JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Ombak Emas Hanya ad adi Pulau Rote

Adventure
Typography

Berkumpul bersama para peselancar untuk santap makan bersama, saya pun terdiam sesaat mencerna kata-kata Ibu tua semalam bahwa suatu saat nanti ombak ini akan menjadi emas dan menghidupi masyarakat Rote.

Perjalanan menempuh waktu 45 menit dari pantai Ba’a dermaga tempat kami tiba, menuju pantai Nemberala, seakan asik dinikmati karena sejauh mata memandang terbentang savana hijau diramaikan hewan-hewan mamalia mencari makan. Kearifan lokal yang tercermin dari masyarakat sangat terasa saat memasuki sekitar pantai Nemberala, sapaan dan senyuman dari masyarakat sekitar dan atmosfer pantai beserta jajaran pepohonan kelapa yang mulai terasa bersahabat menyambut saat tiba di Anugerah Dive And Resort, tempat berkumpulnya para surfer dari berbagai negara.

Setibanya di Hotel Anugerah, seorang ibu tua terlihat menghampiri saya, menyapa bertanya kabar. Bincang-bincang dan candaan yang mulai terasa nyaman, ia pun bercerita seputar pantai Nemberala. Kisah-kisah masa lampau pun mulai diceritakan sang ibu tua, hingga sebuah kisah yang tak bisa dicerna oleh akal pikiran manusia pun diungkapkan, “Dahulu, ada sebuah Ibu-ibu tua yang memiliki Karunia dari Tuhan Yang Maha Esa, melihat bahwa suatu saat nanti ombak di Rote ini bukan sekadar ombak saja. Ini bukan ombak biasa, suatu saat ombak ini menjadi ombak emas yang akan menghidupi putra-putri kelahiran Rote Ndao”, kata ibu tua tersebut.

Dalam benak pikiran, terus selalu mencerna apa yang dimaksud ombak emas tersebut. Karena malam yang semakin sunyi dan dingin, akhirnya saya bertolak menuju kamar untuk istirahat.Suara lalu lalang tamu resort yang bersiap untuk berselancar di pagi hari pukul 07.00 WITA membangunkan saya dari tidur lelap.

Informasi yang saya dapat hasil bincang-bincang semalam, tampaknya di pagi ini gelombang ombak tampak tinggi dan asik untuk berselancar.Menaiki perahu bermotor kecil dari bibir pantai menuju sedikit ketengah laut bersama peselancar, ternyata memang betul informasi tersebut. Gulungan ombak setinggi 4 meter mulai menerjang dan para peselancar menurunkan surfboard dari perahu dan berenang menghampiri ombak.



Diatas surfboard dan dibawah gulungan ombak, mereka seakan menari dipermukaan air laut, meliuk-liuk sampai terhempas terlempar bersama surfboard saat bermain dengan ombak. Gagal mendapatkan momentum, para surfer terus mengulangi kembali untuk mencoba bermain bersama ombak.

Terlihat dari kejauhan, seakan ombak tersebut tampak menggulung surfer hingga ke dasar laut yang penuh dengan karang-karang. Mengetahui akan bahaya tersebut, tetapi para surfer yang memang sudah terbilang profesional memakai perlengkapan yang aman. Mulai dari sepatu karang, kostum khusus untuk surfinghingga pelindung kepala.

Usai beberapa jam mereka bermain dengan ombak, perahu-perahu bermotor kecil menjemput mereka kembali untuk menuju resort dan menyantap makan pagi. Berkumpul bersama para peselancar untuk santap makan bersama, saya pun terdiam sesaat mencerna kata-kata Ibu tua semalam bahwa suatu saat nanti ombak ini akan menjadi emas dan menghidupi masyarakat Rote.

Jawaban atas kata-kata tersebut akhirnya bermaksud pada sebuah ombak emas.yakni emas dimaksud adalah para peselancar yang datang ke Rote karena mencari besarnya ombak di pantai Nemberala untuk melampiaskan hobi mereka untuk berselancar. Dimana karena kedatangan para peselancar dari berbagai belahan dunia membawa rezeki untuk masyarakat Rote menjalani kehidupan sehari-hari.

Getting there
Flight to Rote Island
From Jakarta/Surabaya/Denpasar to Kupang (transit)
From Kupang to Rote by Speed Boat Express Bahari

Hotel / Cottage
Anugerah Surf & Dive Resort, Jalan Nemberala – Ba’a, Kec. Rote Barat, Kab. Rote Ndao – NTT
Contact +62811382 3441 (Mr.Erasmus) +628135334 3993 (Mr.Mike)
Email info@surfdiverote.com surfdiverote@gmail.com 

How to get Around
Untuk menuju dari lokasi wisata ke lokasi wisata lain tidak ada angkutan umum yang terkoneksi, karena angkutan umum lebih banyak melayani jalur dalam kota saja. Saya sarankan sewa Mobil ataupun Motor melalui Hotel setempat ataupun Travel Agent di Kupang.

What to Do
Di Pulau Rote selain menjadi surganya para Peselancar, juga memiliki ke indahan Alam lautnya baik di pantai maupun panorama bawah laut yang luar biasa, jadi Anda bisa  melakukan Diving dan Snorkeling.
Beberapa peselencar dan penyelam, pasti tidak melewati menikmati keindahan pantai di Pulau Rote, mengenal budaya NTT yang berasal dari rote dan menyaksikan pembuatan Sasando serta topi Ti’ilangga, yang tidak kalah menariknya juga dapat menyaksikan Hewan langka yaitu Kura-kura kepala ular.