangat berbeda dengan laut, tentunya menjadikan penasaran para peselancar, untuk mencoba tantangan ombak serta sensasi berselancar di sungai.

Obyek berselancar itu adalah Sungai Bono, yang kini telah populer dikalangan peselancar dunia,

Terletak di teluk Meranti Pelalawan, Sungai Kampar, Riau, popularitas Sungai Bono yang kian mendunia ini sangat ditunjang oleh ombak yang mencapai 6 meter, dengan gulungan ombak yang mencapai 60 km.

 

8. Bali, Kabupaten Badung, Pantai Uluwatu
Kalau menyebut kata Bali, tidak diragukan lagi sudah pasti semua orang mengenalnya, apalagi bicara pantai, ya hampir sekeliling Bali memiliki keindahan pantai yang sangat beragam, dan semuanya memiliki fasilitas yang memadai untuk para wisatawan.

Bahkan untuk lokasi serta obyek beselancar di Bali sangat banyak, dan salah satu yang menjadi favorit peselancar mancanegara adalah Pantai Uluwatu, dengan ketinggian ombak yang mencapai 8 meter dan gelombang yang kuat pendek-pendek bersusulan, sehingga menjadikan lokasi selancar di pantai ini makanan khusus bagi para professional.

 

9. NTB (Nusa tenggara barat), Pulau Sumbawa, Kabupaten Dompu, Pantai Lakey

Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa NTB yang di kenal sebagai pulau yang eksotis dengan keunikan budaya, kuliner yang lezat dan keindahan alamnya, ternyata memiliki tempat berselancar terbaik di Indonesia, yaitu diantaranya Pantai Lakey, dengan ombak yang stabil tidak seperti ombak yang yang di pantai lain.

 

10. NTT (Nusa Tenggara Timur), Pulau Rote, Kabupaten Rote Ndao, Pantai Nemberala.
Cerita Ombak Emas, rupanya telah tertiup sampai kenegeri Paman Sam, sehingga acapkali Pulau Rote dijadikan festival surfing Internasional, Rote memiliki beberapa spot terkenal, break point (seperti T-Lands). Pulau Rote adalah titik selatan terjauh Indonesia, dengan pantai indah tak terjamah serta surfbreaks menakjubkan, hutan hujan tropis, savana dan bukit-bukit berakhir di tebing curam.