JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Adu Ketangkasan Berkuda dan Memanah Tradisional

Adventure
Typography

Pagelaran hari jadi Kabupaten Kuningan selalu dimeriahkan oleh acara budaya wajib, yaitu Saptonan, dari lima kedemangan atau perwakilan di Kabupaten Kuningan beradu ketangkasan berkuda dan ketepatan membidik target dengan panah.

Penunggang kuda beradu kelihaian untuk melesatkan tombaknya ke besi bulat di ember yang telah terisi air. Para pemanah berjajar untuk berlomba-lomba melesatkan anak panah ke target berbentuk replika Hanoman yang berjarak hampir 100 meter.

Secara filosofis, Saptonan merupakan kegiatan yang dilakukan para prajurit kerajaan untuk mengisi waktu luang dengan menghujamkan tombak dari atas tunggangan kuda pada sebuah sasaran yang membutuhkan konsentrasi tinggi dan kepiawaian dalam berkuda.

Disparbud Kabupaten Kuningan menggelar acara ini sebagai rangkaian menyemarakkan hari Jadi Kabupaten Kuningan. “Tentunya masyarakat bisa apresiasi karena kegiatan ini merupakan sebagai ajang pemacu semangat untuk masyarakat Kuningan”, kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayan Kabupaten Kuningan, Teddy Suminar.

Dalam acara ini pun para masyarakat Kuningan memberikan Seba atau Upeti berupa hasil bumi yang dikumpulkan oleh tumenggung atau perwakilan dari setiap desa untuk raja atau Bupati sebagai tanda kehormatan.

“Intinya masyarakat agar bergotong-royong untuk saling membangun dan  menunjukan hasil-hasil bumi yang menjadi Seba atau Upeti menjadi sebuah gambaran bahwa kabupaten Kuningan memang gemah ripah loh jinawi”, ujar Bapak Teddy Suminar.